Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat manisan jambu air yang lembut

Cara membuat manisan jambu air yang lembutManisan adalah salah satu olahan produk yang banyak menggunakan bahan utama dari buah – buahan, manisan di Indonesia memiliki ciri khas yang unik dari setiap daerah masing – masing, pada intinya olahan manisan memiliki rasa manis yang gurih dikombinasikan dengan rasa buah yang diolah sebelumnya.

Kita mengetahui jenis manisan itu terbahagi atas 2 macam, yaitu manisan kering dan manisan basah. Manisan kering adalah manisan yang tidak mengandung air serta memiliki tekstur agak keras dengan butir-butir gula halus yang menyelimutinya, manisan kering mudah disimpan dan tahan lama. Sedangkan manisan basah adalah manisan yang banyak mengandung air gula, bentuk dan teksurnya lembut, Manisan basah harus disimpan ditempat yang khusus seperti lemari es, wadah plastik tertutup rapat, dll, sebab manisan basah mudah sekali rusak ketimbang manisan kering.

Cara membuat manisan jambu air yang lembut
Cara membuat manisan jambu air yang lembut

Untuk dapat membuat manisan tentu kita memerlukan buah – buah khusus yang cukup populer untuk dijadikan manisan, pada umumnya memiliki tekstur padat dan keras (tidak seperti spon) seperti mangga, pelam muda, salak, ceremai, papaya,  dan buah – buahan sejenisnya.

Sedangkan buah – buahan yang memiliki kandungan air yang banyak serta memiliki tekstur yang lembek dan seperti spon, sangat jarang sekali di olah untu menjadi manisan, salah satunya yang akan kita bahas dalam artikel berikut ini.

Dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagai tutorial cara membuat manisan basah dari jambu air. Pada umumnya buah jambu biji sering dikonsumsi secara langsung dari pada diolah menjadi berbagai produk baik itu produk minuman, selai, apalagi manisan.

Teksurnya yang menyerupai spon pada permukaan dalam serta rasanya yang begitu natuaal (tidak terlalu manis – asam – kelat) menyebabkan buah jambu air sulit sekali untuk di olah menjadi berbagai produk rumahan.

Namun siapa sangkat buah jambu air yang sering sekali kita jumpa di pekarangan rumah dengan buah yang begitu lebat dapat diolah menjadi manisan yang lezat dan lembut.  Jika anda mampu memanfaatan jambu air di depan perkarangan anda menjadi sebuah produk yang lebih ekonomis, kenapa tidak mencobanya untuk menambah penghasilan anda. Mungkin ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan buat anda.

Nah, tampa memperpanjang urain singkat ini, yuk kita simak bagaimana proses pembuatan manisan dari jambu air,ulasannya sebagai berikut.

#Cara membuat manisan jambu air yang lembut

Banyak sekali jenis jambu air di Indonesia, apapun jenisnya semua masih bisa diolah menjadi produk manisan basah. Pemanfaatan jambu air menjadi olahan produk sangat langa sekali, padahal jika jambu air dijual secara langsung harganya sangat murah walupun untuk jenis jambu air super manis, untuk itu kita perlu meningkatkan dan mendongkrak harga dari buah jambu biji dengan diolah menjadi produk manisan. Sebelum ke proses pembuatan mari kita siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

#Alat dan bahan yang dibutuhkan
  1. Gula pasir 1Kg
  2. Air
  3. Kayu manis
  4. Pewarna makanan
  5. 1 Kg Jambu air matang atau yang tidak terlalu muda
  6. Toples sedang
  7. Pisau
  8. Talenan
  9. Serta alat – alat dapur pendukung lainnya


#Proses pembuatan manisan basah dari jambu air
Langkah 1 – sipkan segala bentuk peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan manisan jambu air

Langkah 2 – cuci bersih jambu air, potong sesuai ukuran, jika jambu airnya meiliki ukuran yang besar potong menjadi 4 bagian sama rata, sedangkan untuk jenis jambu air yang memiliki ukuran kecil, potong menjadi 2 bagian saja. Setelah di potongkan bersihkan isi dalam jambu air dari biji serta spon yang kotor hingga menyisakan daging buah pada bagian yang keras.

Artikel terkait lainnya : Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari kesederhanaan

Langkah 3 – cuci kembali buah hingga bersih, langkah selanjutnya siapkan air yang telah direbus hingga mendidih, tuangan air tersebut kedalam buah jambu air aduk hingga merata (jambu air tidak direbus melainkan hanya ditungkan air panas, alasannya karna tekstur jambu air sangat lembut serta mudah sekali mengalami perubahan tekstur jika terkena panas berlebih, tentu hasil akhirnya akan buruk karna  terlalu lembek dan tidak kaku seperti manisan pada umumnya)

Langkah 4 – Diamkan selama 20 menit hingga air panas merubah tekstur jambu air menjadi lebih lembut, selanjutnya buang air panas tersebut (tiriskan hingga tidak menyisakan air pada buah).

Langkah 5 – selanjutnya berikan pewarna makanan (kuning) fungsinya untuk memberikan warna yang lebih menarik pada manisan jambu air, selain itu untuk menghindari warna pucat dan hitam yang nampak setelah dipotong dan disiram dengan air panas, aduk secara merata hingga pewarna makanan menyatu dengan baik.

Langkah 6 – tambahkan kayu manis secukupnya serta gula 1kg, perbadingan yang digunakan 1 : 1, misalakan 1kg daging buah jambu air maka 1kg gula pasir yang dibutuhkan, aduk hingga merata hingga gula pasir menyerap dengan sempurna pada daging buah jambu air.

Langkah 7 – masukkan manisan jambu air dalam toples dan simpan di tempat yang aman (ice box) tunggu sampai 2 hari, manisan jambu air siap disantap ataupun dikemas menjadi produk olahan manisan.

Cita rasa yang dihasilkan – Tekstur jambu biji akan lebih lunak serta sangat berair ketika didiamkan selama 2 hari, namun rasanya yang manis disertai tekstur lembut di dalam namun tetap ada crispy pada bagian kulit buah, rasa kayu manis akan menambahan aroma dan rasa yang menyatu pada manisa jambu air.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana proses pembuatan manisan dari jambu air, tetapi perlu di ingat bagi anda yang mengidap diabetes atau penyakit yang berhubungan dengan kontrol gula sebaiknya mengurangi jumlah gula yang disajikan, atau kamu bisa menggunakan gula buatan (Zat pemanis buatan), untuk menghindari naiknya kadar gula darah pada tubuh.

Manisan dari buah tentu menyehatkan apabila dikonsumsi secara bijak,maksudnya tidak berlebihan sebab kadar gula dalam manisan cukup tinggi. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahun dan wawasan kamu dalam bidang kuliner manisan, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat manisan jambu air yang lembut"

Berlangganan via Email