Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#7 kesalahan pada saat wawancara kerja yang harus di hindari

#7 kesalahan pada saat wawancara kerja yang harus di hindari - Jika anda ingin memasuki dunia kerja office , tentu saja anda tidak akan lepas dengan namanya berbagai macam tes, salah satu tahapan tes itu adalah wawancara kerja.

Wawancara kerja adalah salah satu tahapan dalam sebuah tes untuk memasuki sebuah instansi/ perusahaan di mana dilakukan dengan cara mewawancarai pelamar dengan berbagai pertanyaan.

Wawancara kerja masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebahagian orang, karna tidak semua orang siap baik dari segi fisik apa lagi mental, ada juga yang suda mempersipakanya dengan sangat matang, akan tetapi gagal juga? Kenapa ya?

Perlu diketehai para penilai tes wawancara bukanlah hanya harus pintar menjawab pertanyaan yang di berikan akan tetapi ada hal-hal yang sangat kecil tetapi mempengaruhi kelulusan kamu mulai dari etika, kedipsilinan, dan lain-lain.


#7 kesalahan pada saat wawancara kerja yang harus di hindari
#7 kesalahan pada saat wawancara kerja yang harus di hindari

Nah, untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang kecil tetapi bisa berakibat fatal, hindarilah hal-hal berikut:


#1. Datang terlambat

Dimanapun anda mendaptar kerja, jika anda terlambat datang, kemungkinan kelulusan buat anda sangatlah kecil.

Keterlambatan anda pada saat tes wawancara menadakan bahwa anda tidak memiliki sifat disiplin, dan tidak menghormati instansi yang terkait.



INGAT! Kesan pertama anda sudah dapat di tebak oleh perusahaan dimana anda ingin melamar.

#2. Busana yang tidak sesuai

Bisanya untuk tes wawancara, busana memang jarang sekali deperhatikan oleh para calon pelamar, karna beranngapan ini bukan faktor penilaan.
 

Tunggu dulu, dengar kisah teman saya ini?

Begini sobat, saya punya teman namanya rizki, ia ingin melamar pekerjaan di salah satu Bank swasata, ternyata dia lulus, dan hanya tersisa tes wawancara saja lagi.


Tes wawancara ini menyisakan 20 calon pelamar, ternyata apa yang terjadi dengan RIZKI, ini sangat mengejutkan dimana rizki lulus dengan memuaskan tampa harus di umumkan oleh pihak bank karana langsung di beri tahu pada saat tes tersebut. KOK BISA


Karna saya penasaran, saya langsung bertanya kepada rizki?


Sobat? Kok kamu bisa lulus langsung dari meja tes, kok bisa ya? Cukup simpel, yaitu saya hanya memakai busana yang beda dengan calon yang lain tetapi tetap formal, karna saya berpendapat orang yang telah masuk 20 besar ini adalah orang-orang yang sudah kompeten, untuk dapat nilai plus dari pewawancara tentu saja harus ada nilai plus juga dari kita salah satunya busan yang memang simpel tapi memiliki nilai plus yang tinggi.



#3. Handphone berdering pada saat tes wawancara berlangusung

Memang keadaan ini tidak dapat diduga-duga, tatapi ada baiknya jik pada saat tes wawancara berlangsung handphine anda di off kan saja. 

Handphone berdiering pada saat tes dapat mengganggu jalannya wawancara, karan anda akan mengalami masalah berat antara mengangkat handphone atau tidak, handphone bordering pada saat wawancara juga menandakan bahwa pekejaan yang akan kamu guluti tidak menjadi prioritas utama.



#4 makan dan minum

Sebahagian perusahaan memang sudah menyediakan makanan dan minuman pada saat tes wawancara berlangsung, jika hal ini terjadi pada anda, jangan sekali -kali munum pada saat wawancara berlangsungm, sebab ini termasuk perbuatan yang tidak sopan.

#5. Terlalu santai, gugup atau terlalu percaya diri

Wah, ribet ya memang kenyataanya begitu perusahaan memang sudah memilih orang yang kompeten dalam menilai si pelamar, biasanya si pewawancara akan tahu dari sikap anda

Untuk itu langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan tetap rilek tidak perlu gugup ataupun berlebihan pada saat wawancara. 

apa yang di maksud santai disini, maksudnya yaitu jangan kamu anggap pewawancara seperti teman kesehariaanmu, bersikaplah sopan dan hargailah.

#6. Tidak tahu tentang perusahaan dimana anda akan melamar

biasanya pewawancara akan menanyakan seluk-beluk perusahaan, misalkan perusahaan ini bergerak dalam bidang? atau yang lain.

nah, bagaimana jika kamu gak tahu tentang hal itu, pasti pewawancara berpikir kamu tidak serius ingin bekerja atau minat kamu kurang tehadap perusahaan

Cara terbaiknya yaitu kamu harus mencari referensi yang ada dari perusahaan tersebu.

#7. Terlalu banyak bicara 

Mengapa hal ini sangat tidak di anjurkan, sebab orang yang banyak bicara bisanya banyak berbohongnya.

Jika anda ditanya tentang suatu hal, jawablah dengan tenang, tidak perlu banyak basa-basi langsung ke intinya, dan tidak pula terburu-buru.

Berbicara seperlunya saja.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan, kesalahan-kesalahan pada saat wawancara berlangsung, semoga info ini bisa bermanfaat pada agan-agan sekalian.

Baca juga:
Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha 

10 langkah jitu untuk kewirausahaan bagi pemula (stratrgi sukses) 

#6 rahasia sukses berwirausaha yang benar dan terarah untuk menunjang kesuksesan anda di masa depan

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "#7 kesalahan pada saat wawancara kerja yang harus di hindari"

Berlangganan via Email