Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#8 Tips cara menumbuhkan semangat baru dalam berwirausaha yang mulai meredup akibat sebuah kegagalan

#8 Tips cara menumbuhkan semangat baru dalam berwirausaha yang mulai meredup akibat sebuah kegagalan - Dunia bisnis selalu berubah dan tidak pernah berhenti mengalami perubahan, pasang surut lingkungan bisnis selalu terjadi .

Problem dalam mengembangkan bisnis tidak saja datang dai internal pelaku bisnis semata tetapi juga datang dari lingkungan sekitarnya.


Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan orang dalam mengembangkan bisnisnya seperti yang telah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Walaupun seorang pebisnis memiliki semangat yang gigih akan tetapi kadang seoarang pebisnis juga mengalami kemerosatan semangat dalam berwirausaha.


#8 Tips cara menumbuhkan semangat baru dalam berwirausaha yang mulai meredup akibat sebuah kegagalan
#8 Tips cara menumbuhkan semangat baru dalam berwirausaha yang mulai meredup akibat sebuah kegagalan

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membagikan sebuah tips cara menumbuhkan sikap semangat dan cara meberikan dorongan apabila di kemudian hari kamu mengalami kemorosotan berbisnis.

Langkah utama untuk mengembangkan semangat wirausaha, anda harus memiliki 2 sikap, yaitu sikap berani menghadapi tantangan dan harus memiliki kreativitas.

Untuk lebih jelaskan simak tips yang akan admin sajikan untuk pembaca sekalian.

#8 Tips cara memberikan dorongan semangat untuk wirausahamu yang mulai meredup


Sebagai seorang yang terjun ke dunia bisnis, tentu ada kalanya usahamu mengalami kegagalan dan disaat itulah kamu mengalami meredupnya semangat berwirausaha yang dulunya berapi-api.


Mungkin tidak semua orang akan bisa menghadapi suatu masalah, akan tetapi ketahuilah bahwa usaha dan rintangan adalah sebuah dorongan yang dapat membantumu dalam berwirausaha, apabila kamu dapat mengelolanya.

Lantas bagaiman dengan orang yang gagal, dimana dia mengalami kegagalan dalam berwirausaha dan kepercayaan dan semangatnya mulai menghilang,
Apa yang harus dilakukan.

Kamu beruntung sekali dapat membaca artikel admin, kerna disini akan membeikan #8 tips untuk membuat semangat wirausahamu menjadi hidup kembali, apa saja itu?

#1. Memiliki sikap dan tanggung jawab untuk berani menghadapi kegagalan


Dalam dunia bisnis yang namanya sukses tidak pernah namnya tidak diawali dengan sebuah kegagalan.

Akan tetapi suskses itu berawal dari kegagalan, kedua kata yang bagaikan langit dan bumi, tetapi sebenarnya kedua hubungan kedua ini memiliki singkron yang baik apabila dapat dimanfaatkan dengan baik.

Orang yang sukses adalah orang yang mampu bangkit dari kegagalan dalam usahanya, baik itu kegagalan yang bersifat total atau sebahagian.

Jika di timbang dengan baik dan seksama, tentu saja seorang pebisnis yang hadal akan selalu melihat kegagalan sebagai peluang yang harus dimanfaatkan,  jangan kan peluang omset barang, kegagalan seja dijadikan peluang untuk belajar menjadi lebih baik.

Pola pikir yang dimiliki oleh seorang pebisnis sehingga tidak takut akan kegagalan biasanya iyalah:
 
#rasa tanggung jawab pada dirinya terhadap usahanya
 
#selalu ingin belajar, jika mengalami kegagalan bukannya meratapi akan tetapi menganalisis apa yang harus di perbaiki
 
#mengetahui bahwa kegagalan adalah suatu pertanda usaha kita mengalami kemerosatan sehingga kita harus meningkatkan dari berbagai asepek usaha
 
#tanamkan pada diri sindiri adalah kegagalan adalah bagian kesuksesan
 
#percaya terhadap kemampuan diri sendiri sehingga ada semangat untuk mengolah masalah
 
#berorintasi pada hasil yang positif
 
#selalu berpikir bahwa setia rintangan selalu ada solusi pemecahan apabila dipikirkan dan dikerjakan dalam bentuk nyata

#2. Memiliki kreativitas


Apa hubungan kreativitas dengan semangat dalam berwirausaha?

Kreativitas berawal dari kemampuan otak kanan dalam menerjemahkan inovasi-inovasi baru sehingga dapat menciptakan produk baru.

Untuk memahami tentang masalah otak kiri dan otak kanan bagaimana cara mengembankannya dan apakah kamu pengguna otak kiri atau kanan dapat 


baca disini: Cara mengetahui kamu lebih mengandalkan otak kiri atau kanan dengan hanya melihat jari tangan dan ciri-ciri orang yang menggunakan otak kiri dan kanan dalam kehidupan sehari-hari

Hubungan kreativitas dengan semangat berwirausaha adalah apabila suatu saat kamu mengalami kegagalan berarti usaha kamu tidak dapat memenangkan hati konsumen.

Nah, maka dari itu kamu terus berinovasi dengan ide-ide kretivitmu agar usahamu mengalami kemajuan yang pesat.

Itulah hubungan kreativitas dengan usaha + kegagalan.

#3. Ingin menirukan figure/sesorang yang sukses


Nah, langkah ketiga yang dapat kamu lakukan adalah meniru figur/seseorang yang sukses.

Mungkin hatimu bertanya-tanya gimana yah cara sukses itu, apakah begini apakah begitu.

Langkah yang benar dalam meniru figur seseorang yaitu dengan mencari tahu resep sukses mereka,baik dari segi pengalaman hidup, biografinya, cara dia melakukan kegiatan usahanya, hingga cara dia mengatasi kegagalan dalam berwirausaha.

Tapi hal ini bukan hanya sekedar mencari tahu saja, akan tetapi langsung meniru dan memperaktikan cara sukses mereka, dengan caramu sendiri tetapi dengan tips-tips yang telah kamu kumpulkan sebelumnya.

Jika kamu pernah membaca kisah-kisah suskses seseorang seperti contonya tukang bubur naik haji, pasti ada hikmah dan positif dari kisah tersebut, kamu dapat mementiknya dam menerapkan dalam kiat usahamu.

Nah,langkah ketiga ini cukup ampuh dalam menaikan semangatmu kembali dalam berbisnis dan berwirausaha.

#4. Menumbuhakan rasa cinta dan suka terhadap sebuah tantangan dan rintangan


Jika seorang mendaki gunung tantangannya adalah jalan yang terjal, cuaca yang ekstrim dan kondisi alam yang tidak menentu, tatapi disitulah letak semangat dalam mendaki gunung.

Begitu juga halnya dengan seseorang yang berwirausaha, semakin dia mengalami kegagalan semakin ia semangat mengayuh perahu hingga sampai dengan kesuksesan.

Kerna ia sudah menanamkan pada dirinya bahwa tantangan dalam hidup bukan lah hal yang harus dihindari bahkan tidak dapat dihindari akan tetapi harus dihadapi dengan pikiran yang tenang dan positif.

Karna dengan sebuah tantangan membuat kita menjadi lebih kuat/giat. Dan tangguh.

#5. Bertahan hidup


Untuk bertahan hidup memang sudah menjadi naluri ilmiah manusia,

Sebagai manusia kita tentu harus bertahan hidup baik dengan makanan, minuman dan kebutuhan lain, yang semua itu perlu biaya.

Karna keinginan naluri manusia yang selalu ingin berusaha maka akan terciptanya semua semangat dan berusaha untuk mencapai yang di inginkan.

#6. Naluri ingin memperbaiki taraf hidup


Jiika kamu adalah seorang yang memiliki kebutuhan yang lebih tentu saja kamu tahu mauk sud dari hal ini.

Jika naluri manusia untuk bertahan hidup adalah suatu alamiah, begitu juga dengan ingin berubah, manusia juga memiliki sosok kecerdasan dan perasaan yang tinggi.

Kita ambil contoh manusia selalu ingin berusaha untuk menjadi lebih baik dari pada hari esok, tapi cuman manusia hanya memiliki malas yang menghambat dari keinginan sebelumnya.

Jadi, tampa disadari bahwa memang pada hakikatnya manusia ituselalu ingin berusaha untuk berubah untuk hidup yang lebih nyaman dan baik.

#7. Kegagalan pekerjaan yang dialami dalam meniti pekerjaan


Jika kamu memiliki paham bahwa kegagalan adalah salah satu kesuksesan, maka disitulah kamu menyadari makna kegagalan.

Dalam meniti usaha kadang kamu di atas kadang dibawah, kegagalan yang telah terjadi harus di jadikan pelajaran sehingga muncul semangat baru untuk memperbaikinya dalam usaha berikutnya.

#8. Cita-cita


Jika ditanya cita-cita admin mau jadi apa? Saya menjawab mungkin mau jadi pengusaha sukses.

Yup, betul sekali, setiap manusia yang hidup pasti memiliki cita-cita, entah itu cita-cita jadi pilot atau dokter.

Jika memang sejak awal kamu memiliki ingin menjadi pengsaha yang sukses, tentu saja akan berusaha mencapai walaupaun rintangan dan halangan yang menghadang.

Cita-cita tersebud merupakan harapan kamu yang akan inginkan dimasa mendatang.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebud, tentulah dengan usaha dan semangat yang tinggi dan tidak takud akan kegagalan.

Nah, sekarang kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, teruslah semangat.

Kegagalan bukanlah untuk dibuang tetapi di hadapai dengan niat dan tekad yang kuat.

Jika semangat mu mulai pudar, lakukan tips di atas, atau kamu menggunakan cara lain sesuai dengan kamuan sendiri, kerna yang menetukan kamu bisa samangat atau tidak yah kamu sendiri.

Nah, semoga artiekel yang sederhana ini dapat memberikan dorongan dan motivasi yang tinggi untuk kesuksesan anda dimasa mendatang.

Jangan takud gagal, kegagalan adalah guru yang paling baik selain pengalaman hidup.

Sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:


Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "#8 Tips cara menumbuhkan semangat baru dalam berwirausaha yang mulai meredup akibat sebuah kegagalan"

Berlangganan via Email