Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 cara merawat key shutter motor dan mobil agar tidak mudah lost

6 cara merawat key shutter motor dan mobil agar tidak mudah lost - key shutter adalah salah satu bagian motor yang berfungsi untuk on – off pada kendaraan baik itu motor atau mobil.

key shutter berfungsi untuk menyalakan motor dan mobil dengan menggunakan kunci sebelum di starter.

Hari ini saya mendapatkan pengalaman yang menarik seputar key shutter  hal ini  yang saya dapatkan dari teman saya pada saat pulang sekolah. Ceritanya gini gan.

Hari ini di daerah saya cuaca gerimis, cuaca sangat tidak mendukung untuk melaksanakan aktivitas, tetapi karna niat saya pengen belajar, saya usahakan berangkat dari rumah menuju kesekolah dengan kendaraan motor, pakai jeket anti hujan.

Singkat cerita jam pulangpun telah tiba, akhirnya saya dan teman saya bergegas untuk  pulang, eh, teman saya tiba-tiba memanggil saya
 
Mahaldi : syam pinjam kuci motor lu!
 
Syamsul : emang kenapa jox?
 
Mahaldi : kunci motor saya hilang, habis jatuh dari motor
 
Syamsul : key shutter motor kamu lost ya?
 
Mahaldi : iya nih, tadi saya lupa untuk menggantung kunci motor saya pada sisi motor, karna terdesak dengan hujan yang deras, akibatnya kunci motor saya jatuh deh.
 
Syamsul : waduh, gimana dong nih, gimana cara kamu bisa menghidupkan motor kamu jika kuncinya bebrapa lama
 
Mahladi : berusaha mencari akan pada motor
 
Syamsul : lakuin apa jox?
 
Mahaldi : ni, lagi berusaha mencari kebel starter biar bisa dinylakan lewat kabel

Syamsul : saya cuman diam aja, tiba – tiba motor dapat menyala, hebat juga nih teman saya, kayak maling professional, hehe.

Akhirnya dari kejadian ini dia agar sedikit hati-hati karna key shutter motor si mahaldi sudah lost.

Apa penyebab key shutter motor bisa lost? Bagaiman cara merawatnya?

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang 6 cara merawat swis motor dan mobil agat tidak mudah lost, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#7 cara merawat key shutter  motor dan mobil agat tidak mudah lost

key shutter motor memang sangat mudah lost apabila tidak dirawat dengan baik, langakah yang dapat dilakukan adalah memperbaikinya ke service motor


6 cara merawat key shutter motor dan mobil agar tidak mudah lost
6 cara merawat key shutter motor dan mobil agar tidak mudah lost

Akan tetapi sebenarnya lost pada swis motor dapat dihindari apabila kamu tahu cara penggunaanya dan apa saja yang harus dihindari, kamu bisa lakukan 6 tips sederhana ini untuk menghidari key shuttter motor agar tidak mudah lost, caranya sebagai berikut.
 

#1. Jangan sering menyalakan motor mati hidup – mati hidup

Kadang-kadang kita sering sekali manyalakan motor dan mematikanya lalu menyalakannya kembali. Hal ini sangat tidak di anjurkan sebab swis motor lost. Jika tidak perlu untuk dimatikan, biarkan motor tetap keadan menyala.

Contohnay seperti kejadian berikut misalkan kamu sedang menunggu temanmu yang sedang membeli pena di toko, sedangkan kamu menunggu di motor, tidak perlu dimatikan, sebab kamu hanya perlu menungu 1 menit.
 

#2. pastikan kunci keadaan bersih, tidak ber-air atau kotor

Pastikan pada saat kamu memasukan kunci ke lubang swis pastikan keadaan kunci bersih, tidak ada kotoran seperti tanah atau sejenis air asin.

Artikel terkait lainya :#8 Cara menghemat bensin pada kendaraan bermotor,mobil dan lain-lain (Hemat bensin dan biaya)

Hal ini dikarenakan bagian dalam swis motor bisa menajadi berkarat.
 

#3. kunci key shutter motor dengan lock on

Untuk jenis motor sekarang pasti sudah memiliki system pengamanan pada key shutter atau istilahnya lock on.

Pastikan jika kamu memarkirkan motor di tempat umum, usahakan lock on pada key shutter digunakan, sebab kadang-kadang banyak ulah pengguna lain yang usil misalkan memasukan kayu atau benda lain pada key shutter
 

#4. Jangan mencoba dengan kunci yang tidak cocok dengan jenis motor

Kunci motor yang tidak sesuai dengan key shutter apabila di paksakan pada motor dapat menyebabkan kelonggaran besi bagian dalam swis. Akibatanya key shutter  motor mengalami lost
 

#5. Jangan biasakan kunci stang ditempat yang tidak seharusnya

Kunci sangatlah dianjurkan karna maraknya pencurian kendaraan bermotor, akan tetapi  gunakanlah pada tempatnya, misalkan gunakan saja jika kamu memarkirkan motor di tempat umum, jangan biasakan gunakan di rumah apalagi di bagasi, keseraingan melakukan kunci stang dapat memicu lost pada key shutter 

#6. Jangan menggunakan gantungan kunci yang berat

Gantungan kunci sangatlah diperlukan karna bentuk kunci yang kecil sangat sulit ditemukan apabila tercecer atau anda lupa meletakkanya.

Di langakah terakhir inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh orang banyak yaitu memakai gantungan kunci yang sangat berat bahkan ada yang terbuat dari besi.

Hal inilah yang menajadi penyumbang paling besar dari lostnya key shutter pada motor.

Jadi, jika gantungan kunci kamu memang terlihat agak berat gantilah segera kamu bisa gunakan model gantungan kunci yang berasal dari kain atau dari plastic seperti model per yang panjang.

nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 6 cara merawat key shutter motor dan mobil agat tidak mudah lost

key shutter memang sangat jarang sekali di perhatikan bagi pengguna kendaraan bermotor atau mobil akan tetapi apabila bagin key shutter tidak berfungsi dengan baik, tentu saja motor tidak bisa dinyalakan.

untuk menghindari lostnya pada key shutter kamu bisa menerapkan 6 tips di atas. sampai jumpa lagi pada artikel teknologi lainya.bye.

Bac juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "6 cara merawat key shutter motor dan mobil agar tidak mudah lost"

Berlangganan via Email