Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda

7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda - Teman adalah seseorang yang paling dekat bagi anda dalam bidang privasi, bahkan melebihi pacar atua keluarga anda.

Di waktu kecil kita sudah memiliki teman, teman sebaya, teman sebangku, teman seperjuangan, teman tapi mesra, hingga teman berbulu serigala.

Hiruk pikuk pergaulan sangat berpengaruh pada perkembangan anak, hingga menurut para ahli yang paling berpengaruh untuk proses perkembangan anak adalah lingkungan dimana ia tinggal dan salah satunya teman bermainnya.

Teman memang bisa menjadi semangat dan motivator ketika anda sedang terpuruk, namun apabila tidak mampu memilih teman yang baik, bisa saja suatu hari nanti teman itulah yang membuat anda makin terpuruk.

Teman bukanlah sahabat, tetapi sahabat sudah tentu teman, dalam kehidupan sehari-hari kita tentu memiliki banyak teman, namun tidak semuanya dapat dikatagorikan sahabat.


7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda
7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda

Sahabat berbeda dengan teman, karna ia bukanlah teman biasa melainkan teman untuk  senang dan suka cita bersama untuk saling berbagi makna kehidupan agar saling memberikan motivasi dan semangat disaat kita terpuruk.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membagian tips sederhana tentang 7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Perbedaan TEMAN dan SAHABAT

Sebuah syair lagu dari ciptaan raja dangdut roma irama yang berjudul sahabat memberikan gambar tentang apa itu sahabat dan apa itu teman
  • Mencari teman memang mudah‘Pabila untuk teman sukaMencari teman tidak mudah‘Pabila untuk teman duka
  • Banyak teman di meja makanTeman waktu kita jayaTetapi di pintu penjaraDi sana teman tiada
  • Mencari teman memang mudah‘Pabila untuk teman sukaMencari teman tidak mudah‘Pabila untuk teman duka
  • Sesungguhnya nilai teman yang saling setia lebih dari saudaraItu hanya mungkin bila di antara kita seiman seagamaSeumpama tubuh ada yang terlukaSakitlah semuanya

Jadi dapat kita bedakan bahwa
 
TEMAN adalah : teman akan datang pada kita disaat kita sukses dan berhasil, namun belum dapat dipastikan apakah ia akan ada disaat kita terpuruk dan jatuh yang memerlukan dukungan dari temannya 

SAHABAT  adalah :  teman yang melebihi sekedar teman biasa karna ia bukanlah orang yang akan datang pada saat kita sukses namun sebaliknya yaitu ketika anda jatuh dan tersungkur disaat itulah ia mengulurkan tangannya untuk membantu anda berdiri dan menyembuhkan luka anda serta membimbing anda berjalan.

Sebuah realita yang kita rasakan bahwa untuk mencari teman bukanlah hal yang sulit namun untuk mencari satu orang sahabat itu bukanlah hal yang mudah, karna kita harus bisa saling menghargai satu sama lain dan merasakan rasa duka bersama untuk mencapi cita-cita bersama.
Apakah kamu sudah memiliki sahabat terbaikmu?

Artikel terkait lainnya : 63 Peribahasa dan artinya :Bahasa Indonesia

#7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat

Nah, kamu sudah tahu bukan apa itu teman? Dan apa itu sahabat? Keduan memang hampir mirip namun memiliki pengaruh yang berbeda bagi perkembangan anda.

Kembali ketopik judul artikel kali ini yaitu cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat.

Untuk menentukan kreteria teman yang mampu dijadikan sahabat bagi anda, dijadikan tempat saling curhat pengalaman hidup dan sebaginya, haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
 
#1. teman yang membimbing ke arah yang lebih maju
Sahabat terbaik yang anda punya adalah teman yang bukan membuat anda makin terlena dengan kesenangan belaka namun mampu membimbing anda menjadi lebih baik dan berkembang.

Teman yang baik itu tidak akan mampu membiarkan sahabatnya untuk menjadi orang yang menyia-nyiakan waktunya untuk hal yang tidak berpaidah. Ia lebih suka mengajak anda untuk lebih bisa mengengambangkan kreativitas dan bakat anda.
 
#2. Teman yang mampu mengerti anda
Ketika ia sudah mampu memahami keperibadian anda, rasa saling percaya, itulah ciri-ciri teman yang sudah dikatagorikan sahabat.
 
#3. Ada disaat ketika anda jatuh
Teman yang dikatagorikan sahabat  apabila ia ada disaat anda jatuh, bukan banyak jenis teman yang mampu melakukan hal ini, hanya sahabat sejatilah yang bisa melakukan hal ini. Karna ia sudah mampu memahami rasa duka bersama dan senang bersama
 
#4. Tidak pernah menusuk anda dari belakang
Istilah bekennya adalah serigala berbulu domba, teman yang dikatagorikan sahabat adalah teman yang tidak pernah berusaha menyakiti anda secara terang-terangan atau secara halus.

Contohnya yaitu ia Tidak pernah menjelek-jelekan anda di belakang bayangan anda, dan menjadi seorang penikung baik di dalam asmara, pekerjaan atau karir anda.
 
#5. Selalu memberikan motivasi dan penyemangat
Tanda seorang sahabat itu yaitu ia selalu memberikan semangat untuk anda, selalu memberikan motivasi untuk anda.

Ketika anda menyampikan permasalahan hidup anda, ia akan mendeganrkan segala masalah anda, dan menyikapinya secara lebih bijkasana dengan memberikan solusi dan motivasi untuk anda
 
#6. Bangga dan senang ketika anda sukses
Teman yang baik itu akan senang ketika anda sukses, ia akan mengucapkan selamat atas kesuksesan anda, ia bangga kepada anda, hingga kadang-kadang dialah yang membuat acara pesta menyambut kesuksesan anda. Jika hal ini terjadi dia bisa dikatagorikan sebagai sahabat sejati anda
 
#7. Membimbing anda dalam ketaataan untuk berbuat baik dan beribadah kepada allah.swt untuk selamat dunia akhirat
Ketika anda berbuat maksiat disitulah ia mengingatkan anda untuk kembali ke jalan yang benar. Ketika anda salah jalan dalam melangkah disitulah ia meluruskan arah hidup anda.

Ia membimbing anda untuk lebih taat kepada allah.swt, teman yang baik itu adalah bukan hanya yang mampu membimbing anda pada kesuksesan materi saja (dunia) namun mampu membimbing anda pada ketaatan dalam beribadah (religius) untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.

Nah, sekarang  kamu sudah tahu bukan 7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda.

Dalam etika berteman kita sebaiknya tidak membeda-bedakan teman, namun bukan berarti semuanya harus dijadikan, semua itu harus seimbang karna sahabat adalah orang yang paling dekat bagi anda.

jika ia sahabatmu lakukanlah seperti apa yang ia berikan padamu

Janganlah bercermin di air keruh karna kamu tak akan mungkin melihat wajahmu
Janganlah berteman dengan orang yang buruk tingkahnya, bisa saja kamu kena getahnya hingga menular kesulurh sifat baikmu.

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 Cara memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat untuk perkembagan anda"

Berlangganan via Email