Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau aksi demo masal

7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau aksi demo masal - Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan(“PP 80/2012")
 
Beberapa hari yang lalu saya tertangkap razia kendaraan bermotor karna saya tidak mematuhi cara berlalu lintas dengan baik, masalah yang saya alami karna saya belum mempunyai SIM.

Kejadiannya terjadi pada pagi hari, tepatnya pada hari selasa saya ingin pergi ke sokolah dengan kendaraan bermotor saya, sesampai di persimpangan saya stop di rumah teman saya, dia mau ikut saya pergi ke sekolah.

Karana pada saat itu teman saya belum pada siap, akhirnya saya harus menunggu bebarapa menit.

Singkat carita ketika taman saya ini sudah siap, kamipun berangkat dengan legowonya dengan kecepatan 40 km per jam. Akhirnya kamipun masuk ke perkotaan di daerah saya.



7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau aksi demo masal
7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau aksi demo masal

Pertama tanda-tanda mengganjal  perasaan tidak mengenakanpun mulai terasa, pada saat memasuki pintu gerbang kota, situasi jalan cukup aneh, lalu lalang kendaraan sedikit sepi, dan pada saat itu ada banyak anggota DISHUB kalau gak salah, yang lagi menertibkan jalan dan ada agenda acara imunisasi polio buat anak-anak balita.

Lanjut cerita sampailah di persimpangan lampu merah, gejala keduapun mulai terasa, yaitu tidak ada polisi yang berjaga di pos lampu merah kuning dan hijau.

Karna saya menggangap hal ini tidak jadi masalah saya terus melanjutkan perjalanan saya yang mulai cepat karna jam sudah menunjukkan waktunya belajar,mungkin sudah dikatagorikan telah telat, (moga-moga pintu gerbang sekolah tidak di tutup).

Pada saat kami melewati jembatan, entah setan apa yang merasuki jiwa saya,  saya asik-asik ngobrol sama teman saya ini, tanpa menyadari polisi berada di depan mata.

Sekitar 10 meter dari tempat kejadian saya baru menyadari hal tersebut, teman saya bilang ke saya cepat putar – cepat putar, saya bilang polisinya sudah manggil jadi saya harus kesana, taman saya hanya tepuk jidad, saya mah gitu orangnya kalau saya salah saya harus betanggung jawab, kenapa gak buat SIM? Akhirnya dengan terpaksa motor saya ditilanng, soalnya saya juga lupa bawa STNK, haduh parah men.

Akhir cerita saya dan teman saya pergi sekolah dengan berjalan kaki. Nah, dari kejadian ini saya sudah kapok bener gak buat SIM dan tidak membawa STNK, bapak polisi menceramahi saya.

“jadilah pelopor berlalu lintas"

Kita kembali ketopik pembahasan tentang 7 Tanda – tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan.

Saya menemukan tips ini ketika kejadian ini, hal ini tentu saya analisis langsung dari lapangan dan pengalaman pribadi.

Artikel kali bukan bermaksud mengajarkan tentang tindakan yang tidak baik akan tetapi hanyalah sebuh candaan dan gurawan saya agar jika kamu merasakan gejala-gejala tanda- tanda yang akan saya sampaikan otomtis disitu sendang ada razia walaupun tidak menutup kemungkinan bisa tidak ada.

Nah, bagaimanakah 7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan, untuk mengetahui lebih lanjut, simak uraian berikut ini.
 

#7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan

Kata gejala/tanda-tanda adalah suatu hal yang akan memberikan sinyal atau peringatan bahwa sedang terjadi Sesuatu.

Pirasat adalah perasaan hati yang gelisah dan tidak mengenakan yang membayangi diri karna takud tejadi yang dipikirkan.

Jika kudua hal ini digabungkan yaitu antara tanda-tanda degan pirasat dapat dikatakan hal itu bisa benar-benar terjadi.

Nah,sama halnya dengan yang akan saya bahas dalam artikel kali ini, tentang gejal-gejala terjadinya razia dijalan raya atua tawuran masal, apa saja itu untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 
#1. Jalan lalu lintas sepi padahal jam kerja tau hari kerja
Tanda-tanda yang pertama ketika jalan sedang ada razia adalah jalan utama terlihat sepi  padahal  pada saat itu adalah hari dimana orang – orang pergi bekerja contohnya seperti hari senin.

Gejala awalnya dapat kamu rasakan yaitu dimana  jalan utama sangatlah sepi dari lalu lalang kendaraan bemotor atau mobil  dan terlihat aneh dari pada hari-hari biasanya.
 
#2. Banyak kendaraan yang lewat dari jalan alternative ketimbang jalan utama
Tanda-tanda yang ke-2 yang dapat kamu lihat adalah banyaknya kendaraan bermotor atau mobil dan lain-lain yang lewat melalui jalur alternative ketimbang melalui jalar utama, padahal kita sudah tahu bahwa jika melalui jalur alternative perjalanan akan membutuhkan waktu yang lama
 
#3. Banyak kendaraan yang keluar di jalan alternative ketimbang dari jalur utama
Kebalikan dari tanda-tanda nomor 2 , yaitu selain pengguna jalan banyak melewati jalur alternative , orang –orang juga banyak yang keluar dari jalur alternative ketimbang jalan utama , hal inilah meyebabkan tanda pertama terjadi yaitu jalan utama terlihat sepi dari pada hari biasanya.
 
#4. Banyak kendaraan yang stop di pinggir jalan
Tanda yang ke-4 adalah banyaknya pengguna jalan yang stop di pinggir jalan , padahal disaat itu tidak ada acara atau hal lain yang dapat mengundang pengguna jalan untuk stop.

Artikel terkait lainnya : 8 Tips bertransaksi yang aman saat membeli produk secara langsung (offline) tetapi melalui internet

Jika hal yang tidak wajar ini terlihat bagi anda, kamu bisa bertanya ke salah satu pengguna jalan untuk mengetahui sedang apa yang tarjadi, bisa  saja di depan sana sedang terjadi tawuran atau aksi demo yang sangat berbahaya jika mendekat
 
#5. Sepinya penjagaan police di pos penjaga
Tanda yang kelima adalah sepinya pos pada area jaganya, hal ini bisa kamu amati pada area peritikungan atau pada area lampu merah.
 
#6. Banyak kendaraan yang memutar balik arah
Tanda ke-6 yang dapat kamu amati adalah biasanya ketika terjadi razia para pengguna kendaraan yang tidak membawa SIM atau helm pasti akan memutar balik kendaraan jika pada kejauhan sudah melihat penjagaan.

Nah, jika satu- dua- tiga orang hal ini wajar-wajar saja namun jika sudah dirasa aneh, maka hal itu bisa termasuk dari gejala sedang ada razia didepan sana.
 
#7. Banyak pejalan kaki yang lewat tetapi menggunakan helm
Tanda-tanda yang terakhir adalah ada sebagian orang yang lewat di trutowar jalan dengan menggunakan helm, bisa lebih dari 2 hingga 10 orang, jika kamu melihat hal ini bisa jadi depan anda sedang ada razia kendaraan. Hal ini dikarenakan mungkin saja motor dari orang-orang yang berjalan itu sudah di sita karna tidak membawa SIM atau STNK atau tidak memakai helm.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau demo masal.

Apapun yang terjadi di jalan raya sebenarnya kita harus mematuhi tata tertib berlalu lintas yang baik dan benar, banyak sekali aturan- aturan yang harus dipatuhi mulai dari harus membawa STNK , SIM , memakai helm, tidak menggunakan kendaraan untuk ugal-ugalan dan lain sebagainya

Jika kita mematahui itu kenapa harus menghidar dari razia, lagian toh razia itukan bertugas untuk menertibkan para pengguna jalan yang tidak mematuhi tata cara berlalu lintas yang benar, ingatlah slogan ini.

“jadilah pelopor berlalu lintas”

Semoga artikel yang singakat ini dapat dijadikan sebuah pengetahuan baru buat kamu, sampai jumpa lagi pada artikel yang unik lainnya,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 Tanda bahwa di jalan raya sedang ada razia kendaraan atau aksi demo masal"

Berlangganan via Email