Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab kartu garansi tidak berlaku lagi untuk produk yang rusak akibat kesalahan pabrik

Apa itu kartu garansi? Pentingkah kartu garansi? Mengapa kita harus memperhatikan kartu garansi ketika anda membeli suatu produk di toko. Untuk lebih jelaskan saya akan memberikan info tentang kartu garansi ini.

Apa itu Kartu garansi ?

kartu garansi ialah kartu yang di gunakan untuk meminta barang baru/ barang yang diperbaiki akibat kasahan pembuatan suatu produk, atau kerusakan pada pemakaian normal atau kesalahan pabrik, biasaya kartu garansi memiliki masa tenggang sampai 1-3 tahun. Jika telah melewati batas masa pemakaian barang tersebut, maka kartu garansi tidak dapat di gunakan lagi.

Penyebab kartu garansi tidak berlaku lagi untuk produk yang rusak akibat kesalahan pabrik
Penyebab kartu garansi tidak berlaku lagi untuk produk yang rusak akibat kesalahan pabrik

Kisah ini dari cerita teman saya namanya bejo, suatu hari ia membeli barang elektronik berupa lemari es, setelah beberapa hari pemakaian, kotak pendingin pada bagian atas tidak berfungsi, karna si bejo ahli dalam bidang mesin,  ia langsung membuka peralatan mesin lemari es yang baru saja ia beli, setelah diperikasa ternya ada komponen yang tidak ada, sehingga si bejo melaporkan ke toko dimana ia beli, setelah di cek si tukang toko, ternyata barangnya tidak bisa di kenakan garansi karana segel pengaman sudah rusak.

agar hal ini tidak terjadi pada diri anda, dan saya sendiri, disini saya akan memberikan info apa saja peyebab kartu garansi tidak berfungsi lagi.

Peyebab kartu garansi tidak berfungsi lagi ketika produk yang anda beli rusak akibat kesalahan pabrik

hal-hal yang dapat menyebabkan kartu garansi anda tidak berfungsi yaitu :

#1. Kerusakan yang di akibatkan oleh salah penggunaan/pemasangan

dalam kasus ini biasanya terjadi karan pengguna malakukan kesalah pada saat pemasangan komponen sehingga menyebabkan produk menjadi rusak, contoh yang sering di alami pada saat pemasangan kabel output yang salah sehinga komponen menjadi terbakar,  saran dari saya jika anda tidak begitu paham tentang penggunaan suatu produk anda bisa menggunakan penyedia jasa pemasangan alat-alat elektronik, atau minta bantuan kepada tetangga anda yang ahli dalam hal tersebut.

untuk masalah penggunaan bisanya terjadi pada barang smartphone dimana pengguna biasanya tampa sadar me Ro*ot HP androidnya sehingga segel garansi rusak. 


#2. Barang telah di reparasi oleh pihak lain sehingga berubah dari standar produsen

seperti kisah di atas, dimana bejo langsung memperbaiki barang yang baru di beli, tampa menyadari resiko kartu garansi akan hangus, 

kenapa ini bisa menyebabkan kartu garansi hangus ?

karna pihak pembuat tidak tahu apakah barang tersebut rusak memang dari kesahan mesin atau dari jasa service. sehingga pihak pembuat (produsen) tidak menerima barang yang rusak untuk diganti dengan menggunakkan kartu garansi.

Saran : 
  • apabila produk yang anda beli cacat, anda bisa langsung komplen ke toko di mana anda membeli, tidak perlu memanggil tukang service.

dengan catatan : 
  • produk yang bersangkutan mengalami rusak tampa ada sebab (rusak sendiri)

#3. Barang rusak karna dirubah sesuai dengan permintaan atau selera pembeli

Baca Juga : 



#4. Bila nomor seri hilang atau di rubah

Biasanya nomor seri sudah tertulis di kartu garansi anda, untuk masalah ini jarang terjadi, kecuali kartu garansi anda terkena air sehingga nomor seri luntur (hilang).


#5. Kartu jaminan tidak sesuai dengan barang yang di reparasi atau malakukan perubahan terhadap isi kartu

jika kartu anda beda dengan barang yang direparsi otomatis kartu garansi tidak berlaku


#6. Barang tidak memiliki kartu jaminan (hilang)

#7. Barang rusak akibat faktor yang diluar dugaan

contoh faktor ini seperti :kebakaran, tegangan listrik yang tidak stabil (voltagenya tidak teratur), bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan sebagainya.

Nah, sekarang sahabat blogger sudah tahu bukan hal-hal yang menyebakan kartu garansi tidak bisa di gunkkan pada alat elektronik yang mengalami kerusakan tidak wajar, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Penyebab kartu garansi tidak berlaku lagi untuk produk yang rusak akibat kesalahan pabrik"

Berlangganan via Email