Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)

Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)- Masalah pada dasanya sama seperti penyakit menular, bila seseorang yang sudah terkena penyakit menular tentu saja orang tersebut harus diisolir dari orang lain.

Nah, agar masalah tidak menggangu  jalannya perusahan maka langkah antisipasi dini harus anda lakukan.

Masalah selalu melanda suatu usaha tetapi apapun jenisnya tetapi yang menyelesaikan masalah tersebut adalah kamu/individu di dalam usaha tersebut.
 
Dalam menghadapi masalah perlunya persiapan mental dan fisik, pernahkah kamu memiliki masalah yang sangat akut? Ya tentu saja . bagai manakah keadaan dirimu? Seringkali jika suatu masalah sudah di level tinggi pasti kamu harus bekerja keras, kurang tidur, dan strees sehingga apa yang kamu selesaikan dari masalah tersebut menjadi kurang maksimal karana stres tadi.
 
Nah, menurut kamu bagaimanakah cara meyelesaikan masalah yang benar dan tepat?

Dalam artikel kali saya akan memberikan solusi dari masah ini, semoga artikel kali bisa menyelesaikan masalahmu.

Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)
Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)

Masalah

Adalah kondisi yang tidak di inginkan dalam suatu usaha ataupun jenisnya , atau juga dapat di artiken sebagai hal yang tidak sesuai dengan kenyataan dan keinginan dan menggerakkan seseorang untuk berusaha mencari jalan yang tepat dan benar sehingga ada kendali untuk mencapi tujuan yang sebenarnya.
 

Yang dapat di katagorikan masalah

Banyak suatu kejadian ataupun suatu hal, tetapi hal itu belum tentu dapat di katagorikan masalah, untuk mengetahui dirimu dan usahamu ada kendala dan masalah kamu harus mengidintifikasi terlebih dahulu apakah ini dikatagorikan sebagai suatu masalah. Apa saja itu?
 
  • adanya kesulitan dari usahamu  yang harus segera dipecahkan
  • merupakan tantangan yang harus di atasi dan di jalani
  • bersifat penting dan realistis
  • berguna untuk di pecahkan

berlari dari masalah bukanlah solusi yang bagus yang dapat kamu lakukan tetapi justru akan membuat masalah mu semakin menumpuk tiap harinya dan berdampak terhadap usahamu.
 

Tehnik pemecahan masalah


Diantara kita pasti pernah mengalami suatu masalah  hidup, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam usaha, tetapi tahukah anda bahwa masalah itu sangat penting lo, karna tidak jarang masalah akan membuat berbikir kreatif dan munculnya gagasan dan solusi yang khas, entah itu dengan jalan anternatip ataupun sejenisnya.

Tapi hal itu harus dilakukan dengan benar agar masalah yang dihadapi dapat di jadikan metode pembelajaran, hemz hebat bukan, nah apa saja tehnik pemcahan masalah yang tepat?

Langkah yang saya bagiakan kali ini saya golongkan menjadi 2 macam yaitu dari segi individu dan kelompok.

#1. Masalah individu

Untuk dapat menyelesaikan masalah (individu) tergantung diri anda sendiri, kamu pasti lebih tahu tentang dirimu karan kamu sendiri yang mengalami problem. Apa saja yang harus kamu lakukan?

#berusaha memahami masalah kamu dengan seksama
 
Sebelum melangkah lebih jauh tentu ada hal dasar yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu memahami masalah yang dihadapi. Seperti contohnya pertnyaan singkat berikut: bagaimanakah masalah ini bisa muncul?

#menganalisis masalah yang ada

Ini cukup medah dilakukan kamu hanya cukup mencari tahu apa penyebab-penyebab masalh ini bisa ada?

#merangkum dan simpulkan data
Setelah kamu mempunyai data yang cukup kuat dan tapat sekarang kamu rangkum  dan simpulkan data yang kamu peroleh sebelumnya seperti masalah ini muncul karna? Atau peyebab-penyebab masalah ini adalah?
 
#laksanakan tindakan nyata
Yah, tentu saja hal terakhir ini yang menjadi penetu dari segalanya, percuma dong dipikirin aja, tampa dilaksanakan, nah  jika kamu sudah mempunya rencana yang maka segeralah untuk menyelesaikan, contohnya seperti tugas di kantor yang menumpuk, cara satu-satunya yaitu ya di kerjakan bukannya di plototin, hehe.

#2. Masalah kelompok

Berbeda dengan masalah yang alami secari induvidualisme, tetapi masalah kelompok memerlukan tehnik-tehnik yang melibatkan lebih dari satu orang, bagaiman cara menyelesaikan masalah dalam katagori kelompok.
 
#Diskusi

Ya, memang benar bahwa diskusi merupakan jalan penengah dari jenis masalah apaun, dengan berdiskusi keputusan bersama akan menjadi dasar untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan yang sama.
Jika dalam berdiskusi tidak menumukan kata mupakat, masih juga dapat dilakukan voting sehingga dengan berdiskusi masalah yang di hadapi akan dapat di tanggung bersama.
 
#curhat

Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)- Bukan rahasia lagi bahwa curhat dapat di jadikan suatu cara untuk berbagi kisah tentang problem dihadapi. Bukan hanya itu ternyata dengan menggunakan metode curhat, ternyata juga dapat menyelesaikan masalah di usaha anda lo. Disini saya bagi menjadi 2 jenis curhat, yaitu secara langsung dan tidak langsung.
 

#a.curhat langsung

merupakan tehnik pemcahan masalah dengan metode curhat di mana pada saat melakukan diskusi peserta diskusi memberikan pendapatnya secara bebas dan tidak terikat
 

#b. curhat tidak langsung

merupakan tehnik pemecahan masalah dengan metode curhat secara tidak langsung dengan cara tertulis yang akan disimpulakan dan di jadikan solusi untuk suatu masalah.

Nah, sekarang kamu sudah pasti bisa bukan menyelesaikan masalah dalam hidupmu, usahamu, semoga sukses berwirausahaan

Baca juga:
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Tehnik pemecahan masalah dalam berwirausaha (solusi masalah)"

Berlangganan via Email