Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui

Faktor keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui - Dalam beriwirausaha banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan usaha, bagi orang yang telah makan garam dalam berwirausaha tentu saja ini bukanlah hal yang terlalu untuk di bahas akan tetapi untuk anda yang baru memulai usaha perlu megetahu faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan.

Faktor keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui
Faktor keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui

Pendapat mengemukakan bahwa untuk mejadi wirausaha yang sukses langkah 1 yaitu harus memiliki ide atau visi yang jelas, kemudian ada kemaun dan keberanian anda dalam menghadapi resiko dan tantangan.
 
Penyebab keberhasilan wirausaha di tentukan oleh tiga hal yaitu:
  • Kemauan dan kemampuan
  • Kerja keras dan tekad yang kuat
  • Memanpaatkan peluang yang ada dan menggunakan peluang tersebud ketika ada kesempatan

Faktor-faktor yang menetukan keberhasilan dalam berwirausaha

#1. Befikir tentang kajian untuk hari esok (strategic tninker)

Pernahkah kamu berfikir tentang masa depan usahamu, tentu saja ya’ tapi apakah usahamu berjalan dengan semestinya, tentu tidak, selalu ada aja permasalahan yang ada, tetapi disinilah pentingnya strategic tinker yang berfungsi untuk menciptakan hari esok yang pas dan sesuai rencana dengan mimikirakan apa saja yang akan di lalui dan cara mengatasinya apabila di tengah jalan usaha anda mengalami hambatan.
 
Strategic thinker, memfokuskan diri pada cara anda menciptakan masa depan yang baik dengan jalan menjadi proaktif.
 
Tetapi perlu juga di ingat bahwa hari esok bukanlah di jadikan acuan yang pasti karna itu hanyalah milik allah, tetapi disini kamu hanya harus memikirkan bagaimana usahamu kedepannya.

#2. Motivator diri anda hati anda dan usaha anda

Berapa penting sih motivator untuk usaha? Waw, menurut saya sangatlah penting. Pernahkah anda merasa jatuh dan tidak tahu harus melangkah? Banyak orang yang tidak sanggup lagi menjalankan usahanya karna selalu gagal-gagal dan gagal, hal ini tentu saja wajar dalam berwirausaha, tetapi pernahkah anda berfikir untuk bangkit untuk kegagalan, ya itu perlu dorongan yang kuat.

Nah , para motivatorlah yang dapat membangkitkan anda, baik dari segi motivasi bentuk video tulisan, tingkah laku, dan lain-lain yang dapat merubah menset anda.

Jadi temukan motivasi diri anda, karna saya tidak bisa memberikan hal ini tetapi hanya anda yang memahami diri anda usaha anda , dan apa yang harus anda lakukan.

#3. Ambition yang kuat

Orang yang semagat dan gigih dalam bekerja dan berusaha, bisanya menurut hasil survey lebih banyak berhasil ketimbang yang hanya biasa-biasa saja, jika orang bisa seperti ini, kenapa anda tidak lebih dari itu, teruslah berinovasi  dan kreativitas dengan gigih dan kerja keras tentunya dengan do’a juga.

#4. Mengambil tantangan itu perlu tapi cermat dan cerdas (risk manager)

Sebagai wirausaha yang handal perlunya mengambil resiko, entah itu jenis apapun, biasanya resiko yang di ambil sangatlah berat dan dapat mengancam usaha anda,  oleh karena itu, sebelum anda mengambil keputusan haruslah berfikir cermat , taktis, jelas dan jeli dalam memandang resiko yang di timbulkan.

#5. Kesungguhan dan totalitas yang tinggi

  agar usahmu tidak hanya menjadi sebuah mimpi atau angan-angan, maka dalam mencapainyalah totalitas, dan fokus,janganlah mudah merubah haluan usahamu karna jika kamu sering mengubah usaha berarti kamu seorang yang tidak teguh pendirian. jadi tetaplah fokus.

Nah, sekarang kamu sedah mengetahui faktor-faktor keberhasilan dalam berwirausaha, selanjutnya apa sih faktor-faktor kegagalannya pula? untuk mengetahui itu saya akan jelaskan sebagai berikut:

Faktor-faktor yang menentukan kegagalan dalam berwirausaha

#1. tidak mampu mengembangkan usaha  (no kompeten dalam manajerial)

Banyak orang di luar sana yang gagal dalam berwirausaha kerna di sebabkan  oleh faktor pertama ini,tidak kompeten dan tidak mampu mengelola usaha dari segi dibidang apapun, contohnya seperti masalah keuangan perusahaan, atau yang lain-lain.

maka dari itu,kenapa saya menyuruh anda untuk terus belajar dari seorang yang telah sukses karna disitulah kamu mengetahui apa saja yang harus dilakukan, jangan sampai anda tidak kompeten dalam manejerial.

#2. pengalaman yang kurang 

Wah, untuk masalah ini tentu saja bagi seorang  yang baru terjun ke dunia bisnis/wirausaha pasti belum memiliki banyak pengalaman.

oh, tenang saja, langkah yang dapat anda ambil yaitu anda dapat membaca kisah-kisah sukses dari para pelaku usaha, dan ambil hikmah dari setiap liku-liku usahanya.

#3. Gagal dalam mengatur uang 

Uang merupakan faktor pendukung usaha yang dapat dikatakan dasar berwirausaha, uang sama dengan modal anda berwirausaha, jika anda hanya memiliki semangat saja tampa di dasari modal usaha tentu saja usaha akan terasa hambar.

agar usaha anda berjalan dengan baik, tentu saja anda harus dapat mengatur laju jalannya keuangan anda, baik memlihara uang kas perusahaan, pengeluaran dan pemasukan, terganngunya masalah keuangan usaha anda , siap-siap deh usaha anda akan berjalan tidak lancar.

Untuk masalah ini saya pernah bertanya kepada para penjual kaki lima di deket rumah saya, saya pernah bertanya bagaimana sih mengatur keuangan berdagang.

ow, dia hanya menjawab dengan simpel, untuk masalah keuangan cara yang paling benar yaitu memisahkan antara modal dan keuntungan, untuk masalah keuntungan boleh dipakai untuk biaya sehari-hari tetapi modal berdagang itu tidak boleh diganggu misalkan jika modal usaha Rp. 150.000 keuntungan didapat dari hasil berjualan sebesar Rp.200.000 jadi keuntungan yang di peroleh Rp.50.000 nah Rp150.000 itu tidak boleh diganggu gugat bagaimana pun caranya, jadi dalam berbisnis faktor yang perlu anda perhatikan yaitu modal usaha.

#4. gagal dalam perencanaan

perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.

#5. Lokasi anda memulai usaha tidak tepat/tidak strategis, dan kurang memadai

sama hal dengan blog faktor yang sangat penting juga yaitu strategi kita dalam memidik kata kunci,begitu juga dengan berwirausaha, pilihlah tempat yang strategis yang memang cocok untuk bisnis anda.

#6. sikap yang tidak sungguh2 dalam memulai usaha 

Jika anda main-main dalam berwirausaha lebih baik urungkan niat anda, karna hanya akan megeluarkan uang dengan percuma dan membuag waktu saja, sikap yang setengah-setengah dalam berwirausaha membuat usaha anda cepat gulung tikar, karan baru mendapatkan halangan sedikit kamu sudah goyah, itu di sebabkan karana kamu tidak bersungguh-sungguh dalam berwirausaha.

#7. Tidak mampu mengikuti zaman/tren/dan peralihan bisnis

kunci suskses berwirausaha yaitu selalu inovatif dan kreativitas karna di dalam dunia bisnis sangat memerlukan keduanya.

jika anda, ingin menjadi wirausaha yang berhasil anda harus siap dengan peralihan yang ada, tetapi bukan berarti kami harus mengubah usahamu setiap tahunnya.

akan tetapi di sini maksudnya adalah kamu siap jika suatu saat perusahaan mu harus melakukan peralihan bisnis/ usaha.


semoga artikel ini bisa memotivasi anda untuk lebih serius dalam meniti usaha anda, kesungguhan, kerja keras, niat dan do'a adalah hal yang harus kamu lakukan terus untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Baca juga:
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Faktor keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui"

Berlangganan via Email