Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar dan tablet

8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar - Peralatan masukan (input) adalah media untuk masukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.

Salah satu alat masukan yang paling trendi untuk masa sekarang yaitu touch screen.


8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar dan tablet
8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar dan tablet

Touch screen adalah salah satu alat masukkan yang digunakan dengan menyentuh jari pada menu bagian lapisan kaca sehingga perintah yang kita inginkan akan diperoses oleh mesin utama.

Touch screen sangan banyak kita jumpai pada masa sekarang yaitu penggunaanya pada smarphone dan jenis ponsel pintar lainnya.

Touch screen memang sangat cocok digunakan di ponsel pintar  dan tablet karna  bentuknya yang mini sehingga jika dipadukan degan alat input Touch screen maka akan memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Touch screen sangat rentan sekali tergores dan pecah apabila terkena benturan yang keras, namun para mekanik teknologi terus menggembangkan jenis-jenis layar sentuh yang super canggih yang tahan akan benturan dan mampu menahan dari segala goresan.

Namun, tentu dapat kita maklumi bahwa untuk jenis ponsel pintar yang menggunakan layar sentuh berbahan anti gores super keren tentu haraganya di atas rata-rata.

Bagaimana jenis dari layar ponsel pintarmu? Untuk jenis standar layar sentuh itu bagus yaitu minimal harus mampu seperti gorilla glass, jika di bawah itu mungkin kamu harus melakukan perawat ekstra agar tetap bagus dan mulus.

Nah, bagi anda yang ingin menjaga Touch screen ponsel pintar agar bisa tetap bagus dan mulus, kamu bisa lakukan tips-tips sederhana dibawah ini.
 

#8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar

Merawat lebih baik dari pada mengobati, sama halnya dengan Touch screen, apabila sudah mengalami goresan dan pecah tentu tidak akan bisa di kembalikan ke  awal kecuali anda mengganti dengan yang baru
 

Bagi kamu yang menggunakan ponsel pintar dengan kualitas rendah hingga menengah, kamu harus lebih sedikit ekstra untuk merawatnya, cara-caranya sebagai berikut

#1. Pasang Touch screen (layar sentuh) dengan anti gores
Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memasang anti gores, pada Touch screen ponsel anda, hal ini diharuskan bagi anda karna bertujuan menghindari goresan langsung pada Touch screen.

Bagi anda yang ingin menghemat biaya pemasangan anti gores pada Touch screen, lebih baik anda membelinya sendiri dan memasangnya.
 
Cara pemasangan anti gores pasa Touch screen

Caranya sangatlah mudah dan simpel, langkah awal kamu harus membersihkan Touch screen smarphone anda terlebih dahulu.

Buka lapisan anti gores dan pasang pada Touch screen dan rapikan jangan ada yang menggelembung
 
#2. Memasang sarung ponsel (smarphone)
Selain kamu harus memasang anti gores, kamu juga harus memasang sarung ponsel pintar kamu.

Untuk masa sekarang jenis-jenis sarung ponsel sudah bervarian dengan model dan bentuk yang keren, ada yang berbentuk film fiksi hingga dompet yang modis.

Namun biasanya sarung ponsel hanya disukai oleh kaum hawa, untuk laki-laki tidak menyukai penggunaan sarung ponsel termasuk saya.

Sebenarnya tujuan pemakaian sarung pada smarphone banyan sekali diantaranya.
  • Menghindari goresan pada layar
  • Menghindari benturan keras pada layar
  • Menghindari goresan tangan pada casing luar ponsel
  • Tampil modis
  • Lebih mudah dibawa ketika tidak ada membawa tas
  • Dan lain-lain

#3. Memakai MIKA (karet casing) pada smarphone
Jika kamu laki-laki tidak menyukai penggunaan sarung ponsel, namun yang satu ini harus kamu sukai, sebab fungsinya sama dengan sarung ponsel hanya saja tidak ada penutup atasanya yang akan melindungi Touch screen

Kalau bagitu pemakaian MIKA tidak berfungsi untuk Touch screen dong?
Tentu saja ada. Fungsi utama dari pemakaian karet casing pada ponsel adalah agar tekanan pada Touch screen tetap terjaga. Hal ini pernah saya alami sendiri ketika smarphone saya jatuh dan mengalami benturan yang hebat, namun anehnya layar tidak pecah, hal ini dikarenakan layar tidak menyebar ke segala sisi sebab ditahan oleh MIKA (keret casing).
 
#4. Jangan meletakkan smarphone pada area yang rentan gesekan dan sempit
Hal ini sering dilakukan oleh masyarakat ketika ingin jalan-jalan kebiasan buruk sering meletakkan ponsel di saku celana atau baju yang berbahan lepis, ketika agan berjalan maka Touch screen akan tergesek dan terogores walaupun anda sudah memasang anti gores minimal anti gores anda yang akan lecet dan tidak enak lagi untuk dimainkan.

Perlu anda ketahui meletkkan ponsel pintar di saku celana dan baju tidak baik untuk kesehatan hal ini dikarenakan radiasi sinyal dapat menyebabkan rusaknya sel-sel tubuh dan dapat memicu kangker.

Jika kamu meletakkan smarphone kamu di suku baju yang biasanya di bagian dada, sungguh sangat berbahaya bagi wanita dapat memicu kangker payu dara bagi laki-laki , radiasi pensel bisa merusak system paru-paru dan jantung
Sedangkan jika kamu meletakkan pada saku celana dapat mengurangi kesuburan anda. Jadi mulai sekarang jangan biasakan meletkkan ponsel anda pada saku celana dan baju
 
#5. Jangan meletakkan smarphone pada area tinggi yang rentan jatuh atau area yang dapat merusak Touch screen secara perlahan
Cara merawat Touch screen yang ke-5 adalah jangan meletakkan smarphone anda pada area yang rantan jatuh. Kejadian ini pernah teman saya alami, ketika itu iya meletakkan smarphone pada area yang tinggi setalah itu tidak sengaja menyenggolnya dan jatuh, Touch screen akhirnya pecah bekeping – keeping.

Kesalahan yang sering dilakukan yaitu sering melakkan smarphone pada area yang panas, seperti dibawah sinar matahari atau di atas TV atau di atas kulkas dengan posisi layar menuju ke hawa panas. Suhu yang panas terus-menerus dapat merusak Touch screen secara perlahan.

Atau kamu  membawanya pada saat tidur, lebih baik tidak dilakukan , karna pensel anda rawan anda timpa sendiri sehingga ketika bangun ponsel anda retak semua

Atau di area yang rawan basah, seperti dapur atau kamar mandi, kadang-kadang akibat lupa dengan waktu mau mandi saja masih membawa smarphone apabila percikan air mengenai bagian dalam mesin bukan hanya Touch screen saja yang rusak namun juga komponen lainnya.

Artikel terkait lainnya : Cara penggunaan alat spring come mesin jahit tangan yang praktis dan ekonomis

Atau juga jagan meletkkan pada area yang mudah tergoncang seperti di jok motor, kebiasaan yang sering dilakukan ketika bepergian yaitu sering meletkkan smarphone pada jok motor,padahal kita tahu sendiri bahwa jok motor mudah sekali tergoncang, hal ini tentu tidak baik untuk ponsel anda terutama Touch screen dan komponen kecil mesin.
 
#6. Jangan menekan Touch screen dengan kuat ketika memainkannya
Bagi kamu yang sudah tahu cara menekan Touch screen yang benar, tentu dengan penuh perasaan, namun bagaimana dengan teman anda yang  gaptek alias gagap teknolog, tentu ia tidak akan mengerti cara memainkannya.

Kadang- kadang mereka sering memainkannya dengan kuku atau dengan tekanan yang keras, jika hal ini terus dilakukan dapat merusak Touch screen sehingga pada akhirnya menajadi Touch screen hantu yang bergerak sendiri tampa ada yang meyentuhnya.

Bagi teman anda yang gaptek sebelum meminjamkannya untuk sekedar buka facebook ada baiknya anda memperhatikannya terlebih dahulu, apabila ia kurang paham dalam penggunaanya ada baikknya kamu mengajarkannya terlebih dahulu baru meminjamkannya.
 
#7. Menggunakan carger dengan original/ sesuai dengan jenis ponsel
Faktor dari mesin juga sangat mempengaruhi dari keadaan touch screen anda, ketika kamu menggunakan carger yang tidak sesuai dengan ponsel anda maka biasanya touch screen tidak bisa digunakan dan bergoyang kemana-mana keculi tengangan Watt sama dengan carger ori.

Untuk itu jika carger ori anda rusak belilah carger sesuai dengan jenis ponsel anda atau sesuai dengan tegangan ponsel pintar anda.
 
#8. Menggunakan smarphone dengan bijak (tidak berlebih-lebihan)
Langakah terakhir yaitu menggunakan ponsel anda seperlunya, tidak berlebih-lebihan dan memaksakan posel.

Seperti menggunakan ponsel yang telah habis dan menyalakannya kembali dengan di carger. Atau hal yang berlebih-lebihan hingga menyebakan layar panas.

Ketika ponsel panas maka dapat merusak komponen kecil pada Touch screen yang lebih parahanya dapat merusak layar LCD.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar.

Layar sentuh merupakan media input yang paling penting pada ponsel apabila layar sentuh mengalami kerusakan tentu ponsel anda tidak akan bisa digunakan lagi.

Tanda-tanda bahwa layar sentuh anda mulai bernsalah adalah sering teradinya kesalahan dalam perintah yang anda masukkan, sering terjadi layar hantu, serta layar tidak dapat digunakan sama sekali.

Gejala di atas adalah tanda dini awal dari kerusakan layar sentuh, untuk itu gunakanlah smarphone anda dengan baik dan benar, walupun itu terlihat murah di mata agan-agan.

Semego artikel yang singakat ini dapat menambah pengetahuan kamu dalam bidang teknologi sampai jumpa lagi pada artikel lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "8 Cara merawat Touch screen (layar sentuh) dari kerusakan, goresan, hingga pecah pada ponsel pintar dan tablet"

Berlangganan via Email