Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mencegah kebakaran di rumah sedini mungkin

setelah lelah beraktivitas, saya duduk sejenak sambil menonton berita di televisi, dan pada saat itu beritanya tentang kebakaran salah satu rumah warga, saya sedikit heran untuk beberapa hari ini karna sering terjadi kebakaran di mana-mana. 

Tips mencegah kebakaran di rumah sedini mungkin
Tips mencegah kebakaran di rumah sedini mungkin

apa saja yang dapat meyebakan kebakaran terjadi? apakah kelaian manusia ataukah sebab-sebab lain?

nah, kali ini saya akan memberikan info tentang hal-hal yang harus perhatikan untuk menghindari terjadinya kebakaran di rumah.

Selamatkan NYAWA dan ASET anda dari bahaya KEBAKARAN 

1. Pastikan api kompor, lilin, atau lampu teplok dan obat nyamuk bakar telah padam pada saat meninggalkan rumah

hal ini sering di abaikan oleh ibu rumah tangga, realita yang sering terjadi seperti pada saat memasak di dapur, eh ternyata bahan telur gak ada, dan tampa berpikir panjang langsung keluar rumah untuk membeli bahan memasak, tampa menyadari kompor sedang menyala. biasanya ini terjadi karna alasan tokonya dekat dari rumah jadi gak papa kalau di tinggalkan sebentar, ini merupakan kesalah yang fatal, toh kita gak tahu apa yang terjadi sebab kita tidak ada di tempat, mungkin saja ada sebab-musibab yang menyebabkan api meyebar atau kompor meledak, inikan bisa memicu kebakaran karna kita tidak ada tempat kejadian, saran saya jikalau memang ingin meninggalkan sebentar untuk memasak, lebih baik kompornya di matikan  aja.

untuk masalah lampu teplok/lilin saya sarankan untuk menggunakan lampu charger saja, kan lebih hemat dan praktis. jikalau memang harus menggunakan lilin usahakan di letekan ditempat yang tinggi\bebas jangkaun dari ank-anak, dan jika ingin tidur lilinnya saya sarankan di matikan saja.

2. Jauhkan bahan yang mudah terbakar dari sumber api

untuk masalah ini anda paham sendirikan, jangan meletakan bahan yang mudah terbakar seperti bensin, di tempat anda memasak atau tempat anda sering nongkrong untuk merokok karna bahan bensin sangat mudah terbakar.

3. Jangan membuang puntung rokok yang belum padam

hal yang simpel, tapi dapat menyebabkan hal yang luar biasa, dari butir-butir api kecil  bisa menjadi amukan si jago merah, di mana pada saat musim kemarau kemaren indonesia mengalami kebakaran hutan yang amat dahsyat, salah satu penyebab kebakaran hutan adalah Puntung rokok yang belum padam.

matikanlah puntung rokok anda setelah merokok biasanya dipijak dengan sepatu, hehe saya banget tu..

4. Perisalah instalasi listrik di rumah anda

untuk kasus ini memang samar-samar karan kita tidak bisa mengetahui dari mana sumber apainya, maka dari itu perisalah instalasi listrik di rumah anda untuk jangka pemeriksaanya tergantung anda sendiri.

Tips mengetahui instalasi rumah anda mengalami masalah
  • Listrik sering meloncan gak jelas, padahal pemakaian listrik stabil aja
  • pada saat anda menghidupkan alat elektronik atau yang berhubungan dengan listrik tiba-tiba listrik padam
  • perubahan pembayaran listrik di rumah anda, dengan pemakaian yang sama dari bulan sebelumnya.
jika anda merasa ada api di kabel rumah anda, cepat-cepat matikan listrik rumah anda, itu langkah awal untuk menghentikan api yang merambat semakin cepat. 

5. Sediakan racun api untuk menghindari kebakaran secara dini

ini sangat perlu ada di rumah anda untuk menghindari kebakaran sejak dini, jika ada api tinggal semprot tidak perlu pakai kain basah atau air yang entah ada atau tidak pada saat terjadi kebakaran.

6. Aktifkan partisipasi masyarakat melalui BALAKAR di tingkat RT dan Kelurahan

Kebakaran menjadi tanggung jawab BERSAMA

miris sekali kalau ditanya masalah ini, sering terjadi hal yang aneh karna pada saat terjadi kebakaran malah di tontoni bahkan ada yang vidiokan inikan menandakan tidak ada tanggung jawab bersama, kasian sipunya rumah, maka dari itu kita tumbuhkan rasa saling membantu ya.

7. Segera  Hubungi DAMKAR apabila terjadi kebakaran

biasanya di masing-masing daerah ada nomor yang di gunakan untuk memanggil DAMKAR, jadi hal ini perlu anda ketahui, usahakan dicatat nomor ponsel DAMKAR di buku telpon rumah anda.

Nah, mudah bukan cara mengantisipasi kebakaran dirumah , kebakaran itu dapat dihindari jika kita bisa mencegahnya sedini mungkin, semoga artikel kali ini bisa bermanpaat untuk semua.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Tips mencegah kebakaran di rumah sedini mungkin"

Berlangganan via Email