Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi

Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi - Mie instan adalah salah satu produk olehan mie yang di buat menjadi kering sehingga dapat di konsumsi dalam jangka waktu yang lama dengan cara mengkonsumsinya di olah kembali sehingga menjadi makanan yang siap saji.

Produk mie instan di Indonesia sangat popular, karna rasanya yang bervarian dari rasa soto, kari ayam, bakso, pedas, rendang, sate, kaldu ayam, goring krispy, rasa buntut dan lain sebagainya.


Jika saya golongkan mie instan dapat di bagi menjadi dua yaitu :

  • Mie instan goreng
  • Mie instan kuah
Namun sekarang ada salah satu produk yang meluncurkan mie goreng tapi berkuah dan sebaliknya mie kuah tapi tidak ada airnya, hehe lucu ya.

Walaupun mie instan adalah makanan yang cukup lezat dan cara pengolahannya cukup simpel karna termasuk makanan yang siap saji, namun jika di konsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.


Hal ini dikeranakan zat yang terkandung dalam mie dan bumbu instan mie bila di konsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik.


Namun jika kejadian seperti yang saya alami samalam orang rumah tidak ada , ayah pergi bekerja dan ibu pergi kerumah kakah, sedangkan makanan untuk siang ini tidak ada, terpakasa deh saya harus memasak makanan sendiri alternative yang saya pilih tentu mie instan karna cara mengolahnya yang cukup simpel dan jika dipapadukan dengan sayur dan dan telur ditambah kerupuk goreng, sosis dan potongan ayam atau daging tentu rasanya lebih lezat dan juga bergizi, hehe jadi ngiler.


Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi
Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi

Dari kisah di atas bahwa kita bisa menyantap mie instan jika memang keadaan darurat atau kamu memang pengen sekali menyantap mie instan, kesimpulannya yaitu jangan keseringan dan dijadikan makan utama sehari-hari.

Untuk membuat mie instan yang kita santap mejadi lebih sehat ada sedikit tips yang akan saya bahas dalam artikel ini yaitu Cara mengolah mie instan menjadi lebih sehat, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

#Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi

Komposisi mie pada umumnya terdiri dari tepung terigu, minyak sayur, garam pengental nabati, pengatur keasaman, pewarna makanan, mineral dan zat besim, gula penguat rasam arfisial daging ayam, perisa alami bawang putih dan merah, vitamin A, B1, B5, B6, B12, asma folat dan lain – lain.

Dalam step-step yang akan saya bagikan kali ini saya bagi menjadi 2 versi yang pertama untuk jenis mie kuah dan yang satunya untuk jenis mie goreng.
Tampa memperpanjang penjelasan karna mungkin perut agan mulai sudah berbunyi, hehe.
 

#Cara mengolah mie kuah instan agar lebih sehat dan begizi
Kita awali dengan jenis mie yang berkuah, karna kebanyakan masyarakat Indonesia lebih menyukai mie yang berkuah ketimbang mie goreng (tidak berkuah). Untuk cara mengolahnya  agar lebih sehat sebagai berikut.
 

#1. Memilih mie instan
Kita mulai dari memilih mie instan,ketika kamu ingin membeli mie instan kamu harus memilih mie yang memenuhi kreteria sebagai berikut


Mie harus lolos dari kadaluarasa, caranya cek tanggal kadaluarsa mie, biasanya terletak di bagian belakang kemasan mie



Artikel terkait lainnya : Olahan buah pidada menjadi sirup,dodol,selai pidada

Cek keadaan kemasan mie, apkakah kemasan rusak dan bocor jika, kamu menemukannya, kamu bisa ganti dengan mie yang lain

Cek keadaan bumbu mie apakah bumbu masih bagus, tanda bumbu mie yang sudah tidak bagus ketika kamu menyentuh bumbu mie akan terlihat keras dan menggumpal, dan ketika ingin di campurkan dengan sulit sekali karna keadaan bumbu mie yang menyatu.  Kadang-kadang mie yang tidak kadaluarsa juga bisa mengalami hal tersebut


Jangan membeli mie bila tanggal kadaluarsa tinggal 1-2 hari lagi, misal tanggal kadaluarsanya 25-03-2014 dan kamu membeli mie tersebut tanggal 24-03-2014, lebih baik mau pilih jenis mie yang lain


Membeli mie dengan merek ternama dan sudah mempunyai standar LPPOM dan sertifikat halal, sebab sekarang ini banyak sekali mie yang abal-abal yang mengeluarkan jenis merek mie yang tidak ada logo halal dan LPPOM, sebab ini menyangkut makanan dan kesehatan dan kehalalan jadi harus lebih hati-hati.
 

#2. Cara mengolah mie instan jenis kuah
Kita awali ketika membuka mie instan, jangan meremas mie instan di kemasannya karana dapat meruak lapisan plastic mie instan sehingga kadang-kadang plastic kemasan bisa tercampur dengan mie


Ambil mie dan bumbu pisahkan kedua bahan tersebut.


Masukkan mie instan dalam 400cc (2 gelas) air mendidih, aduk selama tiga menit


Setalah mie istan agak terlihat masak, saring mie instan atau kamu bisa menbung air mie instan tersebut
 

Tujuan :
Agar kandungan zat yang mengawetkan mie lenyap, jika kamu perhatikan air pertama mie akan terlihat kuning dan keruh, itu adalah pengawet mie jadi untuk menghilangkannya, kamu harus membuang air rebusan pertma.


Selanjutnya panaskan lagi air 400cc (2gelas) namun tidak memasukkan mie, hanya berpungsi untuk menjadi kuah mie


Namun jika kamu ingin menambahkan telur kedalam mie kamu bisa saja mencampurnya kembali dan memasukkannya dengan 1 buah telur


Agar menjadi lebih bergizi kamu bisa tambahkan kerupuk, daging ayam/sapi, sosis, dan berbagai jenis sayur sesuai dengna selera anda


Ketika telur dan sayur sudah masak, kamu tuangkan mie instan kedalam mangkok


Beri bumbu mie kedalam mie instan yang telah dimasak sebelumnya


Mie instan siap di hidangkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengganti air mie 2 kali, dengan cara air pertama di buang dan air kedua sebagai pencuci mie dan air ketiga sebagai kuah
 

Kenapa bumbu tidak boleh dimasukan pada saat memasakm mie?
 
Jika kamu perhatikan di belakang kemasan mie instan tertera tulisan “siapkan bumbu dan minyak bumbu dan minyak cabe kedalam mangkok sambil menunggu mie masak”


Jika kita amati kata diatas berarti kita tidak di anjurkan mencampurkan bumbu mie instan kedalam mie yang sendang dimasak


Alasan pertama  : karana kandungan bumbu mie instan jika terkena panas yang melebihi 100 derajat celcius dapat menjadi zat yang berbahaya bagi tubuh karena zat pada bumbu sudah berubah fungsinya akibat di panaskan (sidah di uji oleh pakar kesehatan)


Alasan kedua : karana kita akan menerapakan pergantian air sehingga bumbu tidak bisa di masukkan langsung, alasan lain karana mengurangi cita rasa bumbu yang akan mempengaruhi kelezatan mie
 

Intinya dalam proses pemasakan jenis mie kuah adalah 
  • Air rebusan harus diganti 
  • Bumbu tidak boleh dimasukkan ketika mie sedang direbus 
  • Agar menambah nilai gizi tambahkan dengan bahan dan toping yang Alami
#Cara mengolah mie kuah goreng agar lebih sehat dan begizi
Selanjutnya untuk jenis mie goreng, untuk pembuatan mie sangat mudah ketimbang mengolah mie berkuah.

Caranya seperti langakah-langkah di atas, namun perbedaanya hanya kamu perlu mencuci mie dengan air mendidih ketika sudah dibuang air rebusan pertama, selebihnya sama saja.

#Benarkah menyantap mie instan tidak baik jika di barengkan dengan nasi
Pernahkah kamu membaca salah satu artikel yang menyatakan memakan mie instan tidak sehat jika di barengkan dengan memakan nasi.

Mengingat budaya Indonesia,kalau makan tampa nasi mungkin bukan makan namanya, namun kadang-kadang kita juga harus memperhatikan pola makan yang sehat.

Menurut pakar kesehatan menyantap mie instan dengan di dampingi oleh nasi tidak baik untuk kesehatan karena.

Perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dan mie instan juga tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.

Nah, sekarana kamu sudah tahu bukan Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi.

Sebenarnya mie instan bukanlah makanan yang bagus untuk perkembangan gizi dan pertumbuhan kita,  namun kadang-kadang kita bisa mengkonsumsinya seperti saat bencana alam, keadaan darurat dan hal lain sebagainya.

Nah, untuk tetap sehat walaupun mengkonsumi mie dapat melakukan tips-tips diatas.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan anda di bidang kuliner, sampai jumpa lagi.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mengolah mie instan agar menjadi lebih sehat dan bergizi"

Berlangganan via Email