Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islami

Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islamiRasa mengantuk merupakan suatu gejala yang pasti di alami oleh setiap manusia, ketika rasa kantuk menyerang tentu bawaan-nya ingin tidur. Kadang – kadang rasa kantuk tidak mengenal waktu dan tempat yang membuat tidak sesuai pada kondisi dan keadaan.

Jika rasa kantuk datang, padahal sedang mengerjakan PR pasti kesal sekali bukan? atau sedang asik – asiknya menontot tiba – tiba rasa kantuk datang, sungguh menyebalkan bukan?

Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islami
Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islami

Memang rasa kantuk tidak dapat dikendalikan, datangnya seperti udara yang anda Tarik dan anda keluarkan. Ketika rasa kantuk sudah melanda apapun yang anda lakukan seperti sudah masuk antara dunia demensi mimpi dan kenyataan, jika tidak dapat dikontrol lagi pada akhirnya tampa anda sadari anda sudah tidur dengan pulas-nya.

Rasa mengantuk merupakan gejala ataupun sinyal yang diberikan tubuh untuk segera beristirahat karna tubuh sudah pada masa low (lemah) sehingga perlu di carger terlebih dahulu.

Jika pada kenyataanya pada pagi hari setelah anda mandi ternyata anda merasa mengantuk dan ingin tidur lagi padahal sudah terlelap dengan indahnya dimalam hari, ini bukanlah rasa kantuk biasa, akan tetapi sifat malas yang sudah mendarah daging dalam hidup anda.

Perbedaan rasa kantuk dan sifat malas kadang – kadang di sama ratakan, padahal keduanya memiliki ciri – ciri berbeda, untuk rasa kantuk biasanya ditandai dengan keadaan diri yang tak mampu lagi untuk menahan untuk memejamkan mata tampa anda sadari anda sudah terlelap dengan sendirinya, sedangkan sifat malas adalah keadaan diri yang merasa ingin tidur atau berbaring atau bersantai riya walaupun pada kenyataanya anda bisa melawan rasa malas ini dengan kontrol diri yang baik.

Seperti yang telah diuraikan diatas, rasa kantuk bisa datang kapanpun dan dimanapun serta sulit untuk mencegahnya. jika rasa mengantuk sudah datang, YA… simpel aja, tinggal tidur doang.

Tapi yang menjadi permasalahan itu ketika keadaan yang mengharuskan kita untuk tidak tidur, sebab dapat menggangu aktivitas yang akan dilakukan esok harinya atau kemudiannya.

seperti kejadian anda sudah terbangun pada subuh hari ketika itu azan berkumandang, anda merasa mengantuk sekali dan ingin melajutkan aktivtias tidur anda, jika ini sampai anda lakukan anda pasti akan bangun kesiyangan dan sholat subuh anda akan lepas, bahaya bukan?

Atau kejadian lainnya seperti misalkan anda seseorang tata dekorasi acara, ternyata acara yang diselenggarkan esok hari dan anda harus bertugas dimalam harinya, anda merasa sangat mengantuk dan ingin tidur sejenak padahal waktu yang dibutuhkan hampir sedikit, jika sampai anda ketiduran, bisa gak selesai tuh dekorasinya, hal ini bisa menurunkan kepercayaan konsumen kepada anda.

Banyak lagi contoh yang mengharuskan kita untuk tidak tidur akan tetapi harus ditahan dulu untuk suatu tugas yang mendesak, jika sudah seperti ini maka yang perlu kita lakukan adalah menghilangkan rasa kantuk itu dengan berbagai aktivitas lain sebagai penyejuk mata sejenak sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.

Dalam artikel kali ini saya bagi menjadi 2 katagori cara untuk menghilangkan rasa kantuk, yaitu : 1) Cara menghilangkan rasa mengantuk secara islami 2) Cara menghilangkan rasa mengantuk secara umum. Untuk lebih jelas mengenai hal ini simak ulasan berikut ini.

#Menghilangkan rasa mengantuk secara islami

Iblis atau setan selalu menggoda anak cucu adam ketika ia sedang melakukan amal kebaikan, salah satunya dengan cara membuat rasa kantuk yang berat pada mata, misalkan ketika mendengarkan tausiyah dari usatad ataupun sedang mengerjakan tugas , sedang belajar ataupun kegiatan amaliyah lainnya.

Jika tidak dilawan dengan kekuatan hati dan tampa dipaksakan, mungkin kita akan kalah dan berakhir ditempat tidur. Kita tidak mau bukan baru mulai belajar membuka kitab, eh tiba – tiba mata sudah berkunang – kunang (kebiasaan saya, hehe ? )

Ada beberapa tips sederhana menghilangkan jeratan ibliz agar rasa kantuk segera pergi, diantaranya sebagai berikut :

1. Mandi
Mandi adalah salah satu cara menyucikan diri dari kotoran, ketika seseorang berhadas besar, maka ia wajib mandi untuk mensucikan dirinya. Mandi dapat memberikan energy baru untuk tubuh agar semangat melakukan aktivitas.

ketika pagi hari kita dituntut untuk mandi karna berguna untuk memberikan energy baru untuk semangat melakukan kegiatan hari itu, mandi akan membuat badan menjadi lebih fresh dan segar sehingga yang tadinya sangat mengantuk berubah menjadi segar kembali.

2. Berwhudu
Jika anda tidak memungkinkan untuk mandi, misalkan cuaca sangat dingin ataupun di waktu malah hari, tips sederhananya dengan cara berwhudu, whudu termasuk cara mensucikan diri dari hadas kecil. 

Di dalam diri manusia terdapat 2 kotoran yaitu kotoran secara lahiriyah (yang Nampak) dan kotoran secara batiniah (tidak Nampak). Salah satu cara mensucikan diri secara batiniah yaitu dengan diawali berwhudu.

Air whudu dapat memancarkan cahaya bagi orang yang selalu menjaganya, air whudu dapat memberikan kesejukan dan rasa fresh sama dengan halnya mandi untuk mengurangi dan menghilangkan rasa kantuk yang melanda.

3. Zikir dan sholawat
Ketika rasa mengantuk melanda ketika melakukan amaliyah kebaikan,  maka ingatlah kepada allah,swt dengan cara berzikir ataupun bershalawat kepada baginda rasulullah.saw

Artikel terkait lainnya : Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

Tips sederhana yang dapat anda lakukan dengan cara menggosokkan kedua tangan anda hingga terasa panas di iringi dengan zikir dan sholawat selanjutnya tiupkan dan gosokan pada mata, insy’allah rasa kantuk akan segera hilang ataupun berkurang.

4. Membaca Al-Qur’an
Rasa kantuk yang melanda begitu hebat serta tak mampu lagi menahannya, coba anda segarkan dengan membaca ayat – ayat pendek (jika situasi berada di luar ruangan).

Jika anda berada di dalam ruangan, ambillah air whudu dan segera buka mushaf al-Qur’an, dengan melihat mushaf al-Qur’an, insya’allah rasa kantuk akan berkurang dan hilang apalagi ditambah dengan membacanya.

5. Sholat 
Sholat amal ibadah yang besar sekali pahalanya, sholat adalah kuncinya semua amal ibadah, agar amal ibadah yang lain diterima maka sholatnya harus dijaga terlebih dahulu. Wajib ya gan.

Jika anda merasa mengantuk, misalkan sedang menunggu seseorang, anda bisa mengisi waktu luang dengan melakukan sholat Sunnah, dengan amaliyah sholat – sholat Sunnah akan menambahkan cahaya hati yang lebih bersih.

6. Ingat dosa ataupun menonton siksa kubur atua azab neraka
Merasa mengantuk dan ingin tidur padahal anda sedang mengerjakan sesuatu  yang tidak bisa ditinggalkan, coba anda lakukan dengan cara mengingat dosa – dosa yang telah anda lakukan dimasa lampau atau sekedar meonton film azab kubur atau neraka, dizamin deh mata anda akan melek + dengan tetesan air mata sepanjang malam dan meratapi keadaan anda, insya’allah anda akan segera bertobat kepada allah.swt kepada jalan yang lurus serta gak akan mengantuk lagi, bahkan akan sulit untuk tidur, hehe.

#Menghilangkan rasa kantuk secara umum

Cara – cara diatas sangat cocok dilakukan ketika anda merasa sedang mengerjakan suatu amaliyah ibadah, walaupun pada dasarnya setiap tindakan dalam kehidupan kita merupakan suatu amaliyah ibadah juga jika di iringi dengan niat yang tulus karna allah.swt.
Selain cara diatas (islami) ada beberapa cara lain ataupun metode yang dapat anda terapkan untuk mengusir aura kantuk dalam diri, metode dan cara ini sudah sangat lazim di telinga anda bukan? Berikut penjelasannya.

1. minum kopi
Minum kopi adalah salah satu alternative yang paling ampuh untuk mempertahanakn diri agar tidak mudah mengantuk, kandungan dan zat pada kopi (Kafei@) zat ini dapat mempertahankan tubuh agar tidak mudah mengantuk.

Jika anda berada di luar rungan dan tidak sempat untuk membuat secangkir kopi, alternatifnya beli saja minuman instan atau permen dengan rasa kopi.

2. Olahraga
Olahraga dapat meningkat kinerja dan metabolism tubuh untuk bekerja kembai setelah merasa ingin di istirahatkan, dengan berolaraga tubuh akan merasa panas dan gerah sehingga ke inginan merasa mengantuk akan hilang, namun metode olahraga dapat memberikan efek kelelahan sehingga dapat memicu rasa kantuk dalam beberapa menit kemudian.

3. Melakukan aktivitas yang kamu sukai (Hoby)
Melakukan hal yang paling anda sukai dapat menyibukkan dan mengalihkan sejenak dari rasa mengantuk. Misalkan hobi anda menonton film, maka cobalah rehat sejanak dari rutinitas yang anda lakukan untuk beralih melakukan aktivitas yang paling anda sukai, seperti menonton film. Cara seperti ini ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang melanda.

Ketika rasa dan pikiran anda mencintai dan menyukai sesuatu (hoby), otomatis diri anda tidak akan mudah mengantuk, rasa kantuk biasanya datang ketika melakukan aktivitas yang berat bagi benak dan pikiran anda karna anda tidak menyukai aktivitas tersebut.

4. Chatting atau calling dengan pacar
Siapa yang dapat menahan gelora rindu dengan pacar atau pasangan anda walaupun pada kenyataanya baru saja bertemu, melakukan chatting atau calling bersama pasangan dapat memberikan energy tesendiri bagi tubuh untuk tidak bisa tidur bahkan rasa mengantuk akan pergi tampa anda sadari sendiri.

Tapi perlu kita ketahui secara syariat islam, tentu saja hal ini tidak dibenarkan karna yang namanya pacaran itu tentu tidak boleh, karna perbuatan ini dapat mendekati zina. Yang saya maksud-kan dalam tips berikut ini yaitu pasangan suami istri ya sob.

5. Kumpul sama teman
Rasa jenuh dan bosan biasanya berakhir rasa mengantuk yang melanda, hal ini biasanya terjadi ketika seorang diri. Berbeda halnya ketika kumpul barang teman dan saling berduski membahas suatu hal. Jika anda merasa mengantuk, kamu bisa pergi kerumah teman atau panggil teman kerumah anda untuk mengusir rasa mengantuk, 2 orang lebih baik dari pada satu orang untuk menghilangkan rasa kebosanan, jika tidak bisa, alternative sederhananya dengan melalui media online dan sosial media.

6. Pergi atau keluar dari tempat yang membuat anda merasa mengantuk dan ingin tidur seperti kamar, sopa, dll
Setiap suatu pasti ada pemicunya dan pemancingnya, rasa mengantuk terjadi bisa disebabkan karna mengerjakan hal yang tidak anda sukai, merasa lelah (Cepek), merasa bosan, atau hanya sekedar melihat sopa atau tempat tidur.

Duduk diatas sopa atau berbaring ketika merasa mengantuk dapat memicu rasa kantuk menjadi lebih berat, solusi terbaik hindari tempat – tempat istirahat ataupun ruang santai ketika rasa kantuk melanda anda.

7. Main game
Bagi pecinta game, atuapun seorang gemer – tentu akan tahu cara mengusir kebosanan yang ada salah satunya dengan bermain geme, ternyata bermain geme juga dapat mengurangi rasa kantuk terutama geme petualangan dan aksi. Semakin mendebarkan dan menarik suatu geme semakin kuat fisik untuk melawan rasa kantuk.

Misalkan dalam suatu kasus anda meras boring menunggu teman anda, bisa saja di sela – sela rasa bosan anda di isi dengan bermain geme kesukaan anda, cara ini cukup ampuh menghilangkan rasa kantuk yang datang tiba – tiba.

8. Mengunyah permen karet
Melakukan gerakan menguyah pada mulut akan memberikan rangsangan dan sinyal pada otak untuk tetap aktip, kebiasaan menguyan permen karet akan meberikan otak lebih fresh ketika mengerjakan sesuatu, apalagi ditambah permen yang mengandung rasa – rasa buah yang banyak mengandung multivitamin yang baik untuk kesehatan.

9. Cuci muka
cuci muka akan memberikan kesegaran baru yang hilang dengan cepat, air yang sejuk memberikan kesegaran baru pada diri, mata yang tadinya hampir terpejam menjadi melek karna cuci muka, aktivitas ini cukup mudah dan simpel untuk dilakukan dalam kondisi apapun, jadi sangat mudah untuk diterapkan ketika rasa mengantuk melanda.

10. Ingat tujuan awal
Menjadi point penting ketika anda sedang mengerjakan sesuatu tiba – tiba rasa mengantuk datang, ketika anda mengingat tujuan anda adalah harus menyelesaikan tugas ini tepat waktu, otomatis mendorong pikiran anda agar berusaha untuk tidak tidur, rasa mengantuk yang tadinya datang akan berangsur – angsur hilang dengan semangat dan tujuan awal yang telah anda tetapkan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islami. Banyak lagi cara dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk yang datang secara tiba-tiba, tentu saja anda paham dan sadar bagaimana melawan diri anda sendiri.

Tips – tips diatas hanya sebagai informasi tambahan bagi anda ketika rasa kantuk datang dan anda bingung untuk menghilangkannya, semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan sesuai dengan apa yang anda cari, sampai jumpa lagi pada artikel unik lainnya, wasalam.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Tips menghilangkan rasa mengantuk secara umum dan islami"

  1. untuk cara islami .. saya selalu berwudhu sob... buat ngilangin rasa kantuk...

    dan untuk cara umum minum kopi adalah cara paling utama sayaa.....

    BalasHapus
  2. sama mas, cara ampuh menghilangkan rasa kantuk lebih kepada whudu + minum kopi. tapi jengan keseringan di lawan rasa kantuknya, karna tidur itu memiliki kebahagian tersindiri :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email