Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki lampu serongkeng dan knalpot motor yang bocor dengan lem Gulka Versi 2 : teknologi

Cara memperbaiki lampu serongkeng dan knalpot motor yang bocor  dengan lem Gulka Versi 2 - Lampu serongkeng adalah lampu yang berdayakan minyak bumi dengan cara kerja melalui udara yang ditiupkan pada tabung sehingga menghasilakan cahaya yang kuat. (versi ngarang)

Lampu serongkeng untuk saat ini sudah jarang di gunakan karna lampu yang lebih modern sudah  efesien ketimbang lampu serongkeng ini.

Walaupun demikian lampu serongkeng masih tetap digunakan walalupun tidak sebanyak masa dulu, lampu serongkeng hanya berfungsi sesuai dengan keunggulannya.

Apa kelebihan dari lampu serongkeng?

Lampu serongkeng dapat digunakan dalam keadan dan situasi apapun, tidak terikat di mana kita tinggal, biasanya masih banyak digunakan untuk daerah yang belum terjamah oleh tenaga listrik untuk penerangan, contohnya daerah-daerah pulau yang jauh dari kita atau sebagainya.

Kegunaan lain dari lampu serongkeng adalah untuk proses penangkapan ikan teri secara tradional ala Indonesia, dimana pada saat proses pengkapan ikan teri lampu serongkeng berfungsi untuk menarik ikan teri untuk mendaki jaring, sehingga ikan teri akan terjebak dengan jaring ikan. Hal ini tidak mungkin digunakan untuk jenis lampu lain karna tidak mungkin listrik bisa digunakan di daerah laut.

Nah, masalah yang sering terjadi pada lampu serongkeng kebocoran pada tabung minyak lamu (darah yang di pompa oleh udara) jika tabung lambu serongkeng mangalami kebocoran walaupun hanya kecil, maka lampu serongkeng tidak akan bisa menyala dengan maksimal karna udara yang dimasukan akan keluar semua.

Langkah yang paling efektip adalah memeberi lem, akan tetapi sulit sekali  mendapatkan lem yang tahan panas, sebab pada tabung minyak di lampu serongkeng memiliki suhu yang makin panas sehingga jenis lem plastic dan lem besi tidak terlalu efektip untuk mengatasi hal ini.

Ups, jagan perlu risau sobat teknologi, dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips membuat sendiri lem besi yang ramah lingkungan dan paling efektif untuk menutup tabung minyak lampu serongkeng ini. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini

#Cara membuat lem gulka versi 2 untuk mengatasi lampu serongkeng yang mengalami kebocoran pada tabung minyak

Lem adalah jenis perekat yang sering digunakan di masyarakat, banyak sekali jenis-jenis lem ada yang berbentuk cair ada pula yang berbentuk padat.

Kenapa saya menamai lem kali ini adalah lem gulka versi 2?

Sebab saya sudah membuat lem gulkan versi pertama dengan fungsi yang berbeda yaitu merakatkan kertas, sedangkan untuk versi kedua ini untuk menutupi lubang pada tabung yang panas. Jika kamu belum membaca artikel saya tentang cara pembutan lem kertas dari Gula dan Kapur untuk perekat kertas kamu bisa baca disini: Cara membuat lem kertas dari gula pasir halus dan air kapur sirih (GULKA)

Dalam proses pembuatan sebelumnya kita menggunakan bahan utama yaitu gula dan kapur, untuk jenis lem kali ini tetap menggunakan bahan itu juga, hanya saja perbedaanya yaitu dari jumlah takaran bahan dan proses pembuatan.


Cara memperbaiki lampu serongkeng dan knalpot motor yang bocor  dengan lem Gulka Versi 2 : teknologi
Cara memperbaiki lampu serongkeng dan knalpot motor yang bocor  dengan lem Gulka Versi 2 : teknologi

Oke sobat teknologi tampa memperpanjang lagi penjelasan yang saya sampaikan, mari kita keproses pembuatan lem, sebelum itu sipkan bahan dan alatnya terlebih dahulu.
 
#alat dan bahan
  • #gula pasir halus
  • #air kapur sirih
  • #wadah alumunium / mangkok
  • #sendok

#peroses pembuatan
 
#siapkan alat dan bahan yang akan diperlukan
 
#ambil mangkok tuangkan air kapur sirih kedalam wadah yang telah di sediakan
 
#masukan gula halus ke dalam air kapur sirih secara perlahan, aduk hingga merata
 
#perbandingan bahan 3 untuk gula dan 1 untuk air kapur sirih = 3 : 1 

#jika lem sudah dalam keadaan pas, gunakan sesuai kebutuhan

Nah, sekarang lampu serongkeng yang mengalami kebocoran dapat di atasi, kamu tidak perlu risau lagi bukan untuk lampu serongkeng rumah mu yang bocor tapi binggun mau di lem pakai apa? Karna gak ada yang cocok.
 

#Apa keunggulan lem gulka Versi 2 ini untuk lem lampu serongkeng yang bocor?

Kelebihan dari lem gulka versi 2 ini adalah : kemampunya beradaptasi pada bahan besi, sehigga akan merekat kepermukaan besi dengan kuat

Dan juga lem ini sangat cocok digunakan untuk menutupi tabung lampu serongkeng, kenapa ? sebab lem tidak akan lepas ketika lampu serongkeng di nyalakan sebab ketika lampu serongkeng dinyalakan otomotis permukaan tabung akan mengelami hawa panas, apabila menggunkan lem pada umumnya tentu saja akan lepas atau meleleh

Yang hebatnya lagi lem ini akan makin tambah melengket apabila permukaan tabung bertambah panas, makin panas tabung makin kuat daya rekat

#Apa kekurangan dari lem gulka versi 2 ini untuk lem lampu serongkeng yang bocor?

Setip produk yang di buat tentu memiliki keunggulan dan kekurangan, nah, kekurangan dari lem gulka versi 2 ini adalah :

Lem hanya dapat digunakan dalam satu kali pakai sebeb lem ini akan mengeras jika sudah kering sehingga jika anda ingin membuat le mini, perkirakan kebutuhan, harus secukupnya sebab lem ini hanya dapat difungsikan dalam satu kali pakai, hal inilah yang akan saya coab lagi perbaiki, semoga kedapannya saya mendapakan formula yang dapat mengatasi hal ini

Kekurangan yang lainya adalah lem ini tidak dapat bertahan lama pada lampu serongkeng apa bila lampu itu tidak digunakan sebeab ini akan berekasi ketika ada hawa panas, jika tidak lem ini akan terkelupas dalam waktu 1 minggu
 

#jika lem ini bisa merekatkan permukaan yang panas, apa bisa digunakan untuk knalpot motot?

Untuk saat ini saya belum beresperimen untuk masalah ini sebab kenalpot motor saya gak bocor, hehe

Tapi jika kamu ingin mencobanya, boleh saja mana tahu work, untuk cara penggunaanya, saya kasih tips sedikit semoga saja berhasil
Untuk cara perekatan kenalpot yang bocor kamu bisa lakukan dengan cara
 
#sipakan lem gulka versi 2 yang sudaj jadi
 
#sipakan permukaan kenalpot motor yang bocor, kamu bisa lakukan dengan membersihkan karat pada kenalpot terlebih dahulu
 
#rekatkan lem gulka versi 2 pada kenalpot motor yang bocor
 

#adakah cara yang paling efektif untuk mengatasi lampu serongkeng dan kenalpot bocor selain dengan lem gulka?

Jika di Tanya masalah ini jawaban yang paling efektif adalah kamu pergi ketukang besi, lalu  minta di las bagian yang bocor. selesai

Nah, sekarang kamu sudah bisa memperbaiki lampu serongkeng dan kenalpot motor yang bocor  dengan lem Gulka Versi 2, lebih kreatifkan lebih oke.

Semoga artikel yang sederhana ini bisa membantu anda dalam mengatasi yang anda cari, sampai jumpa lagi pada tips-tips teknlogi sederhana lainya, salam teknologi.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki lampu serongkeng dan knalpot motor yang bocor dengan lem Gulka Versi 2 : teknologi"

Berlangganan via Email