Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budaya antri dikalangan masyarakat mulai luntur, apa penyebabnya? dan solusi menumbuhkan sikap mau berantri

Budaya antri dikalangan masyarakat mulai luntur, apa penyebabnya? dan solusi menumbuhkan sikap mau berantri - Hari ini hari yang sangat mendung, semendung hati admin yang galau memikirkan dia. Jadi ngayal nih.

Hai sahabat blogger, bagaimana keadaanya? baik-baik saja bukan. Nah hari ini admin ingin mengupas masalah antri.

Kok antri dibahas, ini kan hal yang sangat membosankan.

Hem kayak nya emang iya, tapi ini kan suatu hal kebiasaan yang ada di kalangan masyarkat kita terutama di Indonesia.

Mungkin admin ingin memberikan kritis sedikit tentang masalah ini, soalnya ini adalah kebiasaan yang sepele tetapi memiliki dampak positif bagi mesyarakat. Sebelum membahas masalah antri, saya akan mengupas sekit tentang antri.


Budaya antri dikalangan masyarakat mulai luntur, apa penyebabnya? dan solusi menumbuhkan sikap mau berantri
Budaya antri dikalangan masyarakat mulai luntur, apa penyebabnya? dan solusi menumbuhkan sikap mau berantri

Jika berbicara tentang antri kita tidak akan terlepas dari kehidupan sehari-hari baik itu mau membayar pembelian barang di toko, pembelian resep obat, tentang loket, hingga pengambilan sembako yang setiap tahunnya ada saja memakan korban, kok bisa ya?

Jika ditanya seperti ini mungkin admin hanya menjawab? Sekarang masyarakat sudah melupakan namanya rasa kebersamaan maunya sih dulu-duluan jolak-jolakan sampai dorong-dorongan, mungkin karna budaya antri mulai hilang hingga tidak ada lagi rasa saling mengghargai satu sama lain.
 
Wah gawat ya?

Jika ditanya bagaimana keadaan bangsa kita ini, yah begitulah, kita bisa lihat saja tantang kebiasaan antri masyarakat kalau tidak di perhatikan dan tidak diawasi mungkin mau nyeleneng diwek.

Mungkin ini tidak berlaku di rumah sakit, karna system antriannya terlalu ketat, itupun melakukan antri karna terpaksa, coba seperti itu apa jadinya pasti berubatan pengen beli obat.

Nah disinilah mulainya kesadaran masyarakat tentang hal ini, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal yang berhubungan dengan antri, admin ingin mengupasnya secara terperinci sehingga menambah wawasan anda sekalian, semagat yah bacanya.

#1. pengertian antri

Antrian adalah menunggu sejenak sesuai dengan susunan anda, hingga mendapatkan pelayanan sesuai dengan prosudur dan aturan yang ada.

sikap mau berantri adalah sikap dimana setiap orang memiliki kesadaran tentang saling menghargai satu sama lain sesuai dengan susunan dia, aturan yang di berikan oleh pelayanan sehingga terciptanya hubungan yang harmonis.

#2. Kenapa antri sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat


Sikap mau berantri merupakan wujud nyata saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari baik secara moral, jiwa hingga hati nurani.

Sikap mau berantri memberikan dampak positif kepada dirisendiri hingga orang lain yang akan merasakan dampaknya.

Coba bayangkan jika kamu pergi untuk mendaptar ke suatu perguruan atau hal yang lain, pernahkah kamu melihat budidaya antri, mungkin ada tetapi kebanyakan antri, contohnya saya saja pagi tadi.

Ceritanya gini gan pagi-pagi saya pergi cepat agar masalah pendataan siswa cepat selesai, eh sampai sana saya salah ternyata orang sudah banyak yang antri, yah terpaksa deh saya harus menunggu.

Tetapi saya kesal sekali antrinya kok kayak gini semuanya bejajal di pintu loket mana pintu loketnya hanya jendela yang di buka di cekal hanya menggunakan kayu, habis deh pala saya kejedot tuh jendela, untung jendelanya gak pecah, kalau pecah saya lagi harus ganti.

Saya harus menghadapi dengan puluhan orang untuk bisa didata dengan cepat, saya kesal sekali, karna badan saya kecil dan saya laki-laik dan manusia yang bergrombol adalah perempuan saya harus berusaha menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, mudahan iman admin kuat. Hehe.

Akhirnya dengan susah payah, saya berhasil mendata ulang, dengan peluh dan keringat melawan puluhan orang yang ingin duluan.

Yah saya terpaksa melakukan ini karna jika saya  santai-santai maka saya tidak mungkin didata hari ini dan harus datang lagi esok hari, ini kan membuang waktu saja.

Kenapa ini bisa terjadi ya?

Karna kurangnya kesadaran masyarakat tentang saling menghargai
Saya datang pagi-pagi tetapi hampir paling akhir dapat giliran bisa didata, karna saya kalah saing dengan tubuh berpostur seperti tiang PLN dan segemuk gajak. Kwkw.

Nah, disinilah kenapa sikap mau beranti sangat di perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari cerita di atas apa yang dapat kamu simpulkan. Hemz mungkin menurut admin dampak yang di timbulkan apabila masyarakat mau berantri adalah sebagai berikut:

#Rasa saling menghargai akan tumbuh dalam masyarakat

#Tidak akan menimbulkan kekacawaan pada saat pengantriaan sedang berlangsung

#Tidak ada rasa saling iri karna merasa di dahulu padahal sudah lama mengantri

#Terciptanya sikap disiplin bagi masyarkat

#Terciptanya sikap patuh dan tunduk kepada peraturan yang berlaku

#Menumbuhkan rasa kepedulian dan solidaritas yang saling erat dengan sesama manusia

#Terciptanya Negara, bangsa, masyarakat yang aman, tentram dan tertib dalam aspek benegara

Mungkin masih banyak lagi dampak yang ditimbulkan dari mau berantri, yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Sikap mau berantri menandakan bangsa dan Negara tersebut adalah Negara yang menghargai satu sama lain tidak itu kaya, miskin, lemah kuat, berkedudukan tinggi hingga rakyad biasa.

#3. apa akibatnya jika antri sudah mulai luntur bahkan hilang dari kehidupan masyarakat


Jika kamu sudah mengetahui dampak postif mau berantri bukan? Nah selanjutnya apa dampak yang di timbulkan jika sikap mau berantri hilang dari kebiasaan masyarkat.

Untuk mengetahu hal tersebut dengarkalah kisah yang saya lihat dari acara televisi walupun ini hanyalah fiksi tetapi memiliki makna tersendiri.

Mungkin tidak asing lagi dengan namanya tentang loket bukan, baik itu loket kesahatan, loket bandara, loket terminal.

Disini adalah termpat yang dimana namnya antri sering berlangsung, pernah kamu melihat sesorang yang baru datang tetapi dapat langsung pulang, kok bisa?

Ternyata eh ternyata penyebabnya adalah kamu kalau mau cepat pakai uang pelicin dong biar di cepatin urusannya.

Hemz, sayapun cukup tersenyum untuk masalah karana, saya tahu ini adalah salah satu penyakit bangsa ini yaitu KKN.

Wah, hanya sikap tidak mau berantri saja bisa menimbulakan masalah KKN,. Ini kan menandakan Negara yang carut marut.

Nah, untuk lebih jelasnya dampak yang ditimbulkan dari tidak mau berantri adalah:

#timbulnya sikap tidak peduli sesama anggota masyarakat

#Menyebabkan munculnya system antri yang KKN

#kurangnya rasa kebersamaan

#menimbulkan rasa kebencian bagi orang yang merasa tidak di hargai

#menimbulakan salah paham yang berkelanjutan sehingga dapat menyebabkan rasa permusuhan dan perkelahian

#tidak disiplin dan tidak bisa mematuhi aturan yang ada

#menandakan carot-marotnya negri ini

#mengajarkan kepada anak muda/generasi  muda yang salah sehingga menumbuhkan cikal bakal yang tidak mau berantri

Nah, besar sekali dampak yang di timbulkan dari hanya sikap tidak mau berantri, mungkin kita tidak merasakannya secara signifikan karna masih banyak juga anggota masyarakat yang sadar akan hal ini tetapi hanya dengan mulai lunturnya kebiasaan mau berantri saja bisa menyebabkan masalah sebesar ini, belum lagi dengan hal yang lain.

#4. lantas, bagaiman cara menumbuhkan sikap mau berantri bagi diri sendiri hingga menularkan kepada orang lain


Memang sangat sulit merubah kebiasaan yang sudah mendarah daging, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa karna jika ada tekad dan kemaun pasti bisa dilakukan.

Lantas bagaimana cara menumbuhkan sikap mau berantri bagi diri sendiri?

Mungkin jawabannya utamanya adalah tergantung diri anda sendiri, untuk lebih rincinya sebagai berikut:

  • #tanamkan pada dirimu saling menghargai satu sama lain agar terciptanya hubungan harmonis dalam bermasyarakat
  • #menanamkan pada diri sendiri patuh dan tunduk kepada peraturan yang dibuat, sehingga akan menumbuhkan juga sikap disipil dan tertib

Konsisten dalam melakukan aktivitas sehari yang akan berdampak pada kesuksesan anda

  • #mengetahui dan bisa merasakan perasaan orang lain apabila saya tidak berantri maka membuat orang lain akan marah dan membuat orang lain merasa 

jengkel sehingga benci dengan anda, ini kan tidak mau di alami oleh anda.

Jadi initinya sikap mau berantri adalah sikap di mana kamu menghargai orang lain tidak mementingkan diri sendiri, sesuai aturan dan peraturan yang berlaku sehingga menjadikan hidup yang harmonis dalam bermasyarakat.

Nah, sekarang kamu sudah bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bukan? Semoga kita semua menjadi generasi yang lebih baik lagi untuk menyongsong Indonesia yang lebih maju.

Samapai jumpa lagi, bye-bye.

Baca Juga:


Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Budaya antri dikalangan masyarakat mulai luntur, apa penyebabnya? dan solusi menumbuhkan sikap mau berantri"

Berlangganan via Email