Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas

Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas - Alaram adalah sebuah sinyal atau tanda yang dihasilkan dari sutu alat baik itu berupa suara, gerakan , atau sebuah informasi.

Untuk saat ini penggunaan alaram sudah banyak digunkana oleh masyrakat. Bisa burupa alaram anti maling  atau atau alaram membangunkan anda pada saat tidur, jadi intinya penggunaan alaram tergantung situasi dan fungsinya untuk apa.


Akhir-akhir ini pencurian di kalangan masyarkat makin ramai saja, sebenarnya pencurian bukanlah disadari atas niat akan tetapi kesempatan yang ada.


Karna melihat suatu kesempatan yang berharga maka timbullah bisikan-bisikan seten.


Maka dari itu biasanya masyarkat sering memasang alaram – kemera sisitv  pada area rumah, biar maling pada kapok dan gak berani memcuri lagi.

Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas
Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas

Tapi sayang untuk saat ini kamera sisitv dan alaram harganya cukup menguras dompet juga.

Tapi jangan khawatir gan, ada solusi untuk anda, yaitu membuat alaram anti maling di rumah dengan menggunakan handphone bekas. Bagaimanakah cara pembuatannya, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas

Apakah kamu mempunyai handphone bekas dirumah? Tentu punya bukan.
Jangan dibuang dulu, atau dimasukkan ke dalam gudang, kamu bisa manfaatkan mejadi alaram anti maling.


Alat yang kita akan buat ini sangatlah sederhana, kamu tidak perlu membutuhkan alat elektronik lain, sebelum kita memulai membuat alat ini, langkah pertama siapkan alat dan bahannya.
 

#Alat dan bahan
  • #handphone bekas
  • #kartu telpon yang aktip
  • #balok kayu kecil
  • #lem kayu dan lem kertas
  • #kardus bekas
  • #perkakas (gergaji, pahat, palu, paku, dan lain-lain)

#cara pembuatan alaram anti maling
 

#siapkan bahan dan alatnya ditempat
 

#langkah awalnya, yaitu kemu harus membentuk balok kayu menjadi hurf  L, tidak perlu tebal
 

#langkah selanjutnya siapkan handphone bekas, pasang kartu yang aktif  ingat harus ada pulsannya ya gan.
 

#seterusnya, bentuk kadus bekas mie instan menjadi kotak kecil yang pas untuk menampung handphone kamu, bisa dibentuk seperti kantong, tapi ingat tombol panggilnya harus terlihat, jadi pada bagian tersebut harus kamu lubangi
 

#seterusnya coba kamu pasang kayu bebentuk L di dekat engsel pintu atau jendela rumah kamu, dan beri lem kayu, tunggu hingga kering
 

#pasang juga wadah handphone yang telah kamu buat, di bagian tepi pintu tepat di pergerkan kayu yang berbentuk L.
 

#perlu di ingat, sebelum memberikan lem kayu dan meletakkan kotak handphone yang telah kamu buat, kamu harus cek terlebih dahulu pergerakan kayu berbentuk L tepat mengenai tombol panggil pada handphone.

Jika belum tepat kamu bisa mensettingnya sendiri, apakah harus di buat melengkung atau yang lain tergantung keadaan pintu kamu atau jendela kamu
 

#nah, jika semua sudah terpasang dengan sempurna, langakah terakhir tinggal mensetting nomor kamu di handphone bekas dengan cara, apabila tombol calling tertekan maka otomatis akan memanggil nomor di handpone satunya (handpone kamu).
 

#proses pembuatan selesai.
 

#cara kerja alaram anti maling dari handphone bekas

Mudah bukan sobat, cara membuatnya, tentu kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Kamu masih binggung cara kerja alaram ini ya? Oke saya akan jelaskan cara kerjanya.
 

Cara kerjanya yaitu : 
 
Pada saat si otoy (maling) ingin mencuri rumah agan, tentu ia akan lewat pintu dan jendela rumah, nah, tentu saja si otoy akan berusaha membuka rumah dengan berbagai cara.

Jika si otoy berhasil membuka rumah, tentu ia akan membuka pintu atau jendela, nah disinilah alaram akan bekerja, ketika pintu di buka maka engsel kayu L, akan akan begerak mengikuti gerakan pintu yang terbuka, otomotasi kayu L yang mengarah ke tombol calling akan bekerja.

Si otoy tidak akan menyadari bahwa dia sudah terjebak, Nah apa yang terjadi , otomatis handphone rumah anti maling akan menghubungi kamu yang berada diluar rumah.


Dan kamu sudah mengetahui bahwa dirumah sendang ada yang berusaha masuk.


Tindakan awal yang harus kamu lakukan yaitu memberi tahu tetangga atau polisi bahwa di rumah kamu sedang ada si otoy yang sedang beraksi dengan lihaynya.


Akhirnya si otoy tidak bisa mendapatkan barang berharga akan tetapi menyekap di jeruji besi yang hampa


Artikel terkait lainnya : Cara penggunaan rice cooker untuk penanakan, penghangatan, dan pengukusan nasi dan lain-lain

Bagaimana sobat, kecil bukan alatnya tapi lebih gila manfaanya, bahkan bisa masukin si otoy ke dalam rumah barunya. Hehe senang deh jadi otoy karna dapat rumah baru, hehe
 

#hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan alat alaram anti maling dari handphone bekas

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara kerja si alat ini, walaupun demikian kamu harus memperhatkan cara kerjanya dan apa saja yang harus diperhatikan agar alat ini dapat berjalan dengan semesitnya, hal itu diantaranya:
 

#pastikan handphone alaram dalam keadan hidup, sudah di carger
 

Ingat, hal yang pertama kamu perhatikan adalah handpone yang kamu pasang harus dalam keadaan menyala, kamu bisa cek 3 hari sekali, apakah batrai handphone masih penuh
 

#pastikan pulsa handphone ada
 

Bagaimana alat ini bisa bekerja jika pulsa kartu tidak ada, sebeb alat ini bekerja dengan cara memanggil si pemilik rumah ketika pintu dibuka
 

#pastikan rumah terkuci dan tidak ada orang  yang memiliki kunci cadangan
 
hal yang ke -3 ini sangatlah kamu pastikan,karna bisa menimbulakan fitnah atau kesalah pahaman 


kita ambil contoh : jika kamu sudah mengaktifkan alaram dirumah, tiba-tiba adik kamu ingin masuk kerumah, ternyata ia mempunyai kunci cadangan, akhirnya pintu dibuka dan alaram bekerja sehingga apa yang terjadi bukannya si otoy yang terkena tetapi adik sendiri yang di gerebek, hehe salah tangkap. Jadi harus diperhaitkan
 

#kelebihan dan  kekurangan alaram anti maling dari handphone bekas

Nah, jika kita bandingkan dengan alaram yang ada, apa sih keunggulan alaram anti maling ini. Untuk lebih jelasnnya simak uraian berikut ini.
 

#kelebihan
  • Murah dan ekonomis
  • Mudah dibuat
  • Lebih efektif dan efesien
  • Dapat digunakan dalam semua tata ruang
  • cara kerjanya halus dan terselubung
  • tidak mudah diketahui si m@ling
  • dapat membuat si m@ling kapok

#kelemahan
  • Harus di cek 3 hari sekali apakah batrai habis atau tidak
  • Harus memiliki handpone bekas yang tidak semua orang punya
  • Dapat menimbulkan kesalah pahaman
  • Tidak akan bekerja jika jaringan terganggu

Nah, mudah bukan Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas, tentu kamu pasti bisa membuanya.

Timbul pertanyaan didalam alat ini, jika maling masuk lewat atap rumah atau pintu dan jendela yang tidak terpasang alat ini, bagaimana, berarti alat ini tidak  bekerja?


Betul sekali, alat ini tidak akan bekerja jika si maling tidak melewati alaram yang telah terpasang, tapi jangan khawatir sobat, kamu bisa mebuatnya dengan hanya satu hendpone saja, tetapi seluruh jendela rumah kamu dan pintu bisa terpasang semua.


Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan rangkaian lisrik paraler, dengan menggunakan rangkaian paraler, akan tetapi kamu harus menyiapakan alat dan bahan yang banyak seperti kabel dan alat rekasi gerak yang bisa kamu beli dipasar. Untuk cara pembuatannya saya akan membagikannya pada artikel selanjutnya,karna pembuatannya cukup rumit dan perlu perhatian khusus agar dapat bekerja dengan efektif.


Untuk itu untuk memaksimalkan alat yang sederhana ini kamu bisa meletakkannya ditempat yang srategis dan benar-benar tepas sasaran.


Semoga artikel teknologi yang singkat ini dapat membantu dan menambah pengetahuan anda. Sampai jumpa lagi, bye. Apabila agan kurang paham bisa bertanya di kotak komentar yang telah disediakan

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas"

Berlangganan via Email