Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat pais ubi kukus gula merah makyus

Cara membuat pais ubi kukus gula merah makyusUbi kayu adalah satu jenis tanaman umbi-umbian yang cukup banyak di indonesia, selain mudah tumbuh, tanaman ini juga mudah sekali dikembang biakkan.

Daun ubi  kayu sering dimanfaatkan sebagai sayur-manyur yang enak sekali dikonsumsi.  Sedangkan inti dari tumbuhan ini berada pada bagian umbinya, yaitu sering dikenal atau disebut dengan ubi kayu.

Di wilayah jawa, ubi kayu sering sekali diolah berbagai produk makanan salah satunya, tape, selain tape ada juga berupa geletuk, hingga pais.

Cara membuat pais ubi kukus gula merah makyus

Bagi anda penikmat ubi anda harus mencoba membuat ubi kukus gula merah ,selain lezat, gurih dan lembuat, cara pembuatanmya pun sangatlah mudah berikut ini kami sajikan cara membuat ubi kukus gula merah makyus, langkah – langkahnya sebagai berikut.

#Proses pembuatan pais ubi kukus gula merah

Makanan yang di buat pais sudah sangat lazim di telinga kita serta lidahkita, makanan jenis pais identik dengan penggunaan daun pisang sebagai pembungkus media yang akan dikukus, nah dalam kesempatan kali ini, kita akan membuat pais dengan bahan utamanya berupa ubi kayu, bahan yang perlu disediakan diantaranya.

#Bahan
  • ubi kayu (singkong) lima buah 
  • gula merah ¼
  • daun pisang
  • gula pasir
  • garam secukupnya


#Alat yang di perlukan
  • alat parutan
  • pisau 
  • tempat untuk mengukus
  • kompor gas


#Cara membuat Pais ubi kayu

Langkah pertama - kupas ubi kayu hingga bersih  setelah itu cuci dengan air bersih, parut ubi dengan parutan hingga halus

Langkah kedua - setelah ubi di parut  campurkan gula merah  dan gula pasir secukupnya setelah itu di aduk hingga merata (rasa manis sesuai selera masing – masing)

Langkah ketiga - bungkuslah ubi dengan daun pisang kukus ubi tunggu sampai 30 menit.

Catatan: agar daun pisang mudah dibentuk dan dilipat, ada baiknya daun pisang dipanaskan terlebih dahulu dengan diapi-apikan hingga melemah.

Langkah keempat – angkat dan sajikan, ubi kukus gula merah siap di dikonsumsi bersama keluarga.

Varian rasa: agar hasil lebih maknyus kamu dapat melakukan varian rasa dengan mencampurkan bahan berikut ini. Rasa kelapa gurih (menggunakan kelapa muda yang telah parut dan di campurkan dengan adonan) Rasa pisang (campurkan dengan adonan bahan) Rasa durian (campurkan dengan adonan bahan) Rasa coklat dan vanila (campurkan dengan adonan bahan)

Nah itulah cara pembuatan ubi kukus gula merah yang maknyus, kita sudah mengetahui bahwa ubi-ubiyan banyak mengandung karbohidrat, dengan mengkonsumsi pais ubi ini, otomatis telah memenuhi kebutuhan karbohidrat, jadi gak perlu makan nasi lagia tau jagung, cukup makan pais ubi hingga kenyang, tapi jangan kebanyakan karna banyak mengandung zat gula, yang tidak baik untuk kesehatan. Semoga tutorial kuliner ini dapat menjadi resep keluarga anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat pais ubi kukus gula merah makyus"

Berlangganan via Email