Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer

5  cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer - Di abad ke-20 ini perkembangan dunia IT terus berkembang dengan sangat pesat, semakin maju perkembangan teknologi semakin banyak hal-hal yang baru bermunculan, salah satunya virus.

Jika kita kaitkan dengan tubuh manusia virus adalah sebuah organisme yang menyerang system imun tubuh, jika tidak di beri obat bisa merusak system kekebalan tubuh.


5  cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer
5  cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer

Sama halnya dengan komputer, virus juga dapat menyerang system operasi bahkan ke perangkat keras komputer.
 
Sebenarnya apa sih itu virus IT ?
Virus It adalah sebuah program yang menyusup dan dapat berkembang biak sendiri dalam media penyimpanan dan memori komputer. Jenis virus yang menyerang komputer bermacam-macam modelnya ada yang berupa virus local hingga virus luar/jaringan.

Oleh sebab itu banyak sekali software-software komputer berbasis antivirus, fungsinya yaitu untuk memproteksi komputer dari serangan virus yang membandel.

Contoh dari antivirus yang cukup ternama seperti Norton, kaspersky, AVG, smadav, dan PCMAV.

Oleh karena itu kita di wajibkan untuk memasang antivirus untuk komputer kita, terutama bagi kamu yang selalu berhubungan dengan dunia internet, karna penyebaran virus yang paling besar adalah melalui media intrnet. Seperti kata-kata yang saya kutip dari sebuh buku:
 
“Menggunakan komputer dalam jaringan komputer tampa memberikan proteksi antivirus sama saja menyerahkan prajurit ke medan tempur tampa membawa persenjaatan apapun”

Jenis-jenis virus yang sering menyerang sebuah komputer bahkan smarphone biasaya terdiri dari
  • Worm
  • Trojan
  • Spam
  • Spam (junk e-mail)
  • Virus trasmisi (menyerang melalui bluetoot
Pada masa sekarang penyebaran virus memang sangatlah mengerikan bahakan terlihat tidak trasnparan lagi sebab saya pernah mengalami sendiri yaitu ketika saya ingin mengunduh sebuah aplikasi yang menurut saya sangat berguna, setalah dijalankan bukannya dapat berfungsi seperti yang diharapkan, akan tetapi malah membuat kinerja leptop saya menjadi lambat bahkan error. 

Artikel terkait lainnya : Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel

Nah, dalam artikel kali saya ingin membahas tentang 5  cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer, apa saja itu untuk lebih jelasnya simak urain berikut ini.
 

#5 Dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer

Seperti yang telah saya uraiankan di atas bahwa virus dapat mengurangi kinerja komputer kamu, jika terus di biarkan bisa saja perangkatat keras anda yang mengalami kerusakan seperti harddisk dan media penyimpanan lainnya.
Apa saja dampak yang di timbulkan oleh virus IT. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 
#1. Menghabiskan ruang dan memory penyimpanan
Jika komputer kita sudah terserang virus, maka media penyimpanan komputer akan berkurang dari jumlah yang dipakai hal ini dikarenakan virus itu membuat banyak file yang terselubung kadang-kandag namapak file yang kita buat padahal itu adalah sebuah virus
 
#2. Mengganggu kinerja memori sehingga aktivitas memori menjadi lambat
Bukan memori penyimpanan data saya yang dapat di ganggu oleh virus akan tetapi DDR3 memory juga dapat mengalami masalah yang sama, tanda-tandanya kinerja leptop menjadi lambat ketika membuka aplikasi atau file-file tertentu
 
#3. Mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan
Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian yang kedua bahwa virus mampu mengurangi kinerja komputer secara menyeluruh misalanya pada saat membuka aplikasi menajadi lambat, sering error, sering terjadi not responding dan lain sebagainya.

#4. Merusak file yang terdapat dalam komputer
Virus mampu mengubah format file exe, xls, com, ocx, doc, xls, dot menjadi file berbasis format virus, jika hal ini terjadi tentu file yang ada di komputer kamu akan mengalami kerusakan, untuk cara mengembalikannya tentu harus menggunakan software langkah-langkah yang cukup rumit
 
#5. Merusak perangkat keras komputer dalam jangka waktu yang lama
Jika virus terus menjamur lambat-laut perangkat keras kamu akan mengalami kerusakan secara permanen, misalnya virus menyerang pada bagian system operasi sehingga data system operasi mengalami error, jika hal ini terjadi tentu dapat menyebabkan hardisk mengalami proses error juga, jika kejadian ini terjadi terus menerus kinerja hardisk akan mengalami penurunan drastis sehingga jika hal ini terjadi berlarut-larut tidak menutup kemungkinan virus mampu menyebabkan perangkat keras anda mengalami kerusakan terutama pada bagian media penyimpanan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan dampak dari virus IT untuk kemputer, lantas apa yang harus dilakukan? Cara yang paling efektif untuk menghindari virus IT yaitu dengan menangkalnya agar tidak masuk ke komputer kita.
 

#5  cara menghindari virus yang menyerang komputer

untuk menghindari virus IT yang menyerang komputer, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, langakah-langkahnya sebagai berikut.
 
#1. Memberikan proteksi komputer dengan antivirus
Langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu memasang antivirus didalam komputer, cara memasang antivirus yang baik adalah memasang antivirus local dan luar, misal dengan memasang antivirus smadav untuk local dipadukan dengan antivirus luar seperti kaspreky dan lain – lain
 
#2. Melakukan update antivirus dan database-nya
Antivirus harus selalu di update agar kita mengetahui virus yang menyerang komputer kita, karna tiap tahunnya virus selalu bermunculan dengan berbagai model dan penyusupannya.

Kenapa selalu di update? Ada dua alasan yaitu.
  • Alasan pertama karna virus selalu berkambang
  • Alasan kedua karena antivirus lama tidak akrab bisa mendeteksi virus baru sehingga perlunya peng-update-tan antivirus

#3. Berhati-hati terhadap file kiriman dan file hasil download
Kamu perlu berhati-hati dalam mengunduh file di internet teramasuk mengunduh aplikasi antivirus sekali, karna jika kamu mengunduh file dari situs yang  abal-abal kemungkinan besar file bisa bervirus, jadi unduh lah disitus resmi aplikasi tersebut.

Untuk file kiriman kamu harus melakukan scanning terlebih dahulu sebelum menyalinnya ke komputer kamu, biasanya virus sering menjangkit di flashdisk dan file yang dikirim melalui e-mail
 
#4. Mengetahui kondisi dan kinerja komputer
Jika kamu sudah mengaktifkan antivirus namun sebelum itu terjadi virus sudah bersarang di komputer kamu, maka kamu harus bisa mengetahui kondisi kinerja komputer kamu yang menurun, jika ini terjadi kamu bisa musnahkan virus dengan scanner dengan antivirus.

Untuk gejala yang paling umum jika komputer terserang virus diantaranya :
  • Komputer menjadi lambat
  • Sering hang/not responding
  • Melakukan restard sendiri

#5. Melakukan backup data secara rutin
Jika kamu seorang pengusaha atau mempunyai data-data yang sangat penting ada baiknya kamu harus membackup data tersebut kemudian penyimpanan eksternal agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 5  cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer

Virus memang sudah menjadi momok yang menakutkan dari masa kemasa karna bisa mencuri data penting bahkan no rekening bank kita.

Untuk itu perlunya pengantisipasian untuk megatasi hal ini, salah satunya dengan mengaktivfkan antivirus di komputer anda.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu, makin tahu makin tambah ilmu sampai jumpa lagi, bye

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer"

Berlangganan via Email