Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan warna ruang kantor untuk efisiensi kerja (semangat, konsentrasi dan tenang)

Perencanaan warna ruang kantor untuk efisiensi kerja (semangat, konsentrasi dan tenang) - Pernahkah kamu melihat warna interior kantor, apakah warna dasarnya, mungkin para arsitek telah menyarankan warna yang sangat pas untuk ruang kantor, tapi apakah warna yang di gunakan pas untuk selera mu
 
Warna merupakan faktor yang sangat di tonjolkan untuk mempercantik keindahan kantor, tapi bukan hanya itu saja fungsinya selain untuk keidahan warna juga di gunakan untuk memberikan dorongan semangat dan psikologis yang nyaman dalam bekerja.
 
Memilih warna dalam ruang kantor mu menungkin susah-sususah gampang karna, tidak semua warna dapat di terapakan dalam ruang kerja, misalkan warna yang memberikan perasaan menekan tetapi memiliki fingsi cendurng mempercepat tindakan, sebaliknya warna yang mengandung kehangatan dan perasaan gembira cendrung memperlambat pekerjaan.

Tapi tenang saja, disini saya akan memberikan fungsi warna yang pas untuk ruang kantor anda, nah disini saya membaginya menjadi 3 kelompok warna pokok yang menjadi patokan untuk anda.

Perencanaan warna ruang kantor untuk efisiensi kerja (semangat, konsentrasi dan tenang)
Perencanaan warna ruang kantor untuk efisiensi kerja (semangat, konsentrasi dan tenang)

Tetapi tidak mesti diterapkan di rumah yah, kerna ini hanya cocok di gunakan di ruang kerja anda, tetapi tidak menutup kemungkinan jika anda ingin menerapkannya di interior rumah,

Saran saya sih, pilihlah warna yang memang keinginan anda. Oke, sobat, untuk anda yang ingin menggenjot pekerjaan anda di ruang kantor kamu, kamu bisa menerapkan warna-warna sebagai berikut:
 

#1. Warna Merah


Mengambarkan Api membara, yang memberikan gelora  dan kegembiraan dalam kegiatan kerja.
 
Warna merah dapat di gunakan untuk menambah semangat dalam bekerja karna dapat merangsang panca indra untuk lenyapkan perasaan galau dan gundah sehingga merasa senang dan happy.
 
Tapi, ingat untuk warna merah tidak disarankan menjadi warna dasar kamu bisa memadukan dengan warna lain, karna jika semua ruanganmu berwarna merah bukan membuat suasana senang tetapi malah menjadi tertekan, jadi usahakan menggunakan warna merah seperlunya saja.
 

#2. Warna Kuning


Warna Kuning di ibaratkan kehangatan mentari yang berfungsi merangsang dua indra yaitu syaraf dan metal, fungsi warna kuning juga berfungsi untuk meleyapkan perasaan sedih dan akan merasa gembira, ibarat mentari pagi yang menyinari bumi.
 
Warna kuning sangat cocok di gunakan di ruang-ruang gelap karna memiliki kesan yang terang sehingga tidak ada rasa takut dalam bekerja.
 

#3. Warna Biru


Warna adem, sebagai warna dari langit dan samudera yang mengambarkan  ketentraman dan keluwesan. Warna biru di gunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, karna dapat menimbulkan Susana dingin dan tenang, ibarat air dan langit yang biru.
 
Tetapi pemakaian yang telalu banyak dapat menimbulkan pengaruh yang tidak baik yaitu dapat menekan perasaan.

Nah, sekarang warna apa yang anda inginkan,  mungkin tergantung selera anda sendiri, jika anda ingin membuat ruang kerja anda terlihat lebih bagus dan adem, gabungkanlah ke 3 warna tersebut, atau dengan warna lain tetapi tidak meninggalkan ketiga unsur warna di atas.
 
TApi harus di ingat!
 
Dalam pemilihan warna harus berhati-hati dan seksama,  karna jika warna yang anda padukan tidak selaras atau warna yang fungsinya tidak sesuai dengan yang di inginkan.
 
Misalkan warna  kelabu/hitam yang membuat sesorang capat mengantuk, ini tidak cocok untuk ruang kerja. Ataupun warna yang terlalu mencolok yang menyebabkan perasaan tertekan dan akhirnya sakit kepala deh.
 
Untuk kawasan Indonesia yang memiliki iklim tropis sangat cocok jika di padukan dengan warna yang adem seperti hijau dan biru, karna akan memberikan nuansa yang sejuk.

#Nah, kenapa sih kita harus memperhatikan warna

Dengan kamu memperhatikan warna dalam aspek ruang kerja ataupun rumah kamu,  kamu akan memperoleh keuntungan sebagai berikut:
 

#a. Kantor akan terlihat menyenangkan dan menarik pemandangan

#b. Efesiensi kerja kamu dan dapat mendongkrak pruduktivitas kerja

#c. Mencegah kesilaun cahaya yang terlalu berlebihan dengan perpaduan warna dan cahaya yang pas

#d. Dapat memelihara semangat kerja, dan ketenangan dalam bekerja

#e, megurangi rasa tertekan dan membuat rasa lega dan plong para pegawai sehingga mengurangi tingkat strees dalam  bekerja


Mungkin sebagian orang tidak peduli dengan warna, tetapi kenapa anda tidak, mungkin hal kecil yang jarang di perhatikan bisa mendongkrak karir anda di kantor, tertapi sebenarnaya warna berfungsi untuk mengurangi rasa strees anda dalam bekerja, ibaratkan bahwa kantor itu  ruang kerja anda adalah ruamah kedua bagi anda.
 
Warna-warnikan hidupmu, semoga artikel berikut dapat membantu anda/menambah wawasan anda, samapai jumapa lagi.

Baca Juga: 


Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Perencanaan warna ruang kantor untuk efisiensi kerja (semangat, konsentrasi dan tenang)"

Berlangganan via Email