Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Olahan Nikmat Selai Buah Lakum

Cara Membuat Olahan Nikmat Selai Buah Lakum - Selai atau selei (bahasa Inggris: jam, bahasa Perancis: confiture) adalah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Pembuatan selai pada umumnya memerlukan cukup biaya yang sedikit besar sehingga penulis ingin  menghemat biaya dalam pembuatan selai dengan menggunakan buah lakum. Lakum memiliki kandungan vit. C yang dapat menjadi antioksidan, kandungan vit. C pada buah lakum lebih rendah dari pada buah yang mengandung vit. C pada umumnya. Meskipun begitu buah lakum dapat menjadi olahan sehat yang mengandung antioksidan sehingga mampu menahan radikal bebas.

Buah lakum dapat dijadikan olahan nikmat berupa selai dan Mengetahui bahwa kandungan saponin yang terdapat pada buah lakum dapat dihilangkan. uji  coba ini dilakukan kurang lebih selama7 hari dari tanggal 10 april 2015 sampai dengan 16 april 2015 dikediaman Mona Gulina Jalan Jendral sudirman Gang 45, dan dikediaman Jahri Mahfus Jalan Lintas Jambi, Kuala Tungkal.  Selai buah lakum terbuat dari 1kg daging buah lakum ditambah 0,5 kg gula pasir, tepung tapioka, dengan perbandingan 2:1. Dari hasil penelitian diperoleh 5 buah botol selai dengan masing-masing kemasan seberat 100 gram. Harga satu botol selai buah lakum sebesar Rp 2.500,-..

Kesimpulannya adalah bahwa buah lakum dapat dimanfaatkan menjadi olahan yang nikmat, yaitu berupa selai. Kandungan zat saponin pada buah lakum yang menyebabkan rasa gatal apabila dimakan dapat dihilangkan dengan cara merendam kedalam air garam.

Gambaran Sekilai Tentang Buah Lakom
Lakum (Vitis diffusa) adalah sejenis tumbuhan yang kaya khasiatnya dalam pengobatan herbal. Tumbuhan yang mempunyai daun yang bergerigi di bagian tepi ini adalah sejenis tumbuhan yang memanjat dan menjalar. dikampung saya buah lakom sering dikenal dengan nama anggur hutan, biasanya buah lakum sering dimanfaatkan sebagai bahan bumbu masakan sebagai pemberi rasa asam pada masakan.

Buah anggur memiliki banyak varietas antara lain Vitis vinifera, Vitis labrusca, Vitis riparia, Vitis diffusa, Vitis rotundifolia, Vitis aestivalis, Vitis lincecumi,Vitis cinerea, Vitis rupestris. Adapun klarifikasi lakum sebagai berikut:

Kingdom  : Plantea
Subkingdom : Tracheobiunta (Tumbuhan berpembuluh) 
Super Divisi  : Spermatophyta (Menghasilkan biji) 
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan bunga)
Kelas : Magnaliopsida (Berkeping dua/dikotil) 
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Rhamnales 
Famili : Vitaceae 
Genus : Vitis 
Spesies : Vitis diffusa

Buah lakum sangat kaya akan vit. C dan antioksidan dapat dikembangkan menjadi produk pangan fungsional. Vitamin C memiliki fungsi untuk penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Antioksidan yang terkandung dalam  buah lakum mampu menetralkan radikal bebas diseluruh tubuh, tentu saja bagi perempuan, kandungan antioksidan sangat berperan untuk meremajakan kulit biar makin cantik, hehe.

Cara Membuat Olahan Nikmat Selai Buah Lakum

Buah lakum sering tumbuh di semak-semak secara menjalar, tumbuhan ini tumbuh di kawasan air pasang surut, tumbuhan lakom biasanya tumbuh secara liar dan jarang sekali dimanfaatkan oleh masyarakat. sebelum ke-proses pembuatan, tentu kita perlu tahu bagaimana membedakan buah lakum yang sudah masak dan mangkal, karna buah lakum yang akan kita gunakan adalah buah lakum yang telah masak, Tekstur lebih lembut dari pada buah yang masih muda, serta Kandungan air dalam buah lebih banyak. Sedangkan buah lakum yang masih mangkal (muda) yakni berwarna hijau muda, maupun tua, tekstur lebih keras dari pada buah lakum tua, serta kandungan air dalam buah lebih sedikit.


setelah kita bisa membedakan buah lakum yang matang dan mangkal (muda), selanjutnya ke-proses penghilangan ZAT SAPONIN PADA BUAH LAKUM, zat ini adalah yang menyebabkan rasa gatal pada buah lakum apabila di konsumsi secara langsung. untuk proses penghilangan zat ini dapat dilakukan dengan cara:
  1. Cuci bersih buah lakum dengan air mengalir
  2. Tiriskan dengan saringan
  3. Pecahkan buah lakum dan pisahkan antara buah dan biji buah (karna zat saponin banyak terkandung dalam biji buah yang menyebabkan rasa gatal) pastikan tidak ada biji buah yang ikut terendam
  4. tambahkan garam secukupnya dengan perbandingan 1 Kg buah lakum = 1 ons garam
  5. Rendam selama 1 Hari
  6. setelah di rendam selama 1 Hari, buah lakum siap diolah
Proses Pembuatan Selai Buah Lakum
pertama-tama siapkan segala peralatan  yang dibutuhkan dalam proses pembuatan selai buah lakum, diantaranya:

Alat : Panci Stenlis (wajib menggunakan panci stenlis, untuk menghindari perubahan oksidasi pada buah lakum karna tingginya kandungan vitamin C), Sendok, Botol Selai, Baskon, Blender.

Bahan: 500 Gram Buah Lakom Murni yang telah diolah sebelumnya, 250 Gram Gula Pasir, Natrium Benzoate (sebagai Pengawet Makanan apabila produk ingin dipasarkan) jika untuk dikonsumsi sehari-hari tidak perlu di gunakan, cukup di simpan dilemari pendingin agar awat, 1 butir telur.

Langkah Pertama - Buah lakum yang telah diproses sebelumnya (proses penghilangan zat saponin) tambahkan 1 Butir telur dan blender hingga halus.

Langkah Kedua - Masak buah lakum yang telah di blender, beserta gula dengan perbandingan 2 : 1 hingga mengental dengan api yang kecil, selanjutnya tambahkan natrium benzoate.

Langkah ketiga - angkat selai lakum yang telah dimasak, dinginkan selai buah lakum, lalu kemas,

Hasil Pembuatan Selai Buah Lakum di Tinjau dari Segi Ekonomi
Hasil pembuatan selai lakum yang kami buat lebih terasa buahnya (asam dan manis) dari pada selai jelly. Karena selai yang kami buat menggunakan daging buah utuh bukan dari sari buah lakum yang ditambahkan pengental (pektin). 

Pada proses pembuatan selai lakum kami menggunakan alat-alat sederhana yang terdapat dirumah, dan mudah diterapkan oleh masyarakat. Untuk membuat selai lakum ini tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga lebih terjangkau dibandingkan selai jelly yang membutuhkan biaya lebih banyak.

Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu timbangan kasar, timbangan analitik, baskom, pisau, sendok, gelas ukur, saringan, panci, mangkok, biuret, pH meter, earlenmeyer, kompor gas, kertas  saring whatman 1, alumunium foil, Loyang, plastic kemasan, hand refraktometer,dan alat dokumentasi.

Sedangkan dalam pembuatan selai lakum yang kami buat hanya membutuhkan alat seperti baskom, saringan, sendok, panci stenlis, dan belender. Bahan yang digunakan hanya gula, buah lakum, garam, telur dan natrium benzoate. Total biaya yang digunakan untuk membuat selai lakum ini hanya membutuhkan biaya Rp. 15.000 yang menghasilkan 5 botol selai lakum.

 RAB ( Rencana Anggaran Belanja ) SELAI LAKUM
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : buah lakum dapat dijadikan olahan nikmat berupa selai. Kandungan zat saponin pada buah lakum dapat dihilangkan dengan cara merendam buah lakum dengan air garam selama 3 jam, di cuci dan direbus dengan air bersih. Saran penbuatan selai buah lakum yakni agar masyarakat kuala tungkal bisa memanfaatkan buah lakum di jadikan olahan nikmat berupa selai. Agar masyarakat kuala tungkal bisa membuat selai sendiri dirumah dengan biaya yang murah. Selain itu buah lakum dapat menjadi olahan sehat berupa selai yang  mengandung antioksidan sehingga mampu menahan radikal bebas yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Olahan Nikmat Selai Buah Lakum"

Berlangganan via Email