Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya menumbuhkan keberanian dan sikap percaya diri : Motivasi diri

Pentingnya menumbuhkan keberanian dan sikap percaya diri - Apakah kamu pernah mengalami ketakutan, kurang percaya diri atau merasa minder dengan kemampuan diri?

Siapapun itu tentu saja setiap orang pasti pernah mengalaminya, baik itu ketakuatan dari permasalahan hidup atau dari pekerjaan yang baru.

Jika kamu baru mendapatkan pekerjaan baru tentu kamu merasa gerogi dan gugup bukan? Dan binggung mau berbuat apa? Padahal bila kita lihat, apa yang akan kita lakukan tentu orang lainpun pernah melakukannya.

Sama halya orang lain, ketika ia baru pertama kali mendapatkan pekerjaan pasti akan merasa gugup dan binggung harus  berbuat apa, apa yang ia rasakan tidak jauh seperti apa yang kamu rasakan, kurang percaya diri, dan tidak berani memulai sesuatu.

Nah, jika kita amati dan kita lihat dari kejadian di atas maka kita dapat simpulkan bahwa sebenarnya kita tidak butuh “keberanian”, tapi yang kita butuhkan adalah sebuah kepercayaan diri.

Tanpa sikap percaya diri kita akan bergerak tetap dan tidak ada motivasi untuk bergerak lebih maju kedepan. Namun kamu sudah paham bukan tentang hal ini , tinggal yang penting adalah kita mampu atau mengolah rasa, sikap percaya diri pada dirimu

Nah, sekarang lihatlah dirimu lihatlah keadaanmu, apakah kamu masih mempunyai sikap kurang percaya diri (minder)?

Apa yang menyebabkan kamu minder? apakah, kamu berpikir saya tidak mempunyai bakat apa-apa ataukah saya kurang cantik atau ganteng, atau saya miskin?

Mungkin saja kita tidak dilahirkan sesuia dengan apa yang kita inginkan, tetapi ketahuilah bahwa sanya setiap manusia memiliki kemampuan dan bakat tersendiri sesuai dengan apa yang ia usahakan. Begitu juga dengan sikap percaya diri, sikap ini dapat dikembangkan

Kepercayaan diri dapat di tumbuhkan dari ibu atau dari keluarga, bisa juga dari orang yang menyemangati dengan sebuah komentar contohnya seperti mereka layak mendapatkan hadiah, lebih tinggi, lebih cantik, lebih ganteng, dan lain-lain, atau dari motivasi dan isnpirasi yang kamu baca contohya pada artikel berikut ini.

Dalam suatu kisah zaman rasulullah saw bernama aburrahman bin auf yang memilik keahlian dalam bidang maarkenting. Walau beliau ketika menjalani hijrah bersama rasulullah saw ke madinah dan tidak membawa kekayaan apapun dari mekkah, beliau hanya bertanya ‘ dimana tempat peniagaan atau pasar?  Maka dalan waktu relative singakat belaiu langsung menjadi pengusaha markenting yang sukses. Belaiu melihat tak ada batasan untuk meraih masa depan yang lebih baik, waluapun hanya bermodalakan skil yang tinggi dan kepercayaan diri berdasyarkan syariat islam.

Kisah lain seorang menajer investasi sukses dari new York yang mendapatkan kepercayaan diri ketika ia masih remaja belajar mengemudikan kapal kecil seorang diri. Waktu berlalu di habiskan pada musim pana berma ikan-ikan di teluk cope cod yang ganas. Setelah itu, katanya “saya berpikir saya dapat melakkan apapaun” waluapun sepanjang karirnya telah mengalami berkali-kali tetap ia mencoba dan bersuaha semaksimal sesui kemapuan yang ia miliki.

Dari kisah di atas kita memahami bahwa ketika kita merasa takut, dan gagal dan selalu ada masalah disitulah pentingnya sikap percaya diri yang akan memberikan dorongan dan miotivasi untuk selalu dapat mengatasi dan menghadapinya.

Artikel terkait lainya : #6 rahasia sukses berwirausaha yang benar dan terarah untuk menunjang kesuksesan anda di masa depan

Maka dari itu kita harus memberikan sedikit demi sedikit sikap percaya diri ini pada diri kita. Meskipun dari hal yang lebih kecil.

Bagaiamanakah caranya? Apakah dengan sebuah rencana yang besar yang mebuat kita makmur,  sekali mangatasi ketakutan kita selamanya . banyak orang di luar sana yang percaya bahwa satu kesuksesan besar akan memcahkan masalah kepercayaan  diri selamanya.

Maka dari itu jangan pernah mengulur-ulur waktu dan harapanmu, kesempatan itu haruslah kamu dapatkan segera, karena kesempatan itu tidak akan datang kedua kalinya. 

 
Pentingnya menumbuhkan keberanian dan sikap percaya diri : Motivasi diri
Pentingnya menumbuhkan keberanian dan sikap percaya diri : Motivasi diri

Nah, sekarang jika kamu sudah merasakan kesuksesan dari sikap percaya dirimu maka hampirilah dengan senyuman bahagia atas kerja kerasmu selama ini, dan buatlah tujuan yang lebih besar dari keberhasilanmu, dan keluarlah dari zona nyamanmu. Raihlah tujuan itu dan rasakan dengan baik

Membangun kepercayaan diri bukanlah hal harus dilakukan dengan cepat akan tetapi  membangun kepercayaan diri selangkah demi selangkah dengan begitu kepercayaan diri akan lahir  dan tumbuh dengan sendirinya.

Banyak sekali cara sederhana membangun kepercayaan dirimu, bisa dengan membaca teks pidato di depan kaca, dan bayangkan kamu sedang berpidato kepada orang banyak, inilah contoh dari hal sederhana melatih kepercayaan diri

Sebenarnya tidak ada yang lebih utama selaian mampu menghadapi tantangan yang semakain tinggi, tumbuh dan belajar setiap kalinya dan melawan rasa takutmu.

Nah, maka dari itu mulailah dari sekarang tanpa ada kebimbangan dan keragu-raguan untuk melangkah membangun kepercayaan dirimu sendiri
Tentu saja dalam proses yang akan kamu jalani tidak akan benar-benar berakhir. Seiring berjalanya waktu tujuan kita akan semakin besar dan besar ibarat sebuah pohon yang di tanam dan di pupuk dengan baik maka akan tumbuh menjadi pohon dewasa yang siap menghasilkan buah dari usaha kita.

Begitulah juga ketakukan kita akan semakin kecil dan mengecil, sementara itu, kita akan menemukan bahwa semua kegagalan adalah hal megajarkan kita tentang hal yang harus kita ketahui , dan kita akan kembali dengan keberanian yang lebih baik

Sebagai penutup dari kata motivasi ini mari kita renungkan firman allah dalam quran alam nasyarh 5 – 8
 
“karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai dari suatu urusan. Kerjanlah dengan sengguh-sungguh urusan yang lain, dan hanya kepada rabb-mulah hendaknya kamu berharap”

Jadi intinya dari firman allah swt. Dalam alam nasyarah 5 – 8 ialah bahwa setiap cobaan dan tantangan adalah hal yang tidak dapat kita hindari akan tetapi apabila kita menerimanya dengan iklas dan tabah dan beruaha untuk bangkit percayalah setiap kesulitan itu ada kemudahan.

Akan tetapi bukan berarti kita harus berdiam diri saja tetapi di kerjakan dengan sungguh-sungguh dan benar dan hanya kepada allah.swt kita hendaknya berharap

Semoga artikel berikut ini dapat membeikan suntikan motivasi di dalam jiwa kamu, bahwa kita hidup di dunia ini perlu ikhtiar dan usaha sesuai dengan kemampuan kita yang dilakukan dengan sungguh-sungguh agar hasil yang didapat sesuai sengan apa yang diharapkan degan begitu rasa percaya akan dirimu akan datang dengan sendirinya. Sampai jumpa lagi pada artikel motivasi lainya,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pentingnya menumbuhkan keberanian dan sikap percaya diri : Motivasi diri"

Berlangganan via Email