Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengantisipasi kerusakan TV agar awet dan tahan lama

Setelah beberapa hari saya tidak menonton TV karna rusak akibat keteledoran dari bapak saya, meletakkan korek api di atas TV sehingga terbakar deh, untung masih bisa di padamkan, kejadian ini terjadi pada pukul 1 malam, di mana lagi enak-enaknya tidur. merasa ada asap mengepung ruangan otomatis saya terbangun dari tidur, dan begitulah jadinya hangus tampa sisa.  yah, terpaksa harus beli TV baru.
dari kejadian ini saya ingin memberikan tips kepada pembaca sekalian agar kejadian ini tidak terjadi kepada TV kesangan anda, bagaiman cara menjaga TV anda supaya awet dan tahan lama, apalagi sampai terbakar, sehinga tidak sering gonta-ganti TV di rumah anda, langsung saja

#1. Letakkan TV pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jauhkan dari pengaruh panas yang tinggi

kenapa ini harus dilakukan? karna temperatur yang tinggi dapat merusak kabinet, CRT atau komponen lainya yang ada di dalam mesin TV anda. 

Cara mengantisipasi kerusakan TV agar awet dan tahan lama
Cara mengantisipasi kerusakan TV agar awet dan tahan lama

kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat umum, biasanya meletakan TV di bagian Ventilasi rumah di mana Ventilasi ini masuk cahaya, yang lansung mengenai TV anda, dan ada juga yang meletakkan TV bersamaan dengan alat elektronik yang menghasilkan panas.


Tips meletakkan TV yang benar : 

Letakkan TV di tempat yang di sarankan pabrik (meja TV), biasnya banyak di jual di pasar, Letakkan TV dari jangkauan anak-anak (usahakan agak tinggi).

#2. Jangan Membuka penutup bagian belakang TV karena pada bagian belakang TV terdapat tegangan tinggi

Jika anda ingin membuka tutup belakang TV anda, Lepaskan dulu kabel AC dari stop kontak, kalau saya sarankan, jika TV bermasalah langsung aja di bawa Tukang TV, jangan di oprak-aprik, nanti malah makin rusak. pengalaman pribadi

#3. Jangan menuntup lubang ventilasi pada bagian belakang TV

kenapa ini dilakukan? kerena bisa menyebabkan kebakaran atau masalah-masalah serius  pada TV anda, berilah ruang untuk lubang Ventilasi TV anda.
biasnya ruang ventilasi TV berada di bagian belakang. 


Kesalah yang sering dilakukan:
  • meletakkan kain pembungkus TV dengan alasan untuk tidak mudah berdebu (X)

  • meletakkan TV di tempat yang terkurung, seperti rak buku atau dipasang di tempat yang tetap (X)

#4. Jangan meletakkan TV di atas meja dorong atau meja yang tidak stabil

Alasannya TV akan mudah jatuh, kalau sudah jatuh  otomatis akan mengalami kerusakan.

#5. Segera lepaskan kebel AC dari stop kontak apabila TV anda mengeluarkan suara yang tidak Normal

biasnya suara ini diiringi juga dengan bau gosong/hagus dan mengeluarkan asap, untuk masalah ini anda harus cepat memutuskan aliran listrik yang menyambung ke TV anda, lalu hubungi bagian servis TV, untuk mempertanyankan masaalh ini, sedini mungkin pengetahuan anda tentang keruskan TV akan sedikit pula pembayaran servisnya, irit gitu.

#6. Untuk menghindari kerusakan akibat hubungan singakat,jangan meletakkan TV pada bagian yang terlalu lembab

Contohnya di dapur yang banyak terdapat sumber-sumber air

#7. jangan mamasukkan benda yang mudah terbakar atau benda logom pada ventilasi TV anda

penyebab masalah ini bisanya karna ulah anak kecil yang bermain-main di sekitar TV, maka dari itu saya sarankan sebelumnya letakkan TV anda di tempat yang memang sulit di jangkau oleh anak-anak.


Kesalahan Umum : 

meletakkan vas bunga di atas TV, dimana vas bunga tersebut berisi cairan, pasir, beras, dll yang apabila ketumpah kan bisa menyebabkan masalah serius pada TV anda

#8. Hati-hati memindahkan TV dan komponen yang berhubungan dengan TV

Nah, mudah bukan cara menjaga TV dengan baik, Tips di atas hanya untuk mengantisipasi kerusakan TV akibat keteledoran pengguna, untuk masalah mesin dan alat komponen lainya itu tergantung penggunaan anda.

semoga artikel kali ini dapat membantu anda dan bisa menambah pengetahuan and tentang merawat TV dirumah. terima kasih.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mengantisipasi kerusakan TV agar awet dan tahan lama"

Berlangganan via Email