Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik - Penggunaan bahan – bahan plastic dalam berbagai olahan produk memang sudah tidak dapat dihitung lagi baik untuk keperluan rumah tangga, industri, dan berbagai furniture. Namun kebutuhan yang tinggi ini tidak stabil dengan pengolahan limbah plastic yang baik.

Hampir rat – rata sampah yang berserakan dijalan, perumahan, perkantoran dan tempat umum lainnya terbuat dari bahan plastic, seperti bekas botol minuman, plastic jajanan, plastic barang, dan masih banyak lainnya.

Secara umum menunjukkan plastik termasuk dari bahan yang sulit sekali terurai oleh zat atau organisme pengurai walaupun sudah di timbun atau di bakar, intinya pelastik lebih baik di gunakan dengan melaukan proses daur ulang untuk digunakan sebagai produk baru.

Selain dengan didaur ulang, penggunaan plastic juga dapat dikreasikan sebagai produk inovasi kerajinan tangan yang unik, banyak sekali bentuk dan jenis kerajinan tangan yang dapat di olah dari bahan plastik, seperti kap lampu dari botol plastik, wadah telur dari bekas gelas minuman plastik, dompet dari bekas botol plastik, dan masih banyak lagi kreasi – kreasi unik yang dapat dikembangkan dari limbah – limbah plastik.

Dalam kesempatan kali ini saya akan berkreasi memanfaatkan bekas minukan plastik dibuat menjadi tempat atau wadah telur, pada kesempatan sebelumnya saya juga sudah memberikan tutorial cara membuat wadah telur dari kertas kado.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

Dalam artikel ini saya akan berkreasi lagi untuk membuat wadah telur dari bahan yang berbeda yaitu dari bekas minuman plastik. Untuk menemukan bahan bekas minuman pelatik tidaklah begitu sulit serta proses pembuatannya yang cukup simpel dan mudah.

Baiklah tampa memperpanjang penjelasan lagi, YUK! Kita simak proses pembuatan tempat telur dari bekas minuman plastik, ulasannya sebagai berikut.

#Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

Minuman gelas memang masih menjadi favorite ketika ingin mengadakan suatu acara,hajatan, atau kegiatan rekreasi. minuan berbentuk gelas memiliki varian rasa yang banyak, setiap produk dan merek industry selalu menyuguhkan berbagai formula minuman segar dan rasa yang pas untuk menarik konsumen untuk membelinya.

Tak heran memang limbah dari  minuman gelas banyak berserakan di mana – mana, kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan mungkin sudah pudar.

Salah satu cara menanggulangi banyaknya limbah bekas minuman plastik, kita dapat olah kreasi tempat telur yang dapat anda pasarkan juga sebagai indusri rumahan yang cukup menjanjikan, mengingat kebutuhan akan tempat telur juga tinggi karna pasti ada setiap hari seorang anak yang akan diberi nama orang tuanya. Baiklah langsung saja kita ke proses pembuatannya.

#Bahan dan alat
  • Bekas minuman plastik, contoh : ale-ale, teh gelas,  aqua, dan lain sebagainya
  • Vita kain warna ukuran sedang
  • Stepler
  • Gunting
  • Silet atau cutter


#Proses pembuatan
Langkah awal – siapkan bahan dan alat yang akan kita butuhkan dalam pemubatan wadah telur ini yang telah di sebutkan diatas.

Langkah ke2 – potong bagian atas penutup plastik munuman gelas dengan menggunakan cutter atau silet, potong dengan rapi dan sama rata.

Langkah ke3 – setelah anda potong, langkah selanjutnya gunting dari atas kebawah dengan lebar yang disesuaikan, lakukan proses pada sampai penuh satu lingkaran plastik minuman gelas, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.

Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik
Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

Langkah ke4 – setelah proses langkah ke3 selesai, selanjutnya proses penganyaman tiap – tiap potongan plastic  yang telah anda buat, caranya : ambil satu helai potongan plastic, lalu tekukan atau masukkan helaiyan plastic melewati helaian plastik lainnya lalu keluarkan, selanjutnya masukkan pada rongga tekukan plastik sebelumnya lalu Tarik, sehingga akan tejadi proses penguncian anyaman plastik yang telah anda buat, lakukan proses ini hingga penuh satu lingkaran plastik munuman gelas. untuk lebih jelas lihat pada gambar atas.

Langkah ke5 – setelah proses anyaman bawah selesai, maka terdapat beberapa helai plastik yang masih berdiri, nah plastik – plastik yang masih berdiri jangan anda potong tetapi selipkan atau masukkan pada rongga anyaman yang ada dengan cara ditekuk lalu masukkan hingga menghasilkan lipatan yang indah. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.
Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik
Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

Langkah ke6 – setelah proses anyaman selesai, tinggal  pembuatan ganggang pegangan wadah telur menggunakan vita kain atau vita plastik. Potong vita plastik sesuai selera dan bentuk ujung vita seperti huruf V terbalik (potongan vita pada umumnya), selanjutnya tinggal pasangkan pada wadah minuman plastik yang telah anda rangkai sebelumnya dengan menggunakan stepler, untuk mempercantik penampilan anda bisa tambahkan embel – embel vita pada bagian luar wadah minuman pelastik sesuai dengan kreativitas anda. Hasil akhirnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik
Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

Nah, mudah bukan cara membuat wadah telur dari bekas minuman plastik. Anda bisa menjadikan kreativitas di atas sebagai lahan bisnis kecil – kecilan dirumah, misalkan ada tetangga yang ingin hajatan pemberian nama untuk anaknya, kamu bisa menawarkan untuk pembuatan tempat telur dengan menggunakan bahan bekas platik, lumayan sob untuk tambah uang jajan dari budan. Hehe.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan kreativitas anda dalam memanfaatkan limbah – limbah plastik di sekitar anda, ternyata masih banyak lagi limbah – limbah plastik yang dapat kita olah menjadi barang – barang yang lebih bernilai mutunya. Dalam kesempatan lain saya berkreasi lagi dengan berbagai inovasi dan kreasi yang lebih unik lainnya, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :
Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik"

Berlangganan via Email