Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M)

5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M) - Ilmu adalah harta yang tak ternilai harganya, dengan sebuah ilmu kamu akan mendaptkan naungan cahaya hidup, dimanapun kemu berada maka kamu akan menjadi orang yang bisa berguna bagi orang lain, yaitu dengan sebuh ilmu.

Nah, untuk memperoleh sebuah ilmu kita tentu perlu belajar dengan baik, dengan cara bersekolah dengan sungguh-sungguh dan selalu menghargai guru.

Dalam artikel kali saya igin membahas tahapan-tahapan sebuah ilmu masuk ke dalam jiwa sesorang, bagiamanakah prosesnya, untuk lebih jelasnya sebagai berikut.
 

#5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M)

Setiap produk yang baik tentu melalui proses pembuatan yang baik juga, misalkan proses pembutan adonan kue mulai dari menyiapkan bahan-bahan, mengulenin adonan, hingga menjadi kue yang lezat.

5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M)
5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M)

Begitu juga dengan sebuah ilmu masuk ke dalam jiwa seseorang dan sesudahnya yang harus dilakukan. Semua itu melalui sebuah proses agar ilmu yang kita peroleh dari guru kita bisa bermanfaat buat kita sendiri bahkan untuk orang lain.

Apa saja itu? Yaitu melalui 5M, apa itu 5M? untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini.
 

#Membaca

Ilmu tidak akan mesuk dengan sendirinya kelam jiwa seseorang melainkan dengan proses belajar yaitu melaui dengan membaca. Dengan banyak membaca buku maka ilmu yang akan masuk juga akan banyak, jadi jika kamu ingin pintar banyak-banyak membaca buku ya?


Tahapan sebuah ilmu masuk kedalam jiwa seseorang melalui membaca
 
Tapi, apakah dengan memdengarkan juga bisa membuat kita menjadi tahu? Otomatis sebuah ilmu masuk dong ke dalam jiwa kita?

Sebuah ilmu masuk melalui 2 cara bisa dengan membaca bisa dengan mendengarkan, tapi pada akhirnya tetap di katagorikan dengan membaca, kenapa?

Karna kita mendapatkan informasi sebuah ilmu dari pendegaran, nah, maka otak kita akan membaca input suara tadi dan di terjemahkan oleh akal pikiran untuk di pahami, jadi mau memaca mau menderakan, tatap itu dikatagorikan membaca, cuman melalui 2 media yang berbeda yang satu melalui indara penglihatan dan yang lainya melalui pendegaran.
 

#Memahami

Nah, setelah ilmu itu masuk maka langkah kedua yaitu memahami ilmu tersebut dengan baik.

Apa yang kamu baca haruslah kamu pahami, tidak mesti banyak buku yang kamu baca tetapi seberapa besar pemahaman kamu terhadap apa yang kamu baca.

Jika kamu hanya membaca saja tetapi tidak mengetahui apa makna yang kamu baca, tentu terasa aneh, bukan?

Untuk itu Bacalah dan pahamilah

#menghapal

Tahapan ketiga sebuah ilmu setelah membaca > memahami, dan selanjutnya menghaplakan ilmu yang telah kamu peroleh.
 
Apa fungsi menghapal sebuah ilmu? 

Banyak sekali manfaat yang dapat kamu proleh dari menghapal ilmu diantaranya kamu dapat mengembakan kata-katamu menjadi lebih baik dan terarah

kamu lebih muda mengeluarkan bukti atau dalil yang kuat jika suatu hari kamu harus beragumen dengan orang lain yang membutuhkan pendapat dari para ahli, dalil hadis dan Al-qur-an yang memang tidak boleh dikarang-karang makna sesungguhnya.
 

#melaksanakan

Tahapan ke – 4 iyalah melaksanakan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari, inilah tahapan inti sebenarnya dari ilmu.

Contohnya seperti hari ini kamu mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara menjadi orang yang di selalu jujur, nah, tentu hal yang paling penting dari ilmu yang saya contohkan di atas adalah megamalkannya atau melaksanakanya.

Ilmu yang berkah itu adalah sebuah ilmu yang dilaksanakan dengan sebuah tindakan yang nyata bukan yang hanya ada di pikiran saja.
 

#menyampaikannya

Langkah terakhhir dari sebuah ilmu yaitu menyampaikannya. Sabagaimana hadist nabi Muhammad SAW, yaitu sampaikan sebuah ilmu walaupun satu ayat.

Nah, jika kamu sudah mempunyai ilmu yang bermanfaat untuk orang lain, maka sampaikanlah, semoga ilmu yang kamu peroleh mendapakan berkah dari allah SWT.

Nah itulah tahapan-tahapan memperoleh ilmu yang berkah, yang di singkat 5M.

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa membuat pemahaman dan dapat menambah wawasan kamu, sampai jumpa lagi di artikel lainya,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 tahapan sebuah ilmu yang benar agar berkah (5M)"

Berlangganan via Email