Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel

Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel - Hari ini tidak bisa pergi bekerja karna sudah tiga hari tiga malam hujan tak kunjung teda, walaupun tidak lebat hanya sebuah tetes-tetesan air hujan, namun hawanya itu  yang menusuk sampai ketulang.

Tapi ada senangnya juga, kata pak bos hari libur, dari pada saya suntuk di rumah mending saya nonoto acara TV.


Seteelah asik menonton, tiba-tiba siaran acara hilang, mungkin ini pengaruh dari keadan cuaca yang menggangu aktivitas penagkapan sinyal.

Karna hari ini hari libur buat saya, saya ingin bener-bener menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan + ditambah cuaca yang sangat mendukung.

Karna pengen dengerin music melalui radio, saya putar deh radio saya yang sudah  usang, walaupun sudah tua tetapi masih tetap Berjaya.

Setelah di setel frekuensy yang benar sesuai di daerah satya 99fm, eh ternyata sinyalnya sangat lemah dan kurang sehingga bunyinya putus-putus.


Dari kejadian ini saya beinisiatif ingin membuat antena  penguat sinyal radio hanya menggunakan satu kabel.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin memberikan sedikit pengetahuan yang sederhana, tetapi bisa bermanfaat buat agan pecinta radio yang gak mau beli radio baru, hehe.
Sebelum ke proses pembuatan saya ingin menerangkan sedikit tentang cara kerja penguat sinyal ini. Yuk ke TKP

#cara kerja penguat sinyal radio dengan satu kabel


Jika berbicara tentang penguat sinyal kita tidak akan lepas dengan antena, bagaimana sih kerja sebuah antena yaitu terdiri dari 2 gelombang yaitu gelombang listrik dan gelombang magnet.

contoh dari gelombang listrik adalah seperti sinyal hp, sinyal tv, sinyal radio, dan jenis sinyal lainya termasuk sinyal untuk menembak kekasih hati, hehe

kenapa kita tidak boleh melekkan smarphone didada atau saat bertelepon tidak boleh meletakkan di telinga, nah dari penjelasan di atas dapat dipahami karna gelombang listrik tidak stabil sehingga sangat buruk untuk kesehatan tubuh, jangankan tubuh alat elektronik saja jika keadaan listrik tidak stabil.

jenis gelobang listrik merupakan gelombang yang tidak stabil kadang naik kadang turun tergantuk kemampun penangkap sinyal dan keadaan cuaca.

nah, dari sini dapat disimpulkan kenapa sinyal radio saya hilang karna cuaca yang tidak mendukung.

beda dengan gelombang magenet, contoh dari gelombang magnet ya, seperti magnet menarik besi.

gelombang magnet terdiri dari dua kutup ada kutup utara dan ada kutup selatan, jika kedua kutup ini bersatu maka terjadi proses tarik menarik atau tolak meonolak, ingat bukan pelajaran lagi sekolah dulu, hehe kalau gak salah sih kayak gitu.

dari kejadian ini dapat di katahui juga bahwa setiap gelombang itu berbeda beda sehingga saluran radio di derah saya dengan derah anda beda.

nah sekarang kita bahas mengenai antena lagi, oke jika terjadi perubahan medan listrik maka terjadi medan magnet.
nah untuk dapat menarik medan listrik (sinyal) kita perlu medan magnet?

gimana cara buat medan magnet?
yaitu kita mengaliri sebuah logam dengan medan listrik yang dihasilkan oleh medan listrik.

jadi cara kerja dalam trik admin kali ini yaitu menambah jarak ketinggian antena, kekuatan medan magenet dan menangkap area sinyal dalam radius yang jaiuh.

caranya cukup mudah, dan simpel tidak perlu ambil pusing apalagi beli radio baru, hehe, 

beda radio beda rasa, beda frekuesy beda juga suaranya.

#cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel


Nah, lantas bagaimana cara membuat antena penguat sinyal ini.

sebelum itu siapakan terlebih dahulu alat dan bahannya.

#alat dan bahan

  • paku
  • kabel dengan tembaga yang besar
  • radio bekas (masih berfungsi)

#Proses pembuatan


#1. siapakan radio yang akan di pasangkan antena penguat sinyal, nah jika masih ada antena yang panjangnya, kamu menggunakan itu jika tidak ada saya menggunakan kebel yang sudah saya pasang funsinya seperti antena pada umumnya

Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel
Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel


#2. sambungkan antena dengan kebel yang panjang, lilitkan kebel tembaga dengan antena

Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel
Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel


#Setelah itu lilitkan ujung tembaga kebel dengan paku yang telah di siapakan sebelumya

#nah, tinggal pasang deh lagi di tempat yang tinggi yang pas frekuansi radio yang kamu cari

#proses selesai

Nah, mudah bukan, gak pakai ribet gak pakai lama, semua masalah bisa teratasi dengan cepat jika mau usaha dan tampa sebuah mimfi yang gak ada hanya angan belaka.

kok jadi berpuisi, hehe, oke sobat sampai disini dulu ya, karna hari ini cuaca sangat di ingin, ibarat kata seperti dikutup utara.

jika agan-agan kurang paham dengan penjelasan yang saya berikan kamu bisa berkomtar di kotak yang telah di sedikan oleh blogger.

sampai jumpa lagi, bye.
  
Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

3 komentar untuk "Cara membuat antena penguat sinyal radio dengan satu kabel dan paku mudah dan simpel"

  1. hm..boleh juga tuh Gan idenya kadang yang simpel malah gak kepikir.

    BalasHapus
  2. jika antenya di tinggikan makin wuss gan, selamat mencoba

    BalasHapus
  3. Untuk radio digital bisa gak nih

    BalasHapus

Berlangganan via Email