Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HUT NKRI ke 71 persatuan dan kesatuan adalah harga mati bagi bangsa indonesia

HUT NKRI ke 71 persatuan dan kesatuan adalah harga mati bagi bangsa indonesia - Tepat pada tanggal 17 Agustus negara kesatuan republik indonesia akan merayakan hari besar hari dimana bangsa indonesia menjadi negara yang bebas yaitu hari dimana kemerdekaan bagi bangsa indonesia.

Makna kemerdekaan bukanlah sekedar hura – hara belaka, namun dibalik semua itu tersimpan catatan kecil yang sungguh bermakna bagi seluruh rakyat indonesia.

Seperti yang tertuang di dalam pembukaan UUD 1945 bahwa :
"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

Kita merdeka karna allah.swt telah meridhoi negara kita untuk merdeka, allah.swt melihat berapa besar penderitaan bangsa indonesia, dan berapa besar pula semangat patriotisme dan jihat untuk memperjuangkan kemerdekaan bagsa indonesia.

Baik itu masyarakat sumatra, jakarta, jawa, kalimantan, sulawesi, hingga papua berjuang bersama mengusir para penjajah. 

Artikel terkait lainnya : 5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua

Tak membedakan ras, suku, budaya, agama, sumua tetap dalam ikatan bheneka tunggal ika (walalupun berbeda – beda tetapi tetap satu jua).

Hanya bersenjatakan ronceng bambu, badik, mandau, sumpit, keris, dan perlatan sederhana yang secara logika tidak mungkin bisa menyamakan dengan, B@m, pistol, meriam dan alat – alat canggih perang lainnya.

Namum karna Kesatuan dan persatuan yang kokoh yang memang sudah di dorongkan oleh keinginan luhur untuk merdeka, semua itu terasa sebanding, bahkan lebih jauh hebatnya.

Pernahkah kamu membaca kisah mengenai kerajaan besar indonesia seperti sriwijaya, majapahit, dan lain sebagainya.

Jika anda lebih mendetail dan menelusuri tentang kejayaan kerajaan majapahit, kerajaan ini melebarkan sayapnya dari negara indonesia hingga sampai mencangkup seluruh asia tenggara.


HUT NKRI ke 71 persatuan dan kesatuan adalah harga mati bagi bangsa indonesia
HUT NKRI ke 71 persatuan dan kesatuan adalah harga mati bagi bangsa indonesia

Namun besarnya kekuasaan dan pemerintahan negara hanya seperti serpihan debu ditangan penjajah, hal ini bukan karna kekuasaan yang lemah, atau tidak memiliki pasukan elit, atau sumber pendapatan negara yang kurang namun  hal ini karna lemahnya persatuan dan kesatuan dari setiap pemimpin dan rakyat pada pemerintahan yang dijalani. Semunya hanya memintingkan kekuasaan, saling berebut tahta, perpecahan antara kerajaan satu dengan yang lain, adu domba,  dan  tidak ada sikap persaudaraan antara satu dengan yang lain.

Kerajaan yang dulunya kokoh hingga mencangkup se asia tenggara hanya tinggal kisah silam yang terkubur oleh jaman.

Semua itu karna tidak adanya rasa saling mencintai dan menghargai antara sesama dalam satu bangsa.

Para pejuang dan pahlawan menitipkan pesan kepada kita semua bahwa rasa persatuan dan kesatuan itu adalah kunci kemerdekaan negara indonesia. Untuk itu sebagai warga negara indonesia yang baik tentu harus saling  menghargai, menghormati, melindungi, tolong-menolong, gotong-royong, tenggang rasa, amanah, dan masih banyak lainnya.

Dalam HUT kemerdekaan kali ini kita isi dalam hatinya kita, dalam sanubari kita bahwa NKRI adalah negara satu dalam kesatuan yang kokoh tidak membeda – bedakan yang lain semua setara membangun masyarakat, membangun bersama negri ini hingga mencapi kemamkuran dan kesejahteraan bersama yang diridhoi oleh allah.swt

Saya atas nama pengurus blog SASIKAT mengucapkan selama hari kemerdekaan NKRI ke – 71 semoga negeri ini menjadi negeri yang diridhoi allah.swt

Sebagai ucapan terima kasih kita kepada para pahlawan dan para pejuang marilah kita mengheningkan cipta dan berdoa bersama agar jasa – jasa dan pejuang para pahlawan yang telah mendahului kita mendapatkan kelapangan dan kerodhoan di sisi allah.swt.

Sebagai penutup dari artikel kali ini selamat merayakan HUT NKRI ke-71 di masing – masing daerah, tentu asik bukan , ada panjat pinang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk moga-moga menang bawa gelas dan piring satu kotak, hehe :) sampai jumpa lagi. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "HUT NKRI ke 71 persatuan dan kesatuan adalah harga mati bagi bangsa indonesia"

Berlangganan via Email