Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia

12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia - Indonesia tekenal dangan mitos dan mistis yang sangat kental, hampir setiap daerah memiliki cerita-cerita horor yang cukuk buat kuduk merinding.

bila berbicara dengan hal mistis di  indonesia, kita akan kaitkan dengan sosok-sosok penampakan yang cukup mengerikan jika lihat.

12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia
12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia

Masyarakat indonesia lebih mengenal dengan sebutan hantu yang bergentayangan di sekita kita. Konon katanya bisa disebabkan oleh balas dendam, pesugihan dan rasa tidak tentaram oleh orang yang mininggal karna di bunuh atau mati secar tidak wajar.

Benar atau tidak, masyarakat indonesia ada yang menggap ini hanyalah tahayul belaka ada juga yang berkata jujur karna pernah menyaksikan secera langsung.

Nah, dalam  artikel kali ini kita akan membahas tentang bebapaja jenis hantu yang cukup heboh dan terkenal di kalangan masyarakat indonesia. Apa saja itu ? untuk lebih jelasnya simak ulasan misteri horor dibawah ini.
 

#12 jenis hantu yang terkenal di indonesia

Setiap wilayah di indonesia memiliki beberapa cerita mistis tersendiri, mulai dari petuah hingga larangan-larangan yang masih menjadi budaya yang kental di suatu daerah.

Nah, walupun indonesia memiliki wilayah yang luas, tetap saja ada beberapa jenis hantu yang cukup trends dikuping masyarakat indonesia. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 
#1. Pocong
Mendengar kata pocong terasa bulu kuduk merinding, yup, benar sakali. Konon katanya hantu pocong menjadi ada karna pada saat pemakaman tali pocongnya tidak dilepas atau lupa melepas sehingga yang meninggal menjadi gentayangan untuk meminta dilepaskan tali pocongnya. Benar atua tidak, tegantung anda sendiri?
 
#2. Kuntilanak
Untuk urutan ke-2 yaitu hantu kuntilanak, ciri-cirnya memilki rambut yang panjang serta berwajah putih dan memakain pakaian yang serba putih dan panjang.

Desas-desus masyarkat, konon katanya hantu kuntilak ada karna ia dibunuh dan diperkosa sehingga ia menuntut balas dendam.

Ada juga karna meninggal akibat hubungan gelap dan mati dalam keadaan hamil sehingga ia menuntut untuk membalas dendam.

Dari kisah yang beredar bahwa apabila kepala kuntilanak ditusuk dengan paku, maka akan menjelma mejadi wujud wanita yang cantik yang memiliki paras muka yang rupawan bahkan hampir menyerupai manusia. Dan apabila paku di kepalanya di lepas maka ia akan menjadi ke wujud semula. Benar atau tidak, tergantung dari anda sendiri?
 
#3. Babi nyepet
Mendengar babi nyepet pasti kaitanya dengan pesugihan, babi nyepet di cirikan sebagai manusia yang menyerupai babi yang selalu ingin mencuri uang warga


Konon katanya babi nyepet dijaga oleh satu lilin di rumah oleh seseorang untuk memantau aktivitas yang dilakukan, apabila keadan terdesak maka lilin akan ditiup agar dapat menghilang seketika, namun pantang sekali lilin padam sendiri , maka itu harus di jaga dengan baik. Benar atau tidak, tergantung anda sendiri?
 
#4. Kolor ijo
Kolor ijo adalah jenis hantu yang menyerupai manusia namun tidak memakai pakaian hanya menggunakan pakaian dalam berwarna hijau.

konon katanya suka mencari mangsa pada wanita yang ditinggalkan suaminya kerja berbulan-bulan, kalau menurut aneh sih, itu bukan kolor ijo, tetapi hidung belang atua kucing garong yang lagi mencari kesempatan, hehe.
 
#5. Gundorowo
Memiliki rambut yang lebat di seluruh tubuh dan memiliki taring yang panjang.
Konon katanya ia suka mencari binatang ternak untuk dihisab darahnya sebagai makanan sehari-hari.

Jika ia tidak menemukan lagi yang dapat dihisab bisa saja manusia yang sering keluyuran di tengah malam yang menjadi mangsa,  benar atua tidak, tergantung anda?
 
#6. Buto ijo
Butu ijo dikisahkan sebagai orang yang memiliki bentuk postor yang lebih besar atau istilahnya dikenal dengan nama raksasa.

Konon katanya buto ijo sering berkeliaran di tengah hutan yang tidak berpenghuni, benar atau tidak, tergantung anda?
 
#7. Tuyul
Tuyul dikisahkan anak kecil yang memilki bentuk kepala yang bontak dan hanya mamakai celana dalam saja. Jika berbicara mengenai tuyul pasti tidak lepas dari kata pesugihan.

Konon kata desas – desus masyarakat hantu tuyul sering meminta susu langsung dari pemilik wanita, hemz gimana ya menurut anda, benar atau tidak, tergantung anda?
 
#8. Jelangkung
Dikisahkan bahwa hantu jelangkung adalah hantu yang masuk pada boneka jelangkung yang telah memanggil arwahnya.

Konon katanya bagi yang memainkan permainan mistis ini, bisa berwujung pada kematian karna sudah menjadi tumbal, benar atau tidak, teragantung anda?
 
#9. Wewek gombel
Memiliki tubuh yang cukup besar dan memiliki taring yang panjang serta bagian dada yang melember dan berlendir.

Konon katanya wewek gombel sering menyangsar anak-anak kecil yang ditinggal sendiri dirumah, banar atau tidak, tergantung anda?
 
#10. Senda bolong
Senda bolong masih satu kerabat dengan kuntilanak namun yang membedakannya adalah adanya bagian yang berlubang pada bigian tengah yang denuhi dengan belatung.

Konon katanya hantu sendal bolong sering pergi ditengah malam untuk menggangu orang yang suka keluyuran, benar atau tidak, tergantung anda?
 
#11. Suster ngesot
Suster ngesot adalah hantu penunggu rumah sakit yang cukup trends di indonesia.  Hantu suster ngesot termasuk hantu yang sedikit moderan dari beberapa jenis hantu diatas
 
#12. Hantu obor
Bagi masyarakat melayu dan banjar mengenal jenis hantu ini dengan sebutan hantu culok, ciri-cirinya suka membawa obor ditangannya

Konon katanya ia sering menampakkan diri pada daerah tepi sungat atau pantai yang sendang mencari ikan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia.

Mitos atau fakta tegantung anda menyikapinya, untuk itu tetaplah meminta perlindugan kepada allah.swt bahwa kita hidup di dunia ini penuh dengah hal-hal yang gaib.

Hantu itu bisa saja jin yang merubah wujud dan menggangu manusia agar imannya gundah.

Semoga artikel yang singakat ini dapat dijadikan bacaan ringan yang unik untuk menambah pengetahuan anda, seputar mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat indonesia, sampai jumpa lagi,bye,

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "12 jenis hantu yang terkenal di indonesia : Mitos dan Horor versi indonesia"

Berlangganan via Email