Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah beton

Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah betonUntuk dapat membangun rumah idaman tentu memerlukan bahan – bahan bagunan yang berkualitas baik serta bentuk dan fungsi yang sesuai serta pas dikantong. Memang dalam membuat rumah perlu menyediakan hampir puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Agar dapat meminimalisir jumlah pengeluarkan tentu harus menyesuaikan bentuk rumah serta bahan yang dibutuhkan. Akhir-akhir ini banyak sekali jenis pruduk dan bahan baku bangunan rumah yang bermunculan dengan berbagai kelebihan yang tawarkan, Salah satunya GRC board (fiberflat).

Apa itu GRC Board? GRC board adalah salah satu bahan bangunan yang terbuat dari semen putih dan zat fiber serta bahan  kimia lainya yang 100% non asbestos, GRC board juga bisa disebut dengan fiberflat, bentuk dan ciri-cirinya hampir menyerupai triplek, namun lebih kaku serta kuat, selain harganya murah, dengan warna putih sebagai warna dasar sehingga mudah dipadukan dengan cat lain (warna lain), permukaanya sangat halus sehingg apabila dibuat untuk dinding rumah akan menyerupai bahan beton, tahan lama, serta dapat mengatur mengendalikan temperatur (suhu) ruangan ketika terjadi musim panas ataupun dingin.

GRC board atau fiberflat berbeda dengan bahan bangunan yang terbuat asbestos yang pada awalnya sangat laris dipasaran, namun tersimpan efek berbahaya bagi tubuh, karna seraput halus asbestos dapat mengendap diparu-paru ketika terhirup oleh saluran pernapasan, dan apabila sudah mengendap dapat menjadi pemicu kangker dan rusaknya system pernapasan terutama pada bagian paru-paru.

GRC board atau fiberflat memiliki model yang bervariasi dari tingkat ketebalannya, samakin tebal GRC board atau fiberflat semakin kuat serta tidak mudah rusak, tetapi tentu harganya akan lebih mahal juga. Secara sedeerhana di kelompokkan untuk di dalam ruangan dan diluar ruangan.

Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah beton
Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah beton

Untuk dapat membuat rumah kayu terkesan menjadi rumah beton, kamu bisa menambahkan bahan material fiberflat atau GRC sebagai pelapis dinding rumah.

Penggunaan GRC sebagai pelapis dinding rumah serta untuk flapon sudah menjadi tren saat ini, karna kebutuhan akan bahan kayu serta mahalnya untuk pembuatan rumah beton membuat orang berpikir inovasi dalam membuat rumah agar tetap terlihat bagus.

Agar hasil pemasangan GRC board atau fiberflat terlihat seperti tampilan rumah beton, tentu ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, karna pemasangan GRC cukuplah mudah sebab jumlah jangkuan GRC board yang lebar dan panjang dapat mempermudah pemasangan menjadi lebih cepat dan efesian, namun yang menjadi permasalahan pada saat penyambungan antara GRC board dengan GRC lainnya. Pada bagian ini sering sekali terlihat alur sambungan yang dapat mengurangi keidahan GRC board atau fiberflat ketika di cat.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara  memasang GRC board atau fiberflat untuk pelapis dinding rumah kayu agar terlihat seperti rumah beton, apa saja yang harus dilakukan, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara memasang GRC board atau fiberflat yang rapi seperti rumah beton

Bagi para tukang bagunan atau pekerja ahli interior rumah, pasti sudah memahami betul bagaimana cara memasang GRC board atau fiberflat yang baik dan benar. Cara memasang fiberflat ataupun GRC board cukuplah mudah bahkan orang awam sekalipun, karna tidak memerlukan serangkaian proses penyusunan yang rumit, hanya saja tahu tahapan apa saja yang harus dilakukan, sebab memasang GRC atau fiberflat tidak hanya sekedar ditempel dan dipaku dan dipaku pada dinding – dinding rumah melainkan ada tips – tips yang harus dilakukan agar menghasilkan hasil yang bersih dan maksimal, berikut ini beberapa langkah – langkah pemasangan GRC board atau fiberflat yang baik dan benar agar terlihat rapi, ulasannya sebagai berikut.

Langkah awal – sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pemasangan GRC board untuk dinding rumah, bahan dan alat-alatnya sebagai berikut:
  1. Palu
  2. Paku untuk GRC board
  3. Kronis (dampul)
  4. Cat tembok warna
  5. Plamer
  6. Scrab (alat untuk proses pelamer dinding)
  7. Air
  8. Wadah ember
  9. Kuas
  10. Serta perkakas bagunan yang dibutuhkan lainnya


Langkah kedua – setelah alat – alat siap, selanjutnya tinggal  menyiapkan dinding rumah yang akan dilapisi oleh GRC board atau fiberflat, bersihkan terlebih dahulu sebelum ditutup dengan material GRC board atau fiberflat.

Langkah ketiga – siapkan satu keping GRC dan ukur ketinggian dan lebar dinding yang akan di pasangi oleh fiberflat.

Artikel tekait lainnya : Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Setelah terasa cukup bagi anda, pasang GRC board atau fiberflat pada dinding rumah dengan menggunakan paku ukuran sedang.

Tips – dalam pemasangan paku, agar GRC tidak mudah goyang atau menimbulkan retakan yang jelas pada saat terkena goncangan, sebaiknya berikan pemasangan paku dengan rapat dengan jarak 5 - 7 cm, hal in berfungsi untuk menghasilkan pemasangan yang rapi dan terhindar dari retakan dikemudian hari ketika sudah diberi dempul (kronis) dan plamer, jika timbul retakan yang panjang pada bagian sambungan tentu terkesan bukan menggunakan bahan bangunan beton melainkan GRC atau fiberflat. Lakukan proses pemasangan dengan rapi serta pasang paku dengan baik agar GRC tidak goyang dan dapat menyatu pada dinding-dinding rumah.

Langkah keempat – lakukan proses pada langkah ketiga hingga seluruh dinding rumah tertutupi oleh GRC board atau fiberflat, pada saat proses penyambungan antara GRC  yang satu dengan yang satunya, pastikan jaraknya agark dirapatkan serapat-rapatnya agar sambungan tidak terlihat begiut jelas.

Langkah kelima – jika rumah anda memiliki tinggi dinding yang tidak sama dengan panjang dari GRC board atau fiberflat, maka kamu harus menambahkan potongan GRC board atau fiberflat secara horizontal pada bagaian atas. Proses pemasangannya sama pada langkah nomor tiga.

Langkah keenam – setelah bagian dinding rumah anda sudah tertutupi dengan GRC board atau fiberflat, selanjutnya kita masuki kelangkah penutupan atau memberik dempul (kronis) pada tiap-tiap sambungan. Caranya campurkan bahan kronis dengan air secukupnya, masukkan dalam wadah aduk hingga merata, ambil alat scrab dan tempelkan atau dempul permukaan antara tiap – tiap sambungan GRC board yang ada.

Tips – pada saat pemberian kronis lakukan dengan baik dan rapi, perhatikan tiap lubang – lubang yang masih terlihat pada tiap – tiap sambungan, serta jangan sampai telihat ujung – ujung pemukaan paku, tetupi semua dengan zat kronis hingga tidak terlihat sama sekali bekas sambungan antara GRC board yang satu dengan yang lainnya.

Langkah ketujuh – diamkan hingga zat kronis mongering dan menyatu dengan GRC board. Langkah selanjutnya siaplan bahan plamer campurkan dengan air sukupnya, agar dapat mengetahui perbandingannya baca kemasan zat pelamer yang kamu beli, karna beda merek beda pula jumlah takaran yang dibutuhkan.

Tempelkan dan olesakan zat pelamer pada seluruh permukan dinding – dinding GRC board hingga tertupi semua, ratakan dengan scrab hingga sama rata, jika sudah selesai, hasil akhirnya tinggal menunggu zat pelamer mengering dan menyatu dengan dinding GRC board.

Langkah kedelapan – sekarang dinding rumah anda terlihat seperti terlihat dengan rumah beton sampai sulit membedakan mana bahan material semen dan mana bahan material GRC board, agar mendapat sentuhan yang indah tinggal tahap pemberian warna rumah sesuai selera anda, padukan dengan berbagai warna hingga menghasilkan gradasi warna yang mewah pada rumah anda. Selamat bekerja dan bekreasi di rumah anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana proses pemasangan GRC board dari awal hingga  proses akhir, hasilnya tidak akan mengecewakan dengan harga yang pas dikantong anda. Baik itu rumah dengan bahan kayu, beton atau GRC semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing tergantung dari anda yang menentukan.

Saran dari admin, karna rumah itu adalah tempat hunia kita, serta kita juga banyak menghabiskan waktu bersama keluarga anda dirumah, buatlah rumah dengan baik dan nyaman walaupun harus mengeluarkan kocek yang lebih, sebab tidak ada yang lebih indah selain menghuni rumah yang enak untuk di di tempati.

Jika memang dana pas-pas’an itu tidak menjadi masalah, sebab rumah yang paling indah untuk dihuni bukanlah sekedar kemewahan ataupun bentuknya yang indah, namun lebih kepada nyaman untuk dihuni mulai dari tingkat keaaman rumah dari bahaya, kebersihan, serta rasa harmonis dari seluruh anggota keluarga.

Semua artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai reparasi rumah mandi dan interior rumah, sampai jumpa lagi pada aritikel unik  lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah beton"

Berlangganan via Email