Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat

Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat - Ikan gabus adalah adalah salah satu spesies ikan yang hidup di air tawar, ikan ini mempunyai banyak nama di antaranya haruan.
 
ikan gabus termasuk ikan yang cukup mudah berkembang biak, sehingga populasi ikan gabus di alam bebes cukup banyak, hampir di setiap rawa-rawa air tawar pasti ada ikan gabus.

untuk memancing ikan gabus tidaklah terlalu sulit, akan tetapi perlu trik dan tips agar hasil memancing ikan gabus dapat melimpah ruah

Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat
Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang cukup diminati masyarakat karna rasanya yang manis dan gurih serta tekstur dagingnya yang lembut bahkan manfaat ikan gabus dapat mengobati luka bekas operasi ketika melahirkan.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepatm apa saja itu untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat

Setiap jenis ikan tentu memiliki kebiasaan tersendiri dalam menangkap mangsanya atau dalam mencari makan. Hal inilah yang menyebabkan cara memancing setiap jenis ikan berbeda-beda.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menyinggung masalah cara memancing ikan gabus yang benar

Mungkin sebagian orang berpendapa bahwa memancing jenis ikan air tawar  dan ikan air laut sama, padahal kudua hal ini jauh sangat berbeda.

Artikel terkait lainnya :  Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas

Bagi kamu yang hobi dengan kegiatan memancing dan tidak tau cara memancing ikan gabus karna biasa memancing ikan air asin, nah dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang hal tersebut, sebelum kita keproses pemancingan ikan gubus , langkah awal yang harus di persiapkan adalah alat dan bahan memancing.
 
#cara membuat alat pancing khusus ikan gabus
Selain caranya memancingnya yang berbeda dari ikan lainnya alat pancingnya pun juga juga berbeda. Alat pancing ikan gabus lebih baik membuat sendiri karna alat cara kerja pemancingan ikan gabus beda dengan alat pancing yang di jual pada umumnya.

Oke sobat semuanya, sebelum keproses pembuatan, langkah awal siapkan terlebih dahulu alat dan bahan.
 
#Alat dan bahan
  • Bambu kecil yang panjang ( pada bagian depan cukup lentur dan mudah di gerakkan ke atas dan kebawah)
  • Kawat pancing ikan (usahakan berwarna hitam)
  • Pisau
  • Tali nilon (bentuknya seperti benang, bukan yang terbuat dari plastic (Tangsi)

#Proses pengerjaan
 
Langkah awal siapkan alat dan bahan yang akan di butuhkan
 
Ambil bilah bambu yang panjang, jika ada ruas yang menggangu potong saja dengan menggunakan pisau, hal ini dikarenakan kita akan memegang pancing ini dengan cara mengayunkan, jikalau pancing sangat berat dapat mengakibatkan cepat lelah.

Jika terlihat terlalu panjang kamu bisa memotongnya, intinya sesuaikan dengan selera anda, tapi disini saya menyarankan untuk membiarakan pancingan tetap panjang karena dengan posisi bambu yang panjang memudahkan proses pemancingan ikan gabus nantinya.

Ambil tali nilon, ikat pada ujung bambu dan ujung satunya untuk memasang kawat untuk pejangnya disesuaikan dengan lokasi jarak sungai dan daratan tempat anda memancing ikan nantinya

Nah, yang harus kamu perhatikan betul adalah pada saat pemasangan kawat, cara-caranya yaitu ambil seutas tali nilon,ikat pada ujung kawat lalu pelintir menjadi 2 bagian, lalu sambung dengan ujung tali nilon yang satunya
 
Tujuan :
  • Tujuan pertama : agar posisi kawat tetap berdiri tegak, karena hal ini dapat mempengaruhi pada saat memancing ikan nantinya
  • Tujuan kedua : agar gigi ikan gabus yang tajam tidak dapat memotong benang nilon
Perlu di perhatikan :

Yang perlu di perhatikan adalah dalam proses pemancingan ikan yaitu sambungan ikatan dan pemasangan kawat harulah kuat dan rapi sehingga terkesan alami di mata ikan gabus.
 
#Jenis umpan yang cocok untuk memancing ikan gabus
Nah, jika alat pancingan sudah siap di olah, tentu sebelum memancing harus menyiapkan umpan terlebih dahulu.

Ikan gabus adalah jenis ikan pemakan segalanya, tetapi ia lebih dominan mejadi hewan karnivora  (pemakan daging).

Artikel terkait lainnya : Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk

Untuk jenis umpan yang paling mujarab untuk memancing ikan gabus adalah kodok atau katak. Jika kamu sulit menemukan kodok bisa mengganti dengan belalang atua bisa juga dengan cacing, atau dengan umpan buatan, namun hasil yang didapat tentu jauh berbeda dengan umpan yang menggunan katak.
 
#Cara memancing ikan gabus
Alat pancing sudah ada, umpan juga sudah ada, tinggal cara pelaksanaannya saja lagi, tampa panjang lebar lagi langsung tancap ke TKP tempat untuk memancing ikan gabus, cara-caranya sebagai berikut.
 
Tentukan lokasi pemancingan ikan yang strategis
 
Usahakan posisi anda tidak dekat dengan air
 
Lempar umpan ke daerah yang sudah di tentukan
 
Nah, inilah yang menjadi poin penting dalam memancing ikan gabus yaitu  kita harus menggerakan umpan tersebut seperti hidup, dengan cara mengayunkan umpan ke atas dan kebawah, intinya seperti katak yang sedang berenang, hal ini bertujuan adalah ikan gabus lebih menyukai umpan hidup dan ikan gabus juga termasuk ikan yang agresip dia sangat cepat sekali melahap umpan yang bergerak-gerak seperti anak katak yang sendang berenang.

Langkah terakhir ketika umpan dilahap tarik kawat keatas agar kawat sangkut pada tenggorokkan ikan.

Nah, begitulah cara memancing ikan gabus yang benar, bagi pemula mungkin terlihat agak sulit karna mengerakan umpan yang naik turun membutuhkan tenaga ekstra dan butuh kekonsentrasian yang tinggi agar gerakan tetap terlihat alami
 
#Hal yang tidak boleh dilakukan ketika memancing ikan gabus
Dalam memancing ikan gabus, ada 1 hal yang harus kamu patuhi, yaitu kita tidak boleh menampakkan wujud kita secara langsung, atau membuat gaduh di sekitar target pemancingan, hal ini di karenakan ikan gabus sangatlah sensitive dengan pergerakan manusia, jika ia merasa terancam dengan keberadaan kita, maka akan memenamkan dirinya ke dasar sungai atau menjauh dari lokasi, jika hal ini sudah terjadi lebih baik kamu mencari lokasi baru untuk memancing ikan gabus
 
#Tempat dan tanda-tanda lubuk ikan gabus
Ikan gabus termasuk ikan yang cukup banyak sekali di Indonesia hampir seluruh provinsi di Indonesia terdapat ikan gabus.

Untuk keberadaan ikan ini lebih banyak di kanal-kanal air tawar yang sudah lama digali, misalkan 2-3 tahun

Atau bisa juga di parit-parit kebun dan daerah rawa yang banyak terdapat lumut dan eceng gondong

Atau jika kamu melihat anakan ikan gabus sudah dapat di pastikan disitu terdapat induk dari si anak ikan, jika kamu melakukan pemancingan di area tersebut otomatis kemungkina mendapatkan ikan gabus yang melimpah besar.
 
#waktu yang tepat untuk memancing ikan gabus
Jika jenis ikan tuna sangat pas di pancing di waktu subuh hingga menjelang siang, sedangkan ikan gabus akan lebih menampakkan wujudnya ketika sore hari sekitar jam 3 hingga 6 sore.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat.

Pada intinya untuk memancing ikan gabus itu tergantung dari cara kita memainkan alat pancingan dengan baik serta pemilihan lokasi yang memang ada ikannya.

Jika kamu malas untuk membuat alat pancingan ikan gabus sendiri, kamu bisa juga menggunakan alat pencing biasa tapi step penggunaanya tentu berbeda.
Untuk mengunakan alat pancing biasa, kamu hanya perlu melempat umpan selanjutnya menggulung tali pancing dengan kecepatan sedang sehingga seolah-olah umpan bergerak, ketika umpan sampai disisi sungai. Lempar lagi umpan ke tampat target dan lakukan hal yang sama seperti saya jelaskan diatas.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan kamu ya, selamat memancing ikan gabus dan menyantapnya, sampai jumpa lagi.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memancing ikan gabus yang benar dan tepat"

Berlangganan via Email