Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna

36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna - Ponsel pintar pada masa sekarang telah menjamah pasar dunia, hampir seluruh masyarakat di masing-masing Negara menggunakan ponsel pintar.

Karna semakin hari produk dan jenis ponsel pintar selalu bermunculan dan berinovasi hal ini menyebabkan orang-orang ingin selalu mangganti ponsel pintar yang ia miliki

Salah satu tandanya banyak sekali bermunculan forom-forom jual beli online dengan menawarkan barang bekas dengan tipe barang ponsel pintar dan jenis alat elektronik lainnya.

Tapi ada juga beberapa factor yang menyebabkan orang ingin menjual ponsel/smarphone-nya, bisa berupa desakan ekonomi serta kebutuhan yang mendadak.


36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna
36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna

Nah, bagi kamu yang ingin membeli ponsel pintar (smartphone) bekas, ada baiknya kamu harus tahu cara membedakan smarphone bekas yang masih bagus dengan smartphone bekas yang hampir rusak.

Kesalahan ini sering dilakukan orang-orang yang tidak tahu dalam membeli jenis ponsel pintar, sehingga sering terjadi kasus yang tidak perlu saya sebutkan, kamu pasti sudah mengetahuinya.

Nah, bagi kamu yang ingin memebeli smartphone seken alias bekas kamu bisa membaca ulasan singkat berikut. Tentang 36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna, Apa saja itu ? untuk lebih jelasanya simak uraian berikut ini
 

#36 hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli smartphone bekas (seken)

Bekas (seken) dapat di artikan juga sebagai barang yang sudah dipakai oleh orang lain. Jika seseorang memiliki suatu barang yang sudah dipakainya dan pada suutu hari ia ingin menjualnya, maka inilah yang dimaksud dengan barang seken.

Barang bekas  (seken) terbagi atas 2 macam yaitu :
  • Barang yang layak pakai kembali
  • Barang yang tidak layak pakai kembali
nah, sama halnya dengan pembahasan yang akan saya akan uraikan kali ini, ketika anda ingin membeli barang seken tentu anda harus memilih barang dengan jeli dan baik, agar barang seken yang anda beli termasuk barang yang masih layak pakai.

Apakah membeli sebuah smartphone bekas harus jeli dan berhati-hati ?
Tentu saja “YA” hal ini dikarenakan smartphone termasuk salah satu barang elektoronik yang sulit dilihat sekilas saja, untuk itu ketika anda ingin membeli smartphone bekas banyak sekali hal yang harus anda perhatikan dari segi luar hingga bagian dalam yang tidak mungkin dilihat dengan mata saja, namun melalui pemeriksaan intensip dan analisi yang matang.

Kenapa hal ini dilakukan ?
karna tujuan awal anda membeli smartphone bekas adalah untuk mengurangi pengeluaran biaya membeli ponsel pintar. Jika anda salah langkah bukannya menghemat, malah menjadi bumerang untuk anda sendiri. 

Oke, saya tidak akan menjelaskan lagi tentang pendalaman tentang barang seken, namun langsung kita menuju kelangkah – langkah sebenarnya yang harus lakukan, diantaranya :
 

#1. Cek terlebih dahulu spesifikasi smarphone yang akan di beli dan harga pasar

Ketika anda memiliki sir terhadap smartphone yang dipajang disalah satu forum jual dan anda memiliki minat untuk membeli, langakah awal kamu harus cek  terlebih dahulu spefesikasinya agar nantinya anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan smarphone yang akan anda beli.

Langkah selanjutnya kamu cek juga harga baru serta harga bekas (seken) agar pada saat anda melukan transaksi tidak akan terkecoh dengan harga barang yang melangbung tinggi.
 

#2. Membeli produk seken pada penjual yang terpercaya

Sebelum kita memerikasa barang yang akan di beli tentu hal yang pertama kamu lihat adalah penjual barang tersebut.

Dalam hal ini saya membagi menajadi dua bagian, yaitu :
  • Penjual di toko pensel offline
  • Penjual ponsel secara online
Dalam beberapa kasus yang pernah saya lihat untuk masalah penjual ponsel di toko terkenal daerah anda, jarang sekali melakukan penipu@n, hal ini tentu akan mencoreng citra dari toko tersebut. Bagi anda yang membeli di toko yang sudah ternama anda tidak perlu meragukan penjualnya, tetapi cukup memeriksa smartphone yang akan kamu beli.

Namun  berbeda dengan penjual secar online. Biasanya sering kita jumpai di forom-forom jual beli yang bertebaran di Facebook. Bagi anda yang ingin membeli barang seken melalui online terlebih dahulu memastikan penjualnya apakah ia orang yang dapat di percaya atau tidak, baru anda untuk memutuskan bertransaksi dan memerikasanya. Kamu perlu baca juga tentang cara bertranskai aman ketika ingin membeli barang. Baca disini
 
Artikel terkait lainnya : 8 Tips bertransaksi yang aman saat membeli produk secara langsung (offline) tetapi melalui internet

#3. Memeriksa smartphone dengan seksama

Ketika anda sudah memutuskan untuk membeli barang tersebut dan sedah menyepakati transaksi jual beli, langkah selanjutnya kamu perlu memeriksa smartphone yang akan kamu beli.

Dalam hal ini saya bagi menajadi tiga pemeriksaan, di antaranya :
  • Pemeriksaan perangkat keras smarphone
  • Pemeriksaan perangkat lunak smartphone
  • Pemeriksaan aksesoris smartphone
Kita awali dengan pemeriksaan perangkat keras smartphone.
 

#A. Cara memeriksa perangkat keras smartphone bekas yang masih baik dan layak pakai

Perangkat keras adalah : salah satu bagian dalam suatu barang elektronik yang bisa di sentuh, dan dirasakan langsung fungsinya tampa melalui pemorosesan mesin dan sebagainya. Bagaimanakah langkah awalnya.
 
#1. Memeriksa bagian casing smarphone
Kita awali dari pemeriksaan casing smarphone yang akan dibeli, tanda-tanda pengguna yang bijak dan apik biasanya casing smarphone masih bagus, jika ia menggunakan mika dan sarung ponsel kamu bisa mencoba membukanya untuk memastikan keadaan casing yang sebenarnya. Jika bagus tampa ada retakan atua bagian yang penyek berarti ponsel pintar terawat dengan baik dan tidak terbanting atau tehempas dari ketinggian.
 
Pemeriksaan casing smarphone bekas meliputi dari :
  • Pemeriksaan casing bagian belakang (penutup casing belakang)
  • Pemeriksaan casing samping ( meliputi bagian tulang atau tepi smartphone)
  • Pemeriksaan bagian casing dalam (ketika casing belakang di buka)

#2. Pemeriksaan bagian dalam smaprhone yang dapat dilihat
Bagian dalam smarphone yang dapat dilihat meliputi dari :
  • Pemeriksaan tempat kartu SIM
  • Pemeriksaan tempat kartu memori
  • Pemeriksaan tempat batrai

#3. Pemeriksaan bagian segel smartphone
Langkah selanjutnya memeriksa segal smartphone yang berada pasa salah satu baut ponsel.

Jika masih untuh maka ponsel masih ori belum pernah di oprak – aprik sedangkan jika rusak bisa jadi ponsel pernah di service.
 
#4. Memeriksa bagain touch screen ponsel
Langkah keempat, memeriksa touch screen smartphone dengan benar, caranya kamu bisa melihat di tempat yang terang apakah ada retakan atua goresan yang berlebiham. Hal ini harus kamu perhatikan dengan jeli karna layar sentuh merupakan bagian yang penting dalam ponsel pintar
 
Artikel terkait lainnya : 8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar dan tablet

#5. Memeriksa port USB dan port headset
Kamu bisa cek port Usb dan port hedset, pastikan port tidak bergoyang dan tetap kuat ketika ujung usb carger di masukkan, begitu juga dengan port hedset
 
#6. cek layar LCD apakah berair atau pecah
Pada ponsel pintar layar LCD memang tidak dapat kita pegang karana dilindungi oleh layar sentuh namun kita  dapat mengeceknya dengan cara :
  • Pertama hidupkan smartphone, buka menu yang bisa membuat layar menjadi hitam, atau kamu ganti saja wallpaper smartphone tersebut dengan wallpaper warna hitam, nah sekarang kamu perhatikan dengan seksama bagian LCD dalam layar, apakah ada bagian yang retak atau berair. 
  • Jikalau smartphone itu pernah jatuh ke dalam air, maka biasanya LCD akan meninggalkan jejak embun-embun yang tertinggal di LCD sehingga jika kita perhatikan LCD dengan baik maka akan terlihat bagian seperti minyak yang melekat pada LCD.
Jika ke-6 perangkat keras di atas aman, kamu bisa cek ke bagian perangkat lunak.
 

#B. Cara memeriksa perangkat lunak smartphone bekas yang masih baik dan layak pakai

Perangkat lunak adalah serangkai alat proses dari mesian yang tidak dapat di sentuh namun dapat dilihat dan dirasakan seperti aplikasi dan program lainnya.

Untuk melakukan pengecakan perangkat lunak tidak segampang perangkat keras, karna kamu harus tahu tata cara pengoperasian smarphone yang kamu pakai.

Walaupun demikian dalam artikel kali ini, saya coba menerjemahkan dan menyerderhanakan hal tersebut agar mudah di pahami dan dimengeri, langkah-langkahnya sebagai berikut.
 
#1. Cek apakah smarphone sudah di Root atau belum
Langakah pertama kumu mulai mengecek apakah ponsel pintar sudah di Root atau belum, kamu bisa cek menggunakan aplikas root ceklis bisa kamu unduh di play store.

Atau kamu bisa langsung cek ke mode recovery dengan cara menekan tombol ON dengan tombol atas atau bawah sesuai dengan tipe ponsel, jika kamu masuk ke mode recovery berarti ponsel sudah di root.
 
Apa sih Root itu?
Root adalah salah satu trik untuk membuka gerbang atau akses yang tidak terbatas pada smarphone sehingga pengguna dapat berkresi dengan ponselnya tampa ada batasan dan halangan yang dibatasi oleh keamanan smartphone tersebut.

Kelebihan dan kelemahan smartphone yang sudah di root
 
Kelebihan :
  • Kamu dapat berkreasi sesuai selera kamu tampa ada batasan
  • Kamu bisa mengistal seluruh aplikasi android tampa ada batasan oleh akses smartphone
  • Kamu dapat mengganti ROM smartphone sehingga smarphone kamu bisa digunakan dengan mode dan jenis android apapun dengan batasan yang telah ditentukan
  • Kamu bisa mengakses system smartphone sehingga dapat menghapus aplikasi bawaan system

Kelemahan :
  • Merusak kartu garansi smartphone
  • Jika terjadi kesalahan dalam proses perubahan dapat merusak smarphone
  • Dapat menyebakan butlop sehingga mesin ponsel tidak dapat memproses data yang berakibat ponsel tidak dapat menyala kecuali dengan melukan flashing atau memperbaiki di mode recovery
  • Yang lebih parah dapat menyebabkan harbrik yang tidak dapat menyebankan smartphone mati total dan tidak ada gejala kehidupan, cara satu-satunya hanya dapat diperbaiki dengan flashing yang persentasinya keberhasilan 50%
  • Merusak system android yang sudah tertanam
  • Smartphone rentan dengan virus-virus dan malware
  • Smartphone lebih cepat panas karan digenjot untuk bekerja lebih keras
  • Yang lebih parah dapat merusak perangkat keras smartphone apabila mengalami butlop secara terus menerus.
Nah, kamu bisa memandingkan sendiri apakah kamu ingin di root atau tidak, saya sendiri lebih mengedepankan pengetahuan anda, jika anda ahli dalam bidang otak-atik smartphone tidak perlu dipermasalahkan, namun bagi anda yang tidak ingin mengambil resiko yang berlebihan,  ada biaknya anda memerintah penjual untuk menutup akses root.
 
#2. Cek kamera
Langkah kedua cek kamera smartphone, kamu bisa lakukan dengan cek terlebih dahulu kaca kemera belakang apakah ada goresan atua hal lain, jika berdebu bisa kamu bersihkan terlebih dahulu.

Cara cek kamera smartphone dapat kamu lakukan dengan cara cek dengan kamera standar ponsel selanjutnya juga cek dengan aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Kenapa kamu perlu mengecek kamera ? kadang – kadang kamera sering tidak dapat dibuka bahkan buram karna mungkin terkena dampak benturan atua lainnya sebagainya. Dalam beberapa kasus ada jenis smartphone yang tidak bisa beradaptasi dengan aplikasi dengan pihak ketiga, sehingga hanya bisa digunakan pada kamera standar saja. Untuk itu kamu harus cek satu persatu.

Pastikan kamu mengecek kamera depan dan belakang secara bergantian
 
#3. Cek speker dan port headset apakah berfungsi dengan baik
Langakah selanjutnya kamu perlu mengecek speker smarphone yang akan kamu beli, untuk mengecek speker ponsel saya bagi menajadi 3 bagian, diantaranya.
  1. Speker utama untuk MP3
  2. Speker calling (penelpon)
  3. Speker calling (ditelpon)

Cara cek speker untuk MP3
– dengan cara buka MP3 pada smartphone coba kamu hidupakan dengan volume kuat, apakah speker pecah atau masih bersih, kamu bisa merasakannya sendiri.

Cara cek speker call (penelpon) – dengan cara sediakan ponsel lain kamu coba call, dan angakat dengarkan apakah spekera call berjalan dengan baik, dalam beberapa kasus masalah ini sering di abaikan oleh para pembeli padahal aktivitas calling sangatlah penting

Cara cek speker call (ditelpon) – dengan cara kamu berbicara dengan smartpone dan kamu dengarkan pada ponsel satunya, apakah suara kamu ada, ataukah tidak ada sama sekali, proses ini adalah kebalikan dari cara cek speker call (penelpon)

Untuk mengecek henset, dapat dilukan dengan cara langsung mendengarkan mp3 melaui kabel hedset
 
#4. Cek port Usb dengan praktek langsung
pada perangkat keras kamu hanya mengecek keadaan port usb sendakan pada perangkat keras kamu langsung memeriksa dengan carger utama apakah berjalan dengan baik, kamu bisa mengeceknya dengan menunggu 3 menit apakah proses carger bejalan dengan baik

atau dengan cara mentrasfer data ke leptop dengan menggunakan kabel USB apakah terdeteksi atau tidak
 
#5.Cek layar sentuh dengan aplikasi apliasi multi toch dan grafik touch screen serta cara manual
Cara berikut memang sedikit rumit karna perlu pengetahuan dan ketelitian, cara-caranya terdiri bebarapa langkah di antranya,
Dengan aplikasi multi touch
  • Cara yang pertama ini cukup ampuh untuk melakukan pengecakan layar sentuh, karna kita dapat mengetahu apabila layar sentuh bergoyang, ketika anda sudah mengunduah aplikasi di play store, instal aplikasi, gunakan secara langsung dan cek dengan cara tekan pada sisi layar dan perhatikan ada berapa multi touch yang terdeteksi apabila anda menekan hanya satu jari dan yang terdeteksi 2 jari berarti tuuch screen bermasalah, untuk memastikannya lakukan hal di atas 3-4 kali
  • Cara yang kudua dengan melihat dari grafik touch screen biasanya tedapat pada pengaturan dan pada bagian menu pengembangan
  • Cara yang ketiga melalui cara manual dengan cara buka aplikasi pesan, anda coba ketik beberapa huruf apabila pada saat pengetikan huruf sering selah dan error berarti layar sentuh bermasalah

#6. Cek tombol back dan tombol lainnya
Pada bagian touch screen terdapat 3 tombol yang berfungsi untuk mengembalikan dan menghapus program multitasking

Artikel terkait lainnya : Cara mengganti touch screen (layar sentuh) dan LCD pada smartphone Samsung S4 KW

Cek ketiga fungsi tersebut dengan cara menjalankan smartphone seperti biasanya
 
#7. Cek tombol ON, dan volume + dan –
Kamu bisa melukannya sendiri dengan menekannya langsung, atau anda coba melaukan screen shot layar.

Cara screen shoot layar pada smartphone
Caranya cukup mudah dengan menekan tombol On dan voleme minus
 
#8. Cek lampu indicator jika ada
Pada sebagian ponsel pintar memiliki lampu indicator yang berkedip –kedip, cara mengeceknya kamu coba sms ke-nomor ponsel pintarmu dan perhatikan apakah lampu idikator akan berpungsi dengan baik atau tidak menyala sama sekali
 
#9. cek lampu flash atua senter ponsel
Langakah selanjutnya ketika anda menggunakan kamera apakah flash kamera dapat bekerja dengan sempurna, untuk mengujinya kamu bisa menggunkan aplikasi flash ligh atau aplikasi senter kamu instal apliksi tersebut dan coba jalankan apalah lampu flash bisa dijadikan senter atau tidak
 
#10. Cek radio smartphone
Untuk melihat kualitas radio pada ponsel dan kemampuannya dalam menangkap sinyal dapat dilakukan dengan cara mencobanya langsung menggunakan bantuan headset
 
#11. Cek TV dan antena TV pada smartphone
Memang tidak semua smartphone tersedia fasilitas TV, karna kita diperintah untuk streming bukan melalui antena, tetapi jika ada kamu bisa cek antenaTV dan kemampuan antena dalam menangkap sinyal-sinyal TV
 
#12. Cek jaringan dan port kartu SIM
Perhatiakan jaringan anda serta kartu sim yang anda pakai, jika jaringan tidak stabil dan mudah padahal pada ponsel yang satunya jaringan dalam keadaan stabil dan menggunakan kartu yang sama. 

Langkah membuktikannya supaya benar-benar yakin kamu bisa coba tes browsingan dan lihat kecepatan akses internet pada ponsel

Kamu perlu juga mengecek jaringan internet dengan mengubah modenya menjadi 4LTE, H+ , EDGE, GPRS
 
#13. Cek LCD layar
Pada perangkat keras kamu sudah melihat cara mengecek LCD secara manual, nah untuk melihat kejernihan color LCD coba kamu atur kontras LCD menjadi full dan buka putar video apakah ada garis-garis atau layar yang rendup sebelah.

Jika hal ini  terjadi menandakan adanya indicator kerusakan LCD
 
#14. Cek kartu memori
Pada perangkat keras kamu hanya melihat port katu memori sedangkan pada perangkat lunak apakah kartu memori terdeteksi dengan sempurna oleh smartphone
 
#15. Cek beberapa aplikasi dari pihak ketiga
Nah, untuk sekedar melihat kemampuan smartphone kamu bisa buka beberapa aplikasi dan perhatikan apakah berjalan dengan lambat atau sering error atau sempuran, keadaan smartphone yang sering error menandakan ada perangkat keras yang mulai tidak berjalan dengan semestinya
 
#16. Cek sambungan bluetooth
Hal yang jarang diperhatikan tetapi jika jaraingan bluetooth rusak semua aplikasi transfer data akan terganngu, cara ceknya kamu bisa langsung memperaktekkan mengirim dan menerima data dari ponsel lain.
 
#17. Cek sambugan wifi dan hotspot
Dalam beberapa kasus ponsel pintar tidak dapat menagkap sinyal wifi untuk itu kamu bisa mempraktekkan langsung dengan mengaktifkan mede wifi dan perhatikan reaksinya

Untuk mode hotspot kebalikan dari wifi, jika mode wifi di peruntukan untuk menerima sinyal sedangkan hotspot untuk mengolah jaringan menjadi sinyal wifi. Hal ini harus kamu cek juga agar dapat digunakan ketika dibutuhkan
 
#18. Coba jalankan apliksi dengan multitasking
Apa itu mode multitasking? Mode multi tasking adalah menjalankan aplikasi secara bersamaan sehingga dapat digunkana secara bergantian tampa menutupnya terlebih dahulu

Untuk memihat kinerja smartphone yang akan kamu beli dapat kamu lihat kecepatan dan kelemotan smarphone, jika ram mempuyai kapasitan  yang tinggi sedangakan kinerja ponsel lemot ini menandakan ada masalah dengan ram ponsel
 
#19. Mengecek tentang sfesifikasi ponsel apakah sesuai dengan yang anda baca
Hal ini bertujuan agar terhindarnya penjualan smartphone KW atau palsu apabila ponsel tidak sesuai dengan sfesifikasi yang anda baca dapat di pastikan ponsel yang akan anda beli alias KW
 
#20. Mengecek apakah ada fasilitas e-mail dari vendor google atau jenis merek lain yang sesuai dengan peruntuan perusahaan
Dalam beberapa kasus yang pertama saya lihat, salah satunya ponsel teman saya, ternyata fasilitas email-nya tidak ada padahal menggunakan system operasi android, tentu hal ini melenceng sekali.

Dampak yang ditimbulkan jika tidak ada fasilitas email kamu akan kesulitan mengakses play store atau kamu tidak bisa melanjutkan geme yang menggunakan fasilatas e-mail sebagai bahan pendukungnnya salah satunya COC.
 
#21. Mengecek gesture dan gerakan alternative lainnya
Dalam beberapa merek ponsel pintar yang ternama ada beberapa gerakan yang bisa digunakan sebagai alternative untuk melakukan perintah seperti gerakan melambaikan tangan berarti mengangkat panggilan masuk.

Untuk mengatahui gerakan alternative lainnya kamu harus membaca informasi sfesifikasi smarphone yang akan kamu beli terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa langkah utama yang perlu kamu, cek untuk jenis perangkat lunak. Nah langkah terakhir tinggal mengecek aksesoris smarphone yang akan kamu beli.
 

#C. Cara memeriksa aksesoris smartphone bekas yang masih baik dan layak pakai

Apa itu perangkat aksesoris? perangkat aksesoris adalah perangkat pendamping dari suatu produk yang berfungsi sebagai pelengkap yang berperan juga untuk alat tersebut.

Setalah kamu memenuhi persyaratan pengecekan perangkat keras dan lunak langakah terakhir mengecek perangkat pendamping. Langakah-langkahnya sebagai berikut :
 
#1. Cek kondisi baterai
Langakah awal kamu bisa cek kondisi batrai, dapat kamu lakukan dengan 3 cara , diantaranya :
  • Cek secara langsung – batrai yang masih bagus keadaanya sangat tipis dan tidak mengembung
  • Cek secara tidak langsung – dengan cara kamu mencoba cek berapa lama batrai bisa terisi dan berapa cepat batrai terkuras ketika dimainkan, jika kedua hali ini tidak balance maka dapat dipastikan batarai mulai soax

#2. Cek headset
Cek headset dapat kamu lakukan langsung dengan cara mempraktekkannya langsung, headset yang baik adalah headset yang tidak ada cacat dan suaranya tetap bagus dan tidak pecah serta tidak mudah putus – nyambung
 
#3. Cek kelengkapan surat dan kotak smartphone
Jika masih terdapat kotak dan surat yang berharga dari smarphone yang akan di beli, berarti kamu bisa lihat harga dan kapan smarphone itu di beli.
 
Keuntungan apabila kotak dan surat masih lengkap
  • Apabila ingin dijual di konter maka harganya akan sedikit mahal
  • Apabila akan dijual  ke orang biasa akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi

#4. Cek carger smartphone
Untuk mengecek carger smartphone dapat dilakukan melaui pengamatan pada cerger, apabila merek cerger sama dengan smartphone yang akan anda beli berarti cerger masih ori.

Untuk mengeceknya kamu bisa mengatami secara langsung pada proses pencargeran ponsel jika terisi dengan baik maka carger dapat dipastikan bagus
 
#5. Cek kartu memori
Biasanya apabila kamu membeli smartphone bekas , kamu akan mendapatkan komisi kartu memori gratis, untuk mengeceknya bisa langsung memasangnya
 
#6. Cek Sarung ponsel dan mika ponsel serta anti goresDapat di cek secara langsung
 
Nah, akhirnya proses pengidentifikasi smartphone bekas selesai, nah, sekrang kamu sudah tahu bukan 36 tips ketika ingin membeli smarphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna

Saya tidak bisa memastikan apakah anda akan membeli atau tidak akan tetapi, ketika persyaratan di atas memenuhi miniman 95% maka anda tidak perlu ragu untuk mencoba smartphone bekas.

Ketelitian dan kehati-hatian sangat berperan dalam tips yang saya bagikan, semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, selamat memilih.bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "36 tips ketika ingin membeli smartphone bekas (seken) dengan analisis yang sempurna"

Berlangganan via Email