Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain (Hemat bensin dan biaya)

#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain - Bensin adalah salah satu bahan bakar yang sangat di butuhkan, terutama untuk kendaraan bermotor, bensin terbuat dari bahan fosil hewan yang terkubur ribuan tahun silam, dan mengalami proses pembusukan sehingga menghasilkan minyak mentah.
 
Minyak mentah itu selanjutnya dip roses kembali menjadi minyak jadi dan jadilah bensin yang kita gunakan sekarang. Bensin merupakan sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui karna tidak bisa di buat. 

#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain (Hemat bensin dan biaya)
#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain (Hemat bensin dan biaya)

Tetapi akhir-akhir ini banyak sekali penemuan-penemuan terbaru, dengan menggunakan tumbuhan yang di sebut beaetanol yang dapat di gunakan sebagai bahan bakar juga, wow hebatya

Sebagai pengguna yang bijak, dan manusia yang memiliki akal dan pikiran tentu saja, kita menyadari bahwa bensin akan habis pada waktu, untuk itu perlunya penghematan besar-besaran, baik dari jumlah penggunaanya maupun mengganti penggunaanya.
 
Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang masalah bensin ini, dengan memberikan informasi tentang cara menghemat bensin pada motor, itung-itung bisa hemat uang biaya pembelian bensin, biar makin irit gitu, hehe.
 

Cara menghemat Bensin pada motor agar makin irit dan hemat biaya


Bagaimanakah cara menghemat bensin pada motor, dan apa saja yang harus di lakukan, langkah-langkah yang harus dilakukan saya rangkum menjadi 8 cara di antaranya:
 

#1. Menggunakan motor yang sudah menggunakan mesin penggontrol bensin (fuel injeksi, dll)


Dunia otomotif selalu mengeluarkan gagasan-gagasan baru, salah satunya dalam bidan ke iritan penggunaan bahan bakar (bensin) jika anda ingin menghemat bensin dengan cara mudah, cukup anda membeli motor yang menggunakan fuel injeksi atau dengan model yang lain tetapi tetap berhubungan dengan alat yang dapat menghemat pengeluaran bensin pada motor.
 

#2. Mengurangi beben bawaan pada kendaraan


Semakin berat beban bawaan semakin kuat pula tarikan bensin yang akan di keluarkan, jadi pilih-pilihlah barang yang akan di bawa, jangan membawa barang yang tidak penting, apalagi yang gak ada gunanya.
 

#3. Bermain Motor dengan kelajuan sedang tidak melebihi 100km/jam


Pernahkah mendengar slogan” pelan tapi selamat ke tujuan” itu berlaku juga untuk motor lo, bermain motor usahakan jangan terlalu ngebut, karna daya tarik bensin akan naik 2x lipat.
 
Selain itu bermain motor dengan kelajuan sedang juga akan membuat kita lebih bijak dalam berlalu lintas.
 

#4. Jika daerah yang di tuju tidak terlalu jauh, kenapa tidak menggunakan sepeda atau berjalan kaki
 

Ngapain sih, menggunakan motot jika tampat tujuan dekat, mending menggunakan sepeda, lebih ramah lingkungan dan lebih sehat lo.
 
Jika jarak tempat tujuan yang akan di kunjungi dekat saya sarankan lebih baik menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Ini akan menghemat pengeluaran bensin pada motor, kerna motor gak terpakai dengan sia-sia.
 

#5. Membeli bensin di POM atau tempat penjulan bensin resmi


Jika kamu termasuk orang yang sering bepergian jauh, usahakan membeli bensin di agen resmi, karna lebih murah, otomatis bensin yang kamu beli akan lebih banyak. Tapi ini tips ini tidak mengurangi penghematan bensin pada motor tetapi menghemat uang di dompet biar gak makin tipis. Hehe.
 

#6. Beli minyak bensin dalam jumlah yang banyak


Sebenarnya ini tidak baik di lakukan karna kita mengabil jatah pengguna lain, yang ingin membeli bensin, tetapi jika keadaan anda terdesak dan memang harus membeli bensin dalam jumlah yang banyak karna anda seorang yang selalu bepergian keluar kota, ini tidak masalah karna anda menggunakan sesuai dengan keperluan yang semestinya.
 

#7. Refarasi motor anda jika sudah bermasalah


Salah satu cara menghemat bensin yaitu dengan melihat keadaan motor anda.
Kesehatan motor juga sangat mempengaruhi pengeluaran bensin, contohnya saja seperti rantai motor yang sudah berkarat sehingga gesekan pada rigi ban dan rantai akan berat, sehingga tarikan motor akan berat pula.
 
Jadi jika motor kamu sudah bermasalah, segeralah bawa motor kamu keahlinya.
 

#8. Tidak keseringan mengREM atau menggunkan teori atur jarak laju


Pernahkah kamu mendengar teori atur jarak, mungkin tidak pernah yah, tentu saja, karna teori ini baru saya buat dalam artikel ini, hehe.
 
Apa sih itu teori atur jarak? Mungkin kedengarannya agak konyol tetapi sebenarnya ini sangat ampuh dalam menghemat bensin kamu.
Lantas bagaimanakah cara penggunaanya?
 
Cara melakukannya cukup mudah dengan hanya tidak menggunakan REM sama sekali dalam berkendara kecuali dalam keadaan terdesak hanya boleh menggunakanya.
 
Wah, kalau begitu payah dong menggunakan motor tampa mengREM?
Iya, kalau kamu menggunakan motor dengan kelajuan cepat, jika kamu menggunakan kelajuan sedang tentu saja bisa
 
Nah, jika kamu sudah mematuhi peraturan di atas sekarang gunakanlah teori atur jarak laju, caranya mengatur jarak motor kamu dengan kendaraan dididepan, atau kondisi jalan yang kurang bersahabat dengan memperkirakan kecepatan motor kamu. Misalkan didepan ada modil yang sudah berhenti, jika dari jauh kamu sudah mengetahuinya kamu harus sudah mengurangi kecepatan motor kamu sehingga penggunaan REM dapat di minimalisir.
 
Memang cara ini sedikit agak lucu dan konyol tetapi benar-benar ampu lo, sobat.
 
Nah, sekarang kamu gak perlu pusing lagi memikirkan bensin yang harus kamu beli terus setiap hari, semoga kamu menjadi manusia yang cerdas dalam menggunakan sumber daya alam, sehingga bisa bermanfaat untuk ke anak cucu.
 
Baca juga:


Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain (Hemat bensin dan biaya)"

Berlangganan via Email