Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang

Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang - Pinang masih bekelurga dengan kelapa, sawit dan sagu, atau instilah lainya yaitu keluarga pohon palem – paleman.

Pinang banyak tumbuh di kawasan asia tenggara termasuk Indonesia, pinang sangat cocok di tanam di Indonesia sebab iklim trofisnya sangat mendukung proses pertumbuhan pinang.

Seperti halnya pohon pelam-paleman, pohon pinang sangat mirip dengan pohon kelapa, sawit atau sagu untuk jenis daun atau pelapahnya.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin menyajikan informasi cara mengolah buah pinang menjadi siap jual (bahan mentah) dan cara mengolah limbah kulit pinang sebagai asap cair dan pembuatan briket kulit pinang, bagaimanakah caranya? Untuk lebih jelasanya simak uraian berikut ini.
 

#bentuk pohon pinang beserta buahnya

Pohon pinang termasuk pohon yang dapat dikatagorikan pohon yang tinggi sebab untuk memtik buahnya diperlukan galah yang panjang di mana ujung galah tersebut di beri sabit untuk memotong tangkai buah, nah jika kamu belum pernah melihat pohon pinang bentuk nya seperti gambar dibawa ini.

Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang
Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang

Untuk diskripsi bentuk pohon pinang yaitu : bentuk batang pohon pinang memiliki ukuran yang lebih ramping tetapi panjang menjulang keatas, dan sangat lurus.

Bentuk daunnya hampir mirip dengan pohon kelapa hanya saja lidi pada daun pohon pingan tidak sekokoh daun pohon kelapa

Untuk buah pinang memiliki bentuk yang kecil, dengan jumlah yang banyak, sebelum menjadi buah seutuhnya proses pembentukan buah juga hampir mirip dengan buah kelapa yaitu akan muncul pelepah buah sealanjutnya mekar dan menjadi buah pinang dengan ukuran – ukuran kecil.

Buah pinang muda akan berwarna hijau dan setelah matang akan berwarna orange.

Bagian permukaan buah dilindungi oleh cangkang serabut yang menutupi isi buah pinang, isi bagian buah pinang berwarna abu-abu sedikti merah, jika disangrai harumnya sama persis dengan daging buah kelapa
 

#ragam manfaat yang dapat diolah dari pohon pinang

Sama halnya dengan pohon kelapa, pohon pinang juga memiliki ragam manfaat dari mulai akar, pelepah, dan buah. Walaupun pada intinya yang paling banyak di manfaatkan dari pohon pinang adalah daging buah. Untuk lebih jelas mengenai manfaat dari baigan-bagian pohon pinang simak uraian berikut ini.
 

#manfaat batang pohon pinang

Kita awali dengan batang pohon pinang, dari bentuk pohon batang pohon pinang yang lurus kerap kali di manfaakan warga sebagai media panjat pinang pada hari 17 agustus atau hari kemerdekaan Indonesia. Biasanya batang yang dipih memiliki ukuran yang besar dan tinggi, alasan kenapa batang pohon pinang yang dipilih sebagai media yang di panjat iyalah karena bentuk pohon pinang yang lurus, kokoh dan tinggi.

Manfaat lain yang sering dimanfaatkan warga Indonesia adalah di jadikan jembatan menyebrangi anak sungat biasanya terdapat dikebun-kebun warga.

Ada juga yang memanfaatkan batang pohon pinang sebagai pagar rumah dan lantai rumah, namun pada saat ini hal ini sangat jarang ditemukan keculai di desa-desa yang masih kental dengan adat dan budaya tradisional

Sruktur batang pohon pinang yang keras memang bisa dijadikan bahan material bangunan rumah, akan tetepi kelemahan dari batan g pohon pinang ini adalah mudah rapuh bila terkena air dan sinar matahari secara terus menerus.
 

#manfaat pelepah pohon pinang

Jika kamu sudah mengetahui manfaat dari batang pohon pinang, selanjutnya kita lari ke pelepah pohon pinang.

Jika bernostagia sedikit, waktu kecil dulu saya sering memanfaatkan pelepah pohon pinang sebagi media bermain

Dalam bidang makanan dan kuliner, pelepah pohon pinang dimanfatkan sebagai alat pembungkus dodol dan makanan khas jawa lainya, jika kamu pergi di jawa tengah kamu pasti akan menemukan dodol yang  dibungkus dari pelepah pohon pinang,katanya sih dengan membungkus dodol dengan pelepah pohon pinang akan  memberikan rasa yang lebih enak dank has.

Dalam bidang kerajinan tangan pelepah pinang dapat diolah menjadi tas yang unik, atau di daerah saya pelepah pohon pinang dijadikan kipas tangan yang cantik
 

#manfaat buah pinang muda

Kita lanjutkan ke manfaat buah pinang muda, manfaat buah pinang muda biasanya sering dijadikan sebagai media untuk nginang atau memakan buah pinang dengan sirih dan kapur dijadikan satu lalu dikunyah.

Manfaat dari nginang adalah untuk membuat gigi dan gusih tetap kuat dan terhindar dari bakteri dan gusi berdarah. Jika kita bicara tentang tradisi nginang untuk masyarakat melayu yang berada di Sumatra memakan buah pinang muda dengan kapur sirih bertujuan untuk memulai pembuka kata dalam pertemuan adat.

Dalam bidang peternakan manfaat buah pinang muda bermanfaat untuk menghilangkan cacing diperut ayak kate, caranya dengan mecapurkan eksreak dari bauh pinang muda pada makanan atam kate

#manfaat buah pinang tua

Nah, kebanyakan masyarkat Indonesia lebih banyak memanfaatkan buah pinang tua yang dijual di pengepul.

Manfaat dari buah pinang tua ialah untuk dijadikan bahan kosmetik kecantikan dan obat.

Artikel terkait lainnya :  Manfaat buah pidada untuk kesehatan manusia (Buah khas dari ujung tanjung)

Akan teapi untuk saat ini kebenyakan masyarakat yang bercocok tanam pinang hanya mengolah bahan mentah buah pinang saja tetapi tidak mengolah lebih lanjut, padahalkan saat ini buah pinang memiliki kenaikan permitaan pasar yang luar biasa sehingga harga buah pinang yang sudah diolah naik dengan sangat tinggi.
 

#cara memproses buah pinang menjadi siap jual

Buah pinang tidak sama dengan buah jeruk yang bisa langsung dijual di pasar, akan tetapi harus melewati tahapan proses yang panjang, jika anda tertarik mau menjadi juragan pinang akan tetapi tidak tahu cara mengolah buah pinang ,nah disini saya menyajikan cara mengolah buah pinang yang sipa jual, langakah pertama yaitu memilih buah pinang yang dapat di olah.
 
Langkah 1: memetik buah pinang dan menyortir buah pinang
 
Buah pinang yang dapat diolah warnanya sudah orange atau sudah masak, bagaimana dengan buah yang jatuh apakah bisa dimanfaatkan juga? Buah pinang yang jatuh dengan sendirinya bisa juga dimanfaatkan walaupun sudah tua atau kulinya sudah hitam.
 
Langkah 2: membelah, menjemur dan mencongkel buah pinang
 
MEMBELAH - Jika buah sudah ada, langkah selanjutnya membelah buah pinang menjadi 2 bagian.

Dalam proses pebelahan ada aturannya, yaitu dibelah dari ujung yang panjang bukan secara horizontal akan tetapi vertical, hal ini bertujuan agar pada proses pencongkelan daging buah pinang dapat dilakukan dengan mudah, untuk alat yan digunakan bisa menggunakan manual atau mesin pembelah buah pinang.
 
MENJEMUR – setelah proses pembelahan buah langakah selanjutnya menjemur buah pinang di sinar matahari langsung, jika cuaca panas cukup 1 -2 hari jika cuaca tidak mendukung bisa sampai 3 -5 hari

Tujuan dari penjemuran ini agar daging buah benar – benar kering dan tidak basah lagi, sebab pada saat pembelahan buah pinang daging buah pinang akan sangat lembek apabila daging lembek tentu saja tidak bisa dikelurkan dari kulit buah.

Tujuan lain juga untuk membuat dagin dan kulit buah terpisah sehingga sangat mudah mencongkel dengan alat congkelan buah pinang (penguit)
 
MENCONGKEL – langakah terakhir adalah mengeluarkan daging buah dari kulit buah , dengan cara mencongkel daging buah dengan alat penguit.

Nah, mudah bukan cara mengolah daging buah pinang, tunggu apa lagi jadilah juragan pinang karna bisnis pinang cukup menjanjikan sebab permintaan pasar, seperti di daerah saya rata-rata para penduduk mempunyai kebu pinang sendiri atau menjadi pengepul buah pinang tentu saja perlu modal lebih.
 

#manfaat kulit pinang

Untuk saat ini pemanfaatan limbah kulit pinang masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat awam, untuk di daerah saya limbah kulit pinang hanya dijadikan timbunan pada tanah, sehingga tanah tidak rendah.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang dapat kita oleh dari limbah kulit pinang dari katagori medis, bahan bakar, hingga kerjinan tangan.
 
#cara mengolah limbah kulit pinang menjadi pupuk organic
 
Salah satu cara memanfaatkan limbah kulit pinang yaitu menjadi pupuk oraganik, cara pengolahannya dengan cara mencampurkan limbah kulit pinang dengan kotoran sapi, selanjutnya ditutup hingga proses pembusukan terjadi, pupuk siap digunakan
 
#cara  mengolah limbah kulit pinang mejadi asap cair
 
Apa itu asap cair? yaitu asap hasil pembakaran yang diproses dengan cara filterasi sehingga menghasilakan dalam bentuk cair.

Untuk saat ini pembuatan asap cair masih menggunakan sabut kealapa, walaupun limbah kulit pinang untuk dibuat asap cair tidak sebagus kulit kelapa, akan tetapi mengingat limbah kulit pinang yang banyak hal ini tentu saja perlu di manfaatkan, istilahnya itu meyelam sambil minum air , buahnya yang bermanfaat kulitnya juga bisa dijadikan pundi-pundi uang.

Lantas bagaimana cara mengolah limbah kulit pinang menjadi asap cair? Cara pengolahannya sama halnya dengan proses pengolahan asap cari dari sabut kelapa, untuk menghasilkan kualitas asap cair yang dihasilakan tergantung teknoligi yang digunakan, untuk cara manual hanya mampu menghasilkan asap cair tahap 3. Untuk mengatahui cara pembuatannya kamu bisa baca disin

Cara memanfaatkan kulit pinang menjadi asap cair
#cara mengolah limbah kulit pinang menjadi briket = bahan bakar alternative yang ramah lingkungan

Dari hasil pembakaran asap cair maka akan menghasilkan limbah abu dari kulit, nah limbah tersebut dapat dijadikan briket.

jadi kali kerja langsung mendapatkan 2 macam manfaat satu untuk asap cari dan satunya lagi untuk bahan baku pembuatan briket.

untuk cara pembuatan briket kulit pinang kamu bisa baca disini

Cara membuat briket dari kulit pinang yang ramah lingkungan 

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang

Jika ingin berpikir kreativ dan siap berinovasi pasti semua manfaat dari buah dari bauh dapat dimanfaakan hingga tidak ada limbah lagi yang terbuang percuma

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai pinang, sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memproses buah pinang mentah menjadi siap olah serta cara mengolah kulit pinang sebagai asap cair dan briket kulit pinang"

Berlangganan via Email