Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus

Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus - Pernah ingat tidak acara 17 agustus , yah tentu saja disi dengan acara-acara yang seru dan semangat patriotism bukan?.

Jika bernostagia sedikit, pasti kalian pernah ikutan lomba 17 agustus seperti makan kerupuk, bawa kelerang dalam sendok, hingga panjat pinang dengan hadiah yang lumayan gede.

Admin dulu penah ikutan lomba memasukan benang ke dalam lubang jarum tetapi hasilnya saya kalah talak, karna sangat sulit apalagi di tambah dengan cara memasukan benang ke dalam lubang jarum sambil berjalan ke garis finis yang sangat memecah konsentrasi saya.

Semakin maju jaman semakin kereativ pula pemikiran manusia.

Nah , dalam artikel kali ini admin ingin membahas tentang cara membuat alat mempermudah memasukan benang ke dalam lubang jarum dari bekas tutup minuman kaleng dan kawat halus.

Sebelum kita masuk ke proses  pembuatan mungkin kita cari intip dulu kenapa admin membuat alat ini, walaupun alat ini bukan ciptaan saya sih, tetapi punya orang yang lebih kreatif lagi , hehe

Dulu waktu sekolah SMK di daerah saya terdapat satu jurusan tatabusana, jurusan ini cukup lumayan siswanya dan peminatnya.

Jika berbicara tentang jurusan tata busana pasti tidak lepas dari kegiatan jahit-mejahit pakaian bukan ? ujung-ujungnya yah  lari pada memasukan benang ke lubang jarum.

Tak sengaja saya intip nih para cewek-cewek menjahit, tiba-tiba saya terheran-heran karna pada saat memasukan benang kedalam lubang jarum eh ternyata sangat mudah dan tidak perlu benang itu di jilat pakai lidah seperti pada umumnya.

Dari pada saya penasaran hingga ke bawa tidur mending saya tanyakan kejadian ini

Palui : adek, lagi ngapain ?

Diang : lagi ngejahik kak ?

Palui : ngejahit baju ya ?

Diang : idak  bego, ngejahit celana nih, gak lihat apa

Palui : (merasa malu, tetap semangat nih) oh, iya cuman bercanda, kirain kamu lagi menjahit hati kakak yang telah koyak 

Diang : jangan rebut ah ini lagi fokos nih, nanti celananya panjang sebelah

Palui : iya deh, abang gak rebut lagi, tetapi abang mau Tanya nih?

Diang : Tanya apa ?

Palui : waktu abang initp adik memasukkan benang ke lubang jarum mesin jahit kenapa sih mudah sekali, apakah adik pandai sulap?

Diang : jadi selama ini abang intip adik waktu lagi menjahit, pantes nilai sekolah abang turun drastic karna jarang di local, hemz ketahun batang hidungnya

Palui : (apes) bukan begitu, ceritanya panjang dek, tapi abang tidak bica ceritakan disini, nanti aja yah, tapi abang mau tahu dong rahasia cara memasukan benang ke jarum

Diang : oke, rahasianya kami para sisiwa tatabusana menggunakan alat mempermudah memasukan benang ke lubang jarum, soalnya ada sisiwa yang rabut sehingga sulit sekali memasukan benang ke dalam lubang jarum sehingga kami terinovasi ingin membuat alat ini, tetapi sebenarnya sudah ada yang buat di luar sana, alatnya bentuknya seperti in

Palui : keren adik, oh ini yah rahasinya kirain adik pandai sulap

Diang : sudah gi, pergi lagi ke kelas lonceng sudah bunyi tu, nanti telat masuk ke local akhirnya tegak lagi di lapangan, inikan membuat hati adik tersayat2

Palui : gombal, tumben kata-kata gitu, bilang aja mau ngusir

Diang : emang iya

Palui : ???#?#


Dari kisah di atas, kisah antara lucu dengan di harmonikan lulucun dan tingkah yang malu-malui kalau teringat dengan nostagia masa lalu rasa-rasanya gimana gitu.

Oke tampa memperpanjang lagi bagaimakah proses pembuatan si alat kecil ini, yuk kita initp ke TKP

#Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus, kecil bendanya besar manfaatnya


Dalam proses pembuatan alat kali ini cukuplah mudah tidak memerlukan waktu yang lama apalagi harus menunggu beberapa hari untuk menyelesaikan si alat ini.


Bahan yang digunakan juga cukup mudah, apa saja bahan dan alat pembuatan.

Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus
Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus


#alat dan bahan

  • Paku kecil kalau gak punya bisa peniti kalau gak punya juga bisa bros cewek kamu, kalau gak punya juga bisa jarum benang kalau gak punya juga bisa jarum pentul kalau gak punya juga mending gak usah buat, hehe becanda 
  • Tutup keleng bekas minuman
  • Kawat halus yang lentur mudah di tekuk dan tidak kaku

#proses pembuatan alat mempermudah memasukan ke dalam lubang jarum

Setelah alat tersedia dengan baik langkah selanjutnya yaitu merakit alat ini menjadi sempurna dan bisa di gunakan

#ambil kaleng bekas minuman, ambil bagian bulatnya, biasanya bagian yang di gunakan pada saat ingin membuka miniman keleng tersebut

#nah, setelah itu beri lubang dua buah pada bekas tutup keleng tersebut, bisa menggunakan jarum bros yang sudah di sediakan sebelumnya

Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus
Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus


#ambil kawat halus, tekuk kawat halus seperti sebuah pita

Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus
Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus


#nah, sekarang kamu tinggal masukkan kawat halus dengan bekas tutup keleng muniman yang telah di lubangi sebelmunya (2buah) dengan posisi menyilang sesuai dengan bentuk ujung kawat


Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus
Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus

#jadi deh alat ini, mudah kan cara membuatnya, hasilnya seperti gambar di atas

Untuk cara penggunaanya, akan saya demokan sebagai berikut;
 

#cara menggunakan alat mempermudah memasukan benang ke lubang jarum


Penggunaan alat ini cukup mudah dan semudah semudah cara membutnya, Langkah-langkahnya sebagai berikut:

#ambil jarum yang akan di masukan benang

#siapakan alat pemasuk lubang jarum

#masukkan kawat halus kedalam lubang jarum otomatis kawat akan menyusut dan melebar lagi setelah melati lubang jarum

#nah, masukan benang kedalam lubang kawat, selanjutnya tarik kawat dari lubang jarum maka otomatis benang akan ikut tertarik juga

#selesai

Nah, mudah bukan, kita tidak perlu repot-repot lagi memasukan benang kedalam lubung jarum tinggal buat alat ini saja.

Selain ramah lingkungan alat ini juga sebagai bentuk cara mengolah dampak sampah terhadap lingkunagan karna memanfaatkan barang yang tidak terpakai lagi supaya bisa di daur ulang.

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah kreativitas anda dan yang lebih penting lagi ramah lingkungan untuk menhindari damapak dari maraknya sampah yang sudah menjadi musuh bersama.

Sampai jumpa lagi, bye

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Cara membuat alat mempermudah memasukkan benang ke lubang jarum menggunakan tutup kaleng bekas dan kawat halus"

  1. fotonya kurang jelas kak, overall oke lah.. ngebantu bgt.. visit back hy kakak.. intantutorial.blogspot.com

    BalasHapus

Berlangganan via Email