Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna

10 Tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna - Handphone adalah salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Tiap hari handphone selalu berubah dan berupdate terus menurus, hal inilah yang menyebabkan seseoran gila menggunakan handpone.


10 Tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna
10 Tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna

Akhirnya selalu ingin mengganti handpone lama dengan handpone baru, hal ini wajar-wajar saja, tetapi perlu di ingat harus sesuai dengan kebutuhan dan fungsi.

Lantas apa yang harus di lakukan dengan handpone lama, apakah dibiarkan begitu saja, jangan sobat, kamu bisa memanfaatkan handphone bekas menjadi barang yang sangat diperlukan.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang 10 tips memanfaakan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna, bagaimanakah caranya, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

#10 tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna

Salah satu sifat manusia adalah menyukai hal baru dan melupakan hal lama, seperti kecang lupa pada kulitnya.

Nah, jangan kamu lakukan ya, sifat seperti ini, karna tidak baik, hal ini juga berlaku pada handphone lamamu, apakah masih bisa digunakan menjadi barang yang sangat dibutuhkan. Kamu bisa lakukan 10  tips sederhana sebagai berikut
 

#1. sebagai handphone yang berfungsi untuk SMS/Telpon

Untuk abad ini para pengguna handpone sudah beralih menggunakan handphone pintar atau yang kita sebut smarphone.
Fungsi yang paling banyak dimanfaatkan yaitu hanya berfusat pada layanan dunia maya seperti :
  • Sosial media
  • Chattingan
  • BBM
  • Vidoo call
  • Browsing
  • Berfhoto
Sedangkan untuk kebiasaan lama seperti SMS dan telpon melalui media pulsa sudah jarang digunakan kecuali masyarakat awam atau orang-orang tua zaman dulu.

Itu sebabnya kenapa seluruh kartu di Indonesia lagi gencar-gencarnya menawarkan paket internet kepada konsumen walaupun dapat kita ketahu harganya masih cukup mahal.

Nah, untuk kamu yang beralih menggunakan HP smarphone kamu bisa memanfaatkan handphone lama kamu sebagai sarana yang hanya di fokuskan untuk SMS dan telpon sedangkan untuk smarphone berfungsi untuk yang telah saya sebutkan di atas.
 

#2. Di jadikan telpon rumah

Kamu tidak mempunyai telpon rumah, kamu bisa memanfaatkan handphone bekas mejadi telepon rumah kamu, jadi setiap ada masalah yang berhubungan dengan keluarga- rumah dan berita terbaru yang harus disampaikan ke rumah, kamu bisa menghubungi atau sms ke handphone bekas yang ada.
 

#3. di jadikan handpohe adventure (petualangan)

Hal lain yang dapat kamu lakukan dengan handphone bekas yaitu dijadikan handphone adventure, soalnya pasti kamu sayang bukan dengan smarpone barumu yang takut lecet apalagi dibawa berpetualang di alam bebas.

Jika kamu hobi menjelajahi alam, naik gunung turun gunung, camping dan sebaginya, kamu bisa memanfaatkan handphone bekas mejadi saran komunikasimu.
 

#4. di jadikan alaram rumah anti maling

Nah, cara kreatif yang dapat kamu manfaatkan dari handpone bekas adalah merubahnya menjadi alaram rumah anti maling yang sungguh canggih tetapi mudah membuatnya.

Jika kamu ingin membuat alaram rumah anti maling dari handphone bekas kamu bisa baca disini:

#5. Untuk MP3  dan media music

Admin sendiri cara memanfaatkan handpone bekas sebagai sarana yang berfokus untuk fungsi MP3 saja.

Bisa dengan cara mendengarkan langsung atau menghubungakannya dengan pengeras suara.

 #6. Di jual di forum jual beli

Jika kamu ingin menambah biaya membeli handpone baru atau sekedar menambah uang jajan dan merasa handphone lama tidak berfungsi lagi, tidak salahnya kamu menjual handphone kamu bisa di OLX atau buka lapak dll
 

#7. Di jadikan bahan tukar tambah dengan handphone baru

Jika kamu memang kekurangan uang untuk membeli handphone baru, sedangkan handphone pada gak laku di jual di forum jual beli online.

Nah, kamu bisa memanfaatkan handphone bekas di jadikan tambahan untuk barter dengan handphohe baru. Lumayan untuk irit dikit
 

#8. Dijadikan bahan baku untuk memperbaiki handphone lain

Jika kamu seorang repair handphone atau ahli service handphone tentu saja kamu bisa memanfaatkan alat-alat atau bagian-bagian handphone bekas untuk memperbaiki handphone lain yang jauh lebih penting.

Kita ambil contoh saja misalkan handphone A rusak pada bagian sinyal, sendangkan handphone lama (B)  tidak bisa hidup lagi,nah kamu bisa menggabungkan bagian jaringan handphone lama (B) dengan handphone A.
 

#9. Dijadikan handphone darurat

Salah satu cara yang dapat kamu manfaatkan dari handphone bekas adalah dijadikan handphone darurat. Fungsi dari handphone darurat hanya saat darura saja.

Sebagai contoh: pada saat mobil mogok atau ban motor sedangkan handphone utama mati, nah pada saat itulah handphone lama dapat digunakan .

Perlu di ingat bahwa handpone lama selalu di letakkan pada kendaraan anda, jika di motor letakkan pada jok motor, jika di mobil letakkan pada box mobil.

Perlu di ingat juga bahwa handphone darurat hanya di hidupkan pada saat darurat saja sedangkan pada saat tidak digunakan handphone dimatikan untuk menghidari handphone kahabisan daya batrai.
 

#10. Di berikan ke taman dekat/pacar

Jadilah orang yang dermawan dan baik hati, tidak ada salahnya kamu memberikan keteman baik kamu atau pacar tersayang. Lagian kamu juga tidak terlalu membutuhkan handpone itu.

Nah, sekarang kamu sedah tahu bukan 10 Tips memanfaakan handpone bekas menjadi bermanfaat dan berguna.

Barang bekas yang tidak terpakai apabila digunakan secara maksimal pasti mendatangkan banyak manfaat buat kita dan orang lain.Sampai jumpa lagi pada artikel unik lainya,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "10 Tips memanfaatkan handphone bekas menjadi bermanfaat dan berguna "

Berlangganan via Email