Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Megurangi Bahkan Dapat Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami (Lengkap)

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya, dengan kata lain mata berfungsi apabila cahaya masuk kedalam organ mata, organ mata terdiri atas organ luar dan dalam, jikalau salah satu organ mata ini tidak berjalan dengan baik, disinalah yang menyebabkan timbulnya masalah pada mata diantaranya bisa berupa Rabun jauh (Mata Minus), Rabun dekat (Mata Plus), dll. Rabun jauh dapat diartikan kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh
.
Tips Megurangi Bahkan Dapat Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami (Lengkap)
Tips Megurangi Bahkan Dapat Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami (Lengkap)

Kalau sudah begini repot bukan jadinya? bagaimana tidak, semua aktivitas kita menjadi terganggu terutama untuk para pelajar, Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini yaitu Dengan cara memeriksakan mata ke dokter & memakai kaca mata Lensa, dan Masalahpun selesai. upzZ 

tapi bagai mana dengan anda sudah terlanjur menderita penyakit mata minus, dan (maaf) masih belum mempunyai uang untuk biaya pengobatan ke ahli mata, wah ini bisa membuat kita pusing 7 keliling bukan? sebenarnya cara mengobati mata minus itu cukup mudah asalkan kita tahu langkah-langkah yang harus dilakukan. Di sini saya akan memberikan Tips jitu untuk mengobati mata minus, tetapi sebelum itu ada baiknya saya memafarkan tentang faktor-faktor yang meyebabkan mata menjadi minus, Langsung saja ke TKP.
 
Faktor Genetika (Keturunan)
Kenapa saya meletakan faktor keturunan di urutan pertama? sebab kita ketahui bahwa untuk faktor keturunan memang sudah menjadi dasar alamiyah dan sebagian besar kasus rabun jauh memang disebabkan oleh penurunan sifat dari orang tua.
 
Pola hidup yang kurang sehat dan buruk
dari hasil survey yang saya lakukan, menyatakan bahwa rata-rata penderita mata minus selain faktor keturunan, banyak juga disebakan oleh pola hidup yang kurang sehat.  Megapa hal ini bisa terjadi ? dari hasil analisis saya terhadap survey yang saya lakukan kebanyakan penderita mata minus tidak menyadari bahwa aktivitas yang mereka lakukan selama ini salah. Nah, dari itu supaya memberikan pemahaman tentang perilaku hidup tidak sehat yang menyebabkan mata minus saya uraikan sebagai berikut :
  • Terlalu lama bekerja di komputer.
  • Menonton televisi terlalu dekat
  • Main game dengan TV besar dan jarak dekat
  • Sering melihat objek yang dekat dibandingkan dengan objek yang jauh dengan waktu yang lama
  • Kebiasaan melihat jarak dekat secara terus menerus.
  • Membaca sambil tiduran.
  • Membaca di tempat dengan penerangan kurang.

Pola makan yang kurang baik & tidak sehat
Faktor yang ketiga ini memiliki hubungan erat dengan kedua faktor diatas sesuai dengan tiori :


Apa yang anda makan menentukan kualitas kesehatan anda
di sini sudah sangat jelas bahwa pengaturan pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan diantaranaya kesehatan mata.
Istirahat
Waktu istirahat yang optimal yaitu tidur dimalam hari dengan waktu 8 jam setelah seharian bekerja, terutama yang bekerja di depan layar komputer.

Nah, sekarang sahabat sehat sudah tahu bukan faktor/penyebab mata menjadi minus, dengan mengetahui hal tersebut sehingga dapat mencegah bertambahnya minus pada mata, jikalau keadaan mata minus sudah dikatagorikan cukup tinggi langkah kedua yang dapat dilakukan yaitu mengurangi  & mengobati minus pada mata. Berikut Tipsnya.



Tips Megurangi bahkan dapat menyembuhkan mata minus secara alami (lengkap)


1# Kunsumsi sayur & Buah


Apabila anda mengambil langkah mengobati mata minus secara alami hal yang harus diperhatikan yaitu dari segi makan, makanan yang saya anjurkan diantaranya :
  • Telur
  • Ikan salmon
  • bawang putih,
  • bawang merah
  • bayam,
  • wortel
  • serta sayuran berdaun hijau lainnya.

Cara mengolahnya tergantung selera masing- masing, tetapi dengan syarat tidak menghilangkan kandungan gizinya mislakan memasak sayur terlalu lama dengan api yang besar.



2# Daun sirih


Daun sirih adalah merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Cara menggunakan daun sirih sebagai obat alami menyembuhkan mata minus diantaranya :


  • Sediakan daun sirih minimal 2 lembar
  • Cuci bersih
  • Tempelkan pada bagian mata, lakukan pada saat ingin tidur
  • Konsisten

3#Pandang objek yang jauh dan bergerak

 
Tips yang satu ini sangat mudah dilakukan, karna tidak terbatas oleh waktu dan tempat, tetapi dalam tips kali ini saya akan memberikan pengaplikasian yang unik tetapi mudah dilakukan langsung saja :

  • Langkah pertama
jika anda seorang yang tinggal di daerah perkotaan dan sulit menumukan objek yang jauh, langkah sederhananya anda bisa memandang puncak gedung yang tinggi dengan syarat tidak terkena paparan sinar matahari ke daerah mata. Anda juga bisa melakukan liburan kedaerah pedesaan, Mendaki Gunung atau semacamnya lalu usahakan pokus melihat objek yang jauh seprti hamparan sawah dll.
  • Langkah kedua 
menurut saya langkah kedua ini lebih efektif ketimbang langkah pertama karna lebih efesien waktu dan hasilnya lebih keren. Caranya yaitu pada saat anda berkendaraan baik itu mobil maupun motor usahakan anda pokus pada lingkungan sekitar, baik itu didepan,maupun disamping anda sehingga objek yang dilihat bervariasi dan lebih efektif ketimbang melihat obejek yang jauh, alasannya karna pada dasarnya mata minus disebakan kurangnya elastis pada mata, sehingga dengan melihat benda yang bergerak dan berubah ubah dengan jarak yang berbeda-beda ini lebih ampuh dan jitu untuk mengurangi mata minus.

4# Jaga kebersihan mata

 
Hal ini perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, langkah menjaga kebersihan mata yaitu ;

  • Selalu menggunakan pelindung mata/helm pada saat berkendaraan
  • Gunakan obat tetes mata apabila mata anda sedang kotor, jangan mengucek mata anda karna itu dapat membuat organ luar mata mengalami iritasi

5# Senam mata
 
Untuk tips kali ini saya sangat menganjurkan kepada anda untuk mengurangi  bahkan menyembuhkan mata minus,  apa saja yang harus dilakukan, ini Tipsnya :

Pegang pencil di tangan kanan anda, fokuslah melihat ujung pencil jangan sampai kabur atau berbayang, lalu ubah jarak pencil dari dekat –menjauh –dekat – menjauh/ kekiri dan kekanan secara berulang-ulang. ulangi latihan ini secara konsisten agar menambah fleksibilitas mata anda.

Jika anda berada di ruangan, anda bisa melakukan latihan ini, langkah-langkahnya berdirilah di salah satu sudut ruangan, bisa juga hanya duduk di kursi, langkah selanjutnya pandang objek yang ada diruangan, bisa berupa gambar, Vas bunga, lemari, dll, fokuskan setiap 1 objek terlebih dahulu lalu pindah keobjek yang lain hingga kembali ke objek semula anda pandang. Ulangi latihan ini secara konsisten agar menambah titk fokos pada mata anda.
   
Jika anda sedang membaca buku atau bermain kompuer hingga mata anda lelah , sebaiknya anda melakukan Tips ini, langkah awal  putar mata anda kekiri-kenan-atas-bawah atau lebih jelasnya seperti arah jarum jam. Ulangi latihan ini secara konsisten agar syaraf mata menjadi lebih sehat.

Lakukan latihan di atas secara konsisten minimal 2-3 hari dalam semingu.

6# Terapi lIlin


Harap perhatikan jarak antara mata dengan lilin, kenapa saya jelaskan masalah ini sebab radiasi cahaya lilin yang panas dapat menyebakan jaringan luar mata rusak walaupun tidak secara langsung, jadi bagaimana dong cara melakuknnya yang baik d


Ini Tipsnya’, sediakan lilin yang menyala, letakan posisi lilin sesuai keinginan anda, saran saya letakan lilin di posisi yang mudah di pandang, langkah selanjutnya pandang apa lilin bukan batang lilin ya ?


INGAT, jangan terlalu dekat usahakan jaraknya 150cm atuau lebih, yang menjadi nilai plus dalam latihan ini pandang api lilin tampa berkedip hingga meneteskan air mata. Lakukan latihan ini secara konsisten agar mendapatkan hasil yang nyata.

Simple bukan caranya? selain mudah juga tidak banyak mengelurakan biaya dan yang terpentig Gratis dan  Alami. Tapi perlu  ingat, lakukan latihan yang telah sampaikan tadi  secara rutin dan teratur agar hasil yang di dapatkan juga maksima, sebab kekositenan anda menentukan peyembuhan mata minus anda So pasti tidak ada hal yang berjalan dengan instan, Kecuali Mie instan Hehe…


Oke, sahabat sehat mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, dilain waktu saya akan membagikan tips yang lebih menarik buat anda, do’a saya semoga mata Minus anda segera sembuh. Amin.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Tips Megurangi Bahkan Dapat Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami (Lengkap)"

  1. bang itu terapi lilinnya aman ngga kalo ngikutin sampe mengeluarkan air mata karena tdk berkedip gitu? soalnya saya juga mulai agak minus, kalo liat benda jauh mulai buram dan bikin mata cenut-cenut..

    mohon balasannya.. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. terapi lilin harus lakukan diruangan terang dan udara yg baik , selain itu lbh baik melakukan tips no 1 -3 -4 -5 sedangkn untk trapi lilin blum ada pembuktian dari pakar kesehatan

    BalasHapus

Berlangganan via Email