Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Langkah Jitu Untuk Kewirausahaan Bagi Pemula (strategi sukses)

Siapa sih yang tidak ingin memiliki usaha sendiri? Ingin bisa berdikari dan memulai usaha sendiri? Harus diingat bahwa memulai usaha sendiri butuh kerja keras, keuletan dan kretivitas dalam menciptakan suatu produk atau ide yang memiliki peluang yang besar.

10 Langkah Jitu Untuk Kewirausahaan Bagi Pemula (strategi sukses)
10 Langkah Jitu Untuk Kewirausahaan Bagi Pemula (strategi sukses)

Usaha tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan tetapi memerlukan waktu lama hingga akhirnya ada pemasukan. Perlu strategi yang jitu agar upaya wirausaha Anda tersebut berhasil, juga meminimalisir kegagalan. Berikut ini saya akan memberikan langkah dasar yang di gunakan untuk berwirausaha sehingga pada saat anda memulai usaha, dasar atau pondasi anda sudah kokoh jadi tidak akan goyah apabila mengalami kegagalan .

1.Mulai dengan mimpi

Untuk menggapai sebuah keinginan yang besar atau cita-cita yang tinggi awalilah dengan sebuah mimpi. Semua berawal dari mimpi anda, dan keyakinan terhadap apa yang anda impikan .

Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat Inovasi dan ide yang baru seperti sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan ataupun jasa. Seorang pemimpi tidak mengenal batas dalam keterikatan, dan tak mengenal kata “TIDAK BISA” ataupun “TIDAK MUNGKIN” jadi awalilah suksesmu dengan mimpi yang luar biasa dahsyatnya.

2. Cintailah produk anda

Kecintaan akan produk yang anda buat akan memeberikan sebuah energi, keyakinan terhadap pelanggan dan yang lebih penting membuat kerja keras terasa ringan dan mudah untuk di hadapi pada saat masa-masa sulit. Setiap usaha yang anda kelola selalu akan datang yang namanya “HALANGAN dan RINTANGAN”. Kecintaan akan produk yang anda buat akan menumbuhkan sifat yang ikhlas dalam bekerja.

Antusiasme  dan keuletenmu menandakan bahwa anda mencintai produk yang anda buat. Dan yakinlah di dalam hati bahwa anda akan sukses mulai dari hari ini.

3.
Pelajarilah fundamental bisnis
 
Tidak akan ada sukses tampa ada sebuah ilmu dan pengetahuan dasar untuk bisnis yang baik. BELAJAR DAN BEKRJA merupan langkah yang efektif untuk memulai usaha anda. Turut kerja dahulu selama 1-3 tahun, hal ini akan mendongkrak pengetahuan anda dan anda maju dengan langkah yang baik. Carilah guru yang baik untuk membimbing usaha anda.

4.Ambillah Resiko
 
Berani mengambil resiko yang di PERHITUNGKAN merupakan dasar atau kunci awal dalam dunia berwirausaha.

saya tidak ada modal untuk usaha? solusinya gimana dong ? 

seorang yang ingin berwiarausaha tidak mengenal namanya kata “tidak mungkin” untuk anda yang tidak ada modal, carilah hal-hal yang inovatif dari barang-barang yang tidak berguna untuk didaur ulang sehingga modal yang anda keluarkan tidak terlalu banyak.

Betul sih ? tapi saya gak ada modal sepeserpun ? adakah solusi yang dapat saya buat untuk berwirausaha ?
  
langkah yang dapat anda tempuh yaitu anda harus tanamkan didalam hati anda saya “harus bisa” walaupun banyak hal yang tidak mungkin dapat saya lakukan. Bukalah sudut pandang anda dan amatilah di sekeliling anda, apa yang dapat menghasilakan uang tampa modal seperserpun berpikirlah kreatif pasti anda menemukannya karna anda merupakan calon-calon sukses tampa ada yang akan menghalangi langkah kesuksesan anda salah satunya MODAL USAHA.
Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik dan matang akan menyumbang keberhasilan penuh keberhasilan anda. Jika anda ingin berusaha dengan sebuah modal yang di pinjam dari BANK, perhitungkanlah dan amatilah peluang bisnis anda sehingga kemungkinan kegagalan dalam usaha anda akan diminimalisir.

5.Carilah nasehat dari pakarnya (ahlinya), TAPI tetap ikuti kata hati anda, andalah yang menentukan semuanya

Entreprneur selalu mencari nasehat dan ide-ide dari berbagai pihak baik itu keluarga, taman, sahabat, pacar, dan lain-lain. Tapi keputusan mutlak tetap ditangan anda . jadi andalah yang menentukan semuanya.

6.Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual (pelayanan prima)
 
Pada tahap awal anda membangun usaha anda, kepiawaian menjual merupakan faktor penting kesuksesan usaha anda. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai si calon pembeli akan menunjang penjualan usaha anda atupun anda terutama pada fase awal usaha anda.

7.Kerja keras, kerja cerdas
 
Benarkah kerja keras tidak di butuhkan lagi pada masa sekarang? 

Ethos kerja sering di anggap sebagai mimpi kono dan harus diganti untuk peradaban sekarang. Menurut saya itu kekeliruan yang harus di lururuskan, untuk di jaman sekarang ini kita memeng harus memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas untuk memulai berwirausaha. Apakah kita harus meninggalkan sebuah kata “KERJA KERAS’ tentu saja tidak, akan tetapi yang harus di ubah dari pola ini yaitu kita harus mengiringinya dengan kerja cerdas, kerja keras tampa kerja cerdas terasa akan kurang pondasi usaha anda sehingga akan menghambat kesuksesan anda. Jadi hal yang harus anda punya adalah kerja keras dan kerja cerdas. Oke
 
8.Bertemanlah sebanyak-banyaknya dan carilah teman yang dapat mebantu anda dikala susah dan senang
 
Kenapa kita harus memiliki banyaka teman. Logikanya seperti ini, pada harga dan kualitas barang yang sama dari suatu produk pelanggan akan tetap pergi ke tempat usaha teman dekatnya, bahkan walaupun harga dari suatu produk sedikit agak mahal tetap pembeli akan membeli barang anda(teman), karna anda adalah teman dekatnya. Selain itu teman juga akan membantu mengembangkan usaha anda, memberi nasehat, dan menolong pada masa sulit atau pada saat anda jatuh. Itu lah mengapa kita harus memiliki teman yang banyak.


Baca juga :Pentingnya berorganisasi untuk menunjang kesuksesan anda


9.Vitamin Usaha adalah kegagalan, hadapilah kegagalan

apa? Kalau mendengan kata gagal dalam berwirausaha itu merupakan hal yang sangat di takuti oleh para wirausaha. Sebenarnya kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam usaha anda. Jika dalam berwirausaha tidak pernah mengalami kegagalan berarti anda akan dalam keadan setabil dan tidak mengalami kemajuan yang sangat signifikan karna kegagalan merupakan vitamin bagi usaha anda. Tapi ingat evaluasilah setiap kegagalan anda karna itulah hal yang terpenting dari kegagalan, ambillah hikmah dari peristiwa tersebut dan ubah ide/cara yang meyebabkan usaha anda gagal. Setiap usaha pasti akan menemukan kegagalan, bilamana itu terjadi bersiapalah dan hadapilah.
 
10.Lakukanlah sekarang juga, bila anda sudah siap lakukanlah sekarang dan jangan menunda-nunda
 
Untuk hal yang ke 10 ini saya hanya menyampaikan putuskanlah dan kerjakan sekarang. Kerena besok bukanlah milik anda.


nah, 10 langkah diatas dapat anda lakukan jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses. akan tetapi masih banyak pembelajaran yang harus di jalani lagi, maka dari itu teruslah belajar dan jangan lupa ber do,a kepada allah. swt semoga ia memebuka rezki anda. amin.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "10 Langkah Jitu Untuk Kewirausahaan Bagi Pemula (strategi sukses)"

Berlangganan via Email