Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk dasar tentang menu sistem pada receiver TV

Petunjuk dasar  tentang menu sistem pada receiver TV - Pernahkah anda merasa jengkel dengan saluran Tv kalian yang kadang-kadang error dan hilang, coba-coba deh otak-atik menu sistam Tv, eh ternyata malah gak paham, tetapi karna saya orangnya suka bongkar gak jelas diberanikah deh mulai mencet tombol remote yang sebenarnya saya gak paham sama sekali.

Petunjuk dasar  tentang menu sistem pada receiver TV
Petunjuk dasar  tentang menu sistem pada receiver TV

setelah beberapa menit akhirnya TV saya kembali utuh kembali, nah dari kejadian ini saya ingin berbagi tips sederhana tentang menu sistem pada receive, semoga bermanfaat.

Petunjuk tentang menun sistem TV

langkahnya tekan tombol menu pada remote kontrol atau penel depan receiver. untuk menampilkan tampilan menu utama. tekan tombol chanel+ dan chanel- pada remote kontrol atau penel depan untuk masuk kebagian menu yang diinginkan. tekan enter untuk masuk kebagian menu tersebu  (daftar saluran TV, daftar saluran radio, atur saluran, ubah saluran, informasi saluran, bahasa, atur sistemm permainan, atau batal)

keterangan masing-masing menu akan saya jelaskan sebagai berikut:

#1. Daftar saluran TV

bagaiman cara mencari daftar saluran TV dirumah anda, tentu saja hal ini sangat mudah tinggal takan tombol angka yang di inginkan atau dengan cara tombol page+ dan pege- pada remote kontrol TV.

#2. merubah daftar saluran Tv ke radio

Tv juga bisa mendengankan radio lo, caranya tekan tombol radio pada remote kontrol untuk perubahan antara saluran TV dan Radio.

#3. Pengaturan saluran TV anda

Pernahkah kalian berpikir untuk menambah chanel pada Tv anda, tentu saja ingin bukan punya banyak saluran TV, sebenarnya untuk masalah ini tentu saja ada faktor dari antena prabola dan pengaturan chanel , jika di sebabkan pengaturan chanel TV mungkin anda bisa lakukan cara ini:

a. Tamabah saluan TV 
Pilih sub menu tambah saluran, tekan tombol enter untuk masuk kekolom tambah saluran.

Dalam menu tambah saluran mencangkup hal-hal berikut:
  • Satellite
  • TP
    TP Freq
  • Syombol Rate
  • Polarity
  • Search

Baca juga:  Petunjuk pemakaian digital satellite receiver high performance pada TV anda

Gunakan tombol nomor / angaka, chanel+ dan chanel- untuk ubah parameter. gunakan tombol Volume- dan volume+, untuk menggerakan cursor, jika semua parametr sudah benar, intesitas dan kualitas sinyal akan muncul, tekan enter pada posisi search, maka receiver akan otomatis mencari saluran baru sesuai dengan parameter yang dimasukan dan simpan kedaftar saluran.

b. cara mengubah frekuensi LNB
Gunakan tombol angka / nomor, Chanel+ dan chanel- untuk ubah frequensi LNB, tekan tombol enter dan frequnsi LNB sudah di ubah/dimemori.

 
c. cara mengatur parameter saluran
masuka kebagian menu, gunakan tombol angka/nomor untuk mengubah setiap nilai parameter, tombol volume- dan volume+ untuk mengubah posisi tetap dari cursor.

Catatan: pemasangan 2 buah LNBF atau lebih ataupun banyak antena parabola, gunakan fungsi 22K dan DisEq 1,2,3,4.

 

#4. ubah saluran TV anda 

Pernahkah kalian ingin mengganti tata letak saluran misalkan sctv di nomor satu atau tv lainya, atau ingin menghapus saluran yang sudah banyak tetapi tidak pernah tertonton, langkah yang dapat anda terapkan yaitu:

a. hapus satu saluran TV
Pilih bagian menu"hapus satu saluran" dan masuk kedalam kolom dari menu. 

Pengoperasian: pilih saluran yang ingin dihapus dangan remote control atau tombol CH+ dan CH- di panel depan, tekan tombol enter untuk mnghapus shanel terpilih yang ditandai dengan simbul X dan tekan enter lagi, saluran tersebut sudah dihapus. tombol volume diromote kontrol an panel depan untuk tampilan halaman keatas dan kebawah saluran gambar.

b. hapus semua saluran
Pilih"hapus semua saluran" kemudian masuk ke dalam kolom menu tersebut, tekan tombol enter untuk menghapus semua saluran gambar dan tekan enter lagi, maka semua saluran gambar sudah terhapus.

c. atur saluran favorit  
pilih menu"atur saluran favorit", tekan tombol enter masuk kedalam menu tersebut, kemudian gunakan tombol favorit- atau favorit+ untuk memilih saluran favorit.

d. Pindah saluran
Pilih menu"pindah saluran" tekan tombol enter untuk memilih saluran yang ingin di pindahkan. simbol pindah saluran :> dan < akan muncul pada nama saluran yang akan dipindahkan urutannya. gunakan tombol chanel+ atau chanel- untuk memindahkan saluran yang akan dipindahkan urutannya tersebut.

e. batal
gunakan tombol ini untuk keluar dari semua sistem menu

#5. info saluran

Menu ini menampilkan nilai parameter, nama saluran, lokasi, intensitas sinyal sebaik nilai kualitas persentasi sinyal.


#6. Bahasa

menu bahasa adalah untuk menampilkan bahasa layar dalam bentuk bahasa indonesia, china, rusia, dan inggris, untuk memilihnya gunakan tombol > dan < dan tekan enter untuk menetapkannya.

#7. Pengaturan sistem

menu pengaturan sistem sebagai berikut:

a. sistem TV
sistem ini berfungsi untuk perubahan sistem Tv seperti : PAL, NTSC dan AUTO, jika ingin mengubahnya, gunakan tombol > dan < dan tekan exit untuk kelaur dri sistem tersebut. 

b. Parameter pabrik
jika program receiver ini kacau dikarenakan sembarangan mengubah parameter  maka dapat dicoba menormalkannya kembali dengan menggerakkan cursor ke bagian ini dan tekan tombol "enter" maka receiver akan menjalankan proses kembali sesuai dengan memori awal dari pabrik.

#8. permainan (game)

receiver ini juga sudah diprogramkan dengan 3 macam permaianan /game dari pabrik seperti " tetris,feed the snake dan othello.

semoga tulisan sederhana ini bisa membatu anda untuk dasar mengotak-atik TV kesayangan anda.

Baca juga:
Penyebab kartu garansi tidak berlaku lagi untuk produk yang rusak akibat kesalahan pabrik

Cara mengantisipasi kerusakan TV agar awet dan tahan lama 
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Petunjuk dasar tentang menu sistem pada receiver TV"

Berlangganan via Email