Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#cara membuat keputusan suatu masalah dengan benar melalui analisis SWOT : belajar berwirausaha

#cara membuat keputusan suatu masalah dengan benar melalui analisis SWOT : belajar berwirausaha - Pernahkah kamu mengalami rasa sulit untuk mengambil sebuah keputusan ?
Jika bicara mengenai keputusan pasti tidak lepas dengan kawannya yaitu sebuah masalah yang harus di selesaikan dan harus segera di ambil sebuah keputusan.


Pengembilan keputusan merupakan sebuah keterampilan yang harus di miliki seorang wirausaha.
 
Kemampuan yang dapat mengemplementasikan satu pola pikir yang bersifat proatif . maksudnya yaitu kita tahu bukan di abad pasar global saat ini, apalagi di tahun 2016 sudah menerapkan pasar bebas asean yan g setiap harinya selalu mengalami persaingan dan gejolak yang tidak pasti dan tidak dapat di tebak.

Untuk para pengusaha harus dapat mengupdate kemapuannya dalam mengambil sebuah keputusan yang matang.

Oleh karena itu dapat di patikan bahwa keterampilan pengambilan sebuah keputusan sangat jauh di perluakn untuk masa sekarang ketimbang dengan keterampilan lainya.

Jadi dapat di simpulkan bahwa sebuah keterampilan seorang wirausaha haruslah selalu terus berkembang tampa ada batasnya dari reaktif menjadi proaktif.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas sedikit tentang #cara membuat sebuah keputusan dengan baik dan benar sehingga terciptalah hasil yang baik juga. Apa saja itu?

Sebelum megambil sebuah keputusan tentu di awali sebuah problem bukan, keputusan tidak akan di buat sebuah ada masalah atau suatu hal yang harus segera di putuskan.

Untuk itu perlu terlebih dahulu mengenal apa itu masalah

#masalah, cara menyelesaikan masalah dengan baik dan terarah


Masalah merupakan hambatan yang selalu ada dalam usaha untuk mencapai tujuan usahanya.

Masalah juga merupakan problem yang belum tahu cara penyelesainnya sehingga diperluakan pemikiran yang matang untuk menyelesaikannya dan itu perlu waktu yang cukup.


#cara membuat keputusan suatu masalah dengan benar melalui analisis SWOT : belajar berwirausaha
#cara membuat keputusan suatu masalah dengan benar melalui analisis SWOT : belajar berwirausaha

Bagaimana cara menyelesaiakan masalah yang benar?

#merumuskan tujuan untuk apa permasalahan ini di selesaikan baik untuk diri sendiri hingga orang lain

#jika kamu sudah mengetahui tujuanya, langkah selanjutnya yaitu merumuskan permasalahan yang ada.

#permasalahan yang telah di rumuskan, maka harus dibutuhkan subjek pendukung yaitu mengumpulkan fakta-fakta objektif dari masalah tersebut baik dari yang kamu dapatkan dari hasil pemikiran sendiri atau dari pendapat orang lain

#nah, setelah data-data tersebut telah terasa cukup, langkah selanjutnya yaitu mengolahnya dengan baik, dan cermat.

#dalam proses pemilahan penyelesaian masalah tentu banyak sesali jalan yang harus di ambil akan tetapi kamu harus memilih jalan yang benar-benar dirasa paling tepat, bisa menguntungkan perusahaan, diri sendiri, hingga orang lain.

#nah, sekarang permasalah sudah memiliki sebuah keputusan, langakah terakhir yantu kamu harus meyakinkan gagasan tersebut dan melaksanakannya biak secara lisan hingga secara langsung dengan perbuatan.

Sahabat usaha, gimana kamu tidak perlu takud lagi dengan sebuah masalah bukan? Dalam proses pemecahan masalah terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan sebuah keputusan diantaranya:

#faktor psikologis


Jika berbicara dengan ini tentu saja akan berhubungan dengan masalah psikologis atau kejiawaan seseorang. Nah dalam penyelesaian sebuah masalah faktor ini sangat mempengaruhi dalam proses pengambilan keputusan sebab jika suasan hatimu sendang galau atupun marah mungkin hasil yang pikirkan tidaklah sebaik yang di harapkan,  ada juga yang di sebabkan oleh kecemasan, ambisi dan intuisi.

Sebagai manusia yang selalu tidak pernah bisa tetap suasana hatinya, tentu saja ini memang suatu yang wajar akan tetapi kamu harus tetap bisa mengontrol keadaan jiwa kamu sebelum menyelesaikan suatu masalah, jika keadaan kamu sedang tidak merasa nyaman, sebaiknya kamu menenangkan diri, atau berdoa kepada tuhan untuk dimudahkan menghadapainya.

 

#faktor lingkungan


Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap keputusan yang akan di buat.  Faktor lingkungan meliputi faktor lingkungan kerja, masyarakat, dan lingkungan budaya.

#faktor pendidikan dan sumber daya 

Pendidikan yang tinggi maka intelegen seseorangpun akan lebih baik, pendidikan juga faktor yang sangant mempengaruhi dalam proses pemcahan masalah. Begitu juga dengan sumber daya.

Masih banyak lagi faktor-faktor yang lain yang berhubungan dengan pemecahan masalah, disini saya hanya merangkumnya menjadi lebih konflek saja.

Oke sobat usaha dimanapun berda, setelah kamu sudah mampu menyelesaikan suatu masalah dan sudah tahu faktor-faktor yang mempengaruhinya selanjutnya kita masuk ke pembahasan initi dari artikel kali ini yaitu MEMBUAT SEBUAH KEPUTUSAN

#pengambilan keputusan, cara mengambil keputusan yang tepat dan terarah

Membuat keputusan ialah suatu yang pas yang tepat yang bisa di meyelesaikan masalah memilih alternatif terntentu dari beberapa pilihan yang telah dipikirkan.

Sebenarnya pengambilan keputusan dengan pemecahan masalah yang telah saya jelasakan di atas tidak jauh beda akan tetapi ada penambahan sedikit untuk pengambilan keputusan yakni subuah analisin yang lebih matang.
Nah, dari pada banyak kinclong yah, langsung saja.

#langkah awal yaitu mengedintifikasi masalah yang ada, langakah-langkahnya sesuai dengan cara yang telah di jelaskan di atas sebelumnya.

#setelah itu mencari alternative dari masalah tersebut, dan meilih cara yang telah di tentukan dengan benar-benar sudah di pikirkan

#melaksanakanya alternative yang telah dipilih

#nah, disinilah penambahannya yaitu setelah melaksanakan segala keputusan yang telah di ambil, tentu saja kamu harus tetap mengevaluasi dari keputusan tersebut apakan sudah berjalan dengan baik ataukah gagal.

#Analisis SWOT


Penahkan kamu mendengar analisis swot, untuk para pengusaha atau calon usaha muda tentu saja hal ini haruslah kamu kuasai.

Analisis swot merupakan analasis yang sagat baik dalam pengambilan sebuah keputusan.

Jika dalam pengambilan sebuah keputusan, tentu saja hal yang paling sulit untuk di selesaiakan yaitu mentapak alternarif yang mana akan di pakai.

Nah dengan analisis swor kamu tidak perlu khawatir lagi karna itu tidak akan menjadi masalah lagi bagi kamu.

Oke, langsung saja yang sobat usaha.

#pengertian analisis swot


Analisis swot ialah penganalisisan masalah dengan cara menganalisis atas kekuatan dan kelemahan dan menganalisis peluang dari ancaman dan tantangan.

Jadi intinya analisis swot yaitu:

S : kekuatan : keuntungan yang di dapat dari hasil pengumpulan data/riset

W : kesulitan dan masalah

O : Kesempatan : apakah keputusan ini memiliki peluang dari hasil uji coba yang telah dilakukan

T : Ancaman : dampak yang dapat terjadi dari hasil keputusan
nah, sekarang kamu langsung saja praktekin cara menganalis SWOT, dengan menggunakan tahap-tahapan berikut ini:

#langkah pertama


Jika dalam proses pemecahan masalah dan proses pengambilan keputusan tentu akan melalui tahan pengumpulan data melalui riset bukan?

Nah untuk dapat menganalisis SWOT kamu harus memahami secara detail tentang masalah tersebut dengan lebih rinci lagi, agat dapat menentukan alternative tujuan yang akan diputuskan.

#langkah kedua


Jika kamu sudah menentukan 1 tujuan utama sekarang kamu analisis dengan SWOT, yaitu:

  • Kekuatan dalam masalah tersebut
  • Kelemahan yang ada dalam masalah tersebut
  • Peluang yang ada dalam masalah tersebut
  • Hingga hambatan dan ancaman yang ada dalam masalah tersebut

Selesai deh tentang pembahasan pengambilan keputusan dalam usaha, jika kamu ingin memiliki usaha yang maju kamu harus bisa membuat keputusan yang bijak dan untung juga, ibaratnya untung-untungan lah.

Semoga usaha yang di rintis makin maju dan sukses yah, sampai jumpa lagi di artikel tentang belajar berwirausaha. Bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "#cara membuat keputusan suatu masalah dengan benar melalui analisis SWOT : belajar berwirausaha"

Berlangganan via Email