Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat

Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat - Seorang petani atau seorang yang memiliki kebun tentu sudah mengenal berbagai peralatan – peralatan yang berhubungan dengan tanaman seperti cangkul, bibit, alat bajak (modern atau tradisional) topi caping, pis@u atau p@rang dan lain – lain yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

Peralatan untuk kegiatan pertanian dan kegiatan perkebunan mudah sekali ditemukan di toko alat serba ada di daerah anda, sehingga kebutuhan dengan berbagai peralatan pertanian dan perkebunan mudah sekali anda dapatkan.

Namun tidak semua peralatan perkebunan dan pertanian ada dijual di toko, tetapi melainkan di buat sendiri sebab peralatan ini sebenarnya hanya sebagai bahan pendukung untuk alat pertanian yang pokok.

Seperti alat untuk memetik atau panen padi, untuk masa sekarang orang lebih cendrung  menggunakan alat pemanen buah padi modern, namun untuk cara tradisionalnya menggunakan sabit yang mudah sekali ditemukan di toko, tapi berbeda dengan alat pemetik buah padi  yang tidak akan kamu temukan di toko manapun, alat ini tentu di buah sendiri.

Selain dari alat  pertanian di atas, ada juga namnaya alat untuk memudahkan pemangkasan hama – hama gulma pada persawahan untuk dataran rendah, seperti rumput, ilalang, dan  sejenisya, alat ini namanya pengait rumput fungsinya untuk menarik rumput dan tanaman gulma agar mudah untuk di potong.

Jika anda cari di toko peralatan, mungkin tidak akan ketemu, karna sebenarnya fungsinya hanya sebagai pendukung ketika ingin memangkas tanaman gulma agar lebih cepat dan mudah.

Nah, dalam kesempatan kali ini admin ingin membagikan tutorial cara pembuatan alat pengait tanaman gulma agar proses pemangkasan lebih efesien, seperti apa bentuk dan proses pembuatannya, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak uraian berikut ini.

#Cara membuat alat pengait rumput

Tanaman hama atau gulma banyak sekali tumbuh di dataran rendah dengan corak air pasang surat, tanaman ini mudah sekali ditemukan di kebun atau tempat – tempat pertanian yang sudah lama di tinggalkan ketika tidak masuk musim bercocok tanam, selain itu jenis rurumputan dan berbagai tanaman ini banyak juga ditemukan di darah yang tidak diolah sebagai lahan atau di hutan.

Ketika seseorang ingin membuka lahan pertanian atau perkebun pasti akan bergelut dengan berbagai tanaman penggangu seperti tanaman gulma dan pohon – pohon lainnya. Dalam beberapa kasus untuk permasalahan tanaman gulma sering sekali menggunakan obat petsida (racun untuk tanaman gulma) dalam beberapa hari saja tanaman gulma seperti rumput, ilalang, dan sejenisnya akan menguning dengan sendirinya.

Setelah proses ini dilakukan, agar tanah dapat netral lagi tentu tanaman gulma yang sudah mati harus dibersihkan hingga keakarnya, ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memangkas habis dengan menggunakan alat pemotong, dan juga dapat dilakukan dengan cara dibakar.

Akan tetapi untuk metode pembakaran sangat tidak baik untuk lingkungan , apalagi dimusim kemarau dapat menjadi pemicu terjadinya proses pembakaran hutan serta menimbulkan polusi udara yang tidak baik untuk kesehatan.

Artikel terkait lainnya : 7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak

Apabila lahan pertanian anda tidak begitu besar, sebaiknya dapat dilakukan dengan cara pemangkasan manual dengan cara dipotong.

Nah, agar proses pemangkasan ini dapat dilakukan dengan mudah dibutuhkan alat pemotong yang tajam seperti par@ng dan alat pengait sebagai alat untuk memudahkan mengambil rumput atau menarik rumput yang akan dipotong. Bagaiaman proses pembuatan alat pengait rumput (tanaman gulma ini), langkah – langkahnya sebagai berikut :

#Alat dan bahan
  • Besi bekas bangunan 
  • Palu
  • Kayu
  • Perkakas yang dapat membantu untuk mengolah kayu
  • Pipa plastik atau besi bulat


#Proses pembuatan
Langkah pertama – sediakan alat dan bahan yang akan dibutuhkan seperti yang telah diuraikan diatas

Langkah kedua – siapkan besi bekas berbentuk bulat (besi yang digunakan untuk membuat pondasi bangunan) potong dengan panjang yang anda iginkan max 1 meter atau 1/2 meter.

Langkah ketiga – selanjutnya bengkokkan pada bagian ujungnya hingga membentuk sudut 90 – 120 derajat, setelah bengkok pukul dengan palu bagian besi yang dibekokkan agar terlihat pipih, fungsinya agar besi tidak mudah patah dan tahan lama ketika digunakan, setelah itu pastikan ujung besi yang dibengkokkan terlihat lancip untuk memudahkan ketika berbenturan dengan benda keras ketika menarik tanaman gulma.

Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat
Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat

Langkah keempat – setelah bahan besi sudah selesai, tinggal ke proses pembuatan ganggang atau pegangan alat pengait rumputnya, anda bisa menggunakan bahan kayu yag dibentuk bulat, setelah itu beri lubang pada bagian tengahnya untuk memasukkan batang besi nantinya.

Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat
Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat

Langkah kelima -  masukkan batang besi pada lubang yang telah anda buat, tekan dengan kuat agar tidak mudah lepas, agar kayu tidak mudah pecah tambahkan pipa plastik ataupun besi bulat pada ujung pegangan, pastikan ukuran diameter kayu dan lingkaran plastik sama agar dapat ditekan untuk mengunci antara kayu dan batang besi.

Langkah keenam – apabila antara pegangan dan batang besi masih belum kuat, kamu bisa tambahkan lem kayu, ataupun plastik yang dilelehkan pada rongga antara besi dan kayu, cara ini cukup ampuh agar besi dan kayu tidak mudah lepas pada saaat digunakan, jika proses penyatuan selesai, maka proses pembuatan alat pengait rumput sudah selesai, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat
Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah  memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara pembuatan alat pengait tumbuhan hama, gulma dan sejenisnya, alat ini bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya yang berhubungan dengan pertaniaan dan perkebunan sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan yang sedang anda cari terutama yang berhubungan dengan ilmu pertanian dan perkebunan secara tradisional, sampai jumpa lagi pada artikel teknologi sederhana lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat alat pengait rumput untuk mempermudah memangkas tanaman hama (gulma) dari besi bulat"

Berlangganan via Email