Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara bermain permainan batako – permainan seru untuk peserta didik

Cara bermain permainan batako – permainan seru untuk peserta didik - Batako di ambil dari kata bata yaitu bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dijemur atau dibakar, yang tengah – tengahnya terdapat lubang yang biasanya berwarna orange.

Bata atau batako sering digunakan sebagai media membuat dinding rumah beton yang cukup banyak digunakan.

Cara bermain permainan batako – permainan seru untuk peserta didik
Cara bermain permainan batako – permainan seru untuk peserta didik

Namun jika kita ingin lebih kreatif lagi kita mampu membuat barang bangunan untuk dijadikan media permainan yang cukup menarik untuk dimainkan.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara bermian permainan batako – permainan seru untuk peserta didik, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#Cara bermian permainan batako – permainan seru untuk peserta didik

Permaian yang seru yang dapat melatih anak-anak untuk lebih fokus dan bekerja sama dan tetap memikirkan langkah yang tapat dalam setiap tindakan dan tingkah lakunya.

Permainan ini cukup memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan si-anak, tampa memperpajang cerita lagi, langkah-langkah memulai permainan ini sebagai berikut :
 
Persiapan awal
  1. Pemain (anak-anak)
  2. Pelatih/pengawas
  3. Lapangan(disesuikan)
  4. Batako (disesuiakan)

Cara bermain :
Langkah awal siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan 

Buatlah beberapa kelompok anak-anak atau bisa juga dibuat secara tunggal.

Nah dalam cara bermainnya saya bagi menjadi 2 bagian diantaranya secara tunggal dan berpasangan
 
#Secara tunggal
Untuk secara tunggal, dapat dilakukan oleh hanya satu orang anak saja

Langkah awal siapkan batako berjumlah empat buah , jadi jika peserta yang akan bermaian adalah 4 orang berarti harus menyiapakan batako berjumlah 4 x 4 = 16 buah

Buat garis star, garis ini berfungsi sebagain fatokan buat si anak untuk berbaris dengan rapi

Berikan contoh dulu kepada peserta tata cara bermaiannya yaitu dengan cara peserta berdiri diatas batako, dan memegang batako lainnya, intinya peserta seperti merangkak dan tidak boleh mimijak tanah

Untuk menentukan pemenangnya yaitu barang siapa yang menyelesaikan hingga kegaris  finish lebih  awal maka dialah pemenangnya.
 
#Secara berpasangan
Untuk tata cara bermain secara berpasangan hampir sama dengan bermain secara tunggal, namun hanya saja dilakukan secara berpasangan.

Cara bermainnya, peserta terdiri dari 2 orang masing-masing – masing peserta hanya mendapatkan 6 buah batako dalam 2 orang.

Peserta harus dapat berdiri dan berpijak pada batako dengan gaya apapun hingga batako dapat berpindah dan bergerak dengan cara memindahkannya, akan tetapi perlu diperhitungkan juga bagimana kamu tidak memijak tanah (harus berpijak pada area batako)

Untuk menentukan pemenangnya sama saja barang siapa yang lebih dulu sampai ke garis finish dialah pemenangnya.

Artikel terkait lainnya : Kumpulan kata bijak, motivasi dan inspirasi 2016 : ayo tetap semangat

#Tata cara permainan dan aturan permainan
Agar permainan dapat berjalan dengan baik dan berjalan secara sportifitas maka perlu adanya aturan dan ketetapan yang harus dibuat, yaitu sebagai berikut :
  • Pemain tidak boleh memijak bumi atau tanah, peserta hanya di perbolehkan berpijak di atas batako saja, apabila peserta memijak tanah maka peserta di anggap Dist.
  • Peserta boleh melakukan gerakan apapun untuk memindahkan batako ketempat lain agar pijak-kan anda dapat bergerak, asal tidak peserta tidak memijak bumi.
  • Ketetapan pemenang ditentukan bagi peserta yang mampu melewati rintangan hingga mencapai garis finis lebih awal.
  • Peraturan ini akan berlaku pada ke-2 ketetapan dari permaian di atas yaitu untuk sesi tunggal dan untuk sesi ganda.

#Manfaat dari permainan dari batako
Permainan anak-anak selalu memberikan rasa ceria dan bahagia, namun harus tetap diselipkan fungsi dan manfaat yang ada, manfaat yang dapat kita ambil dari permainan batako adalah sebagai berikut :
  • Melatih anak-anak untuk berfikir tenang
  • Melatih anak-anak untuk berfikir lebih fokus dan terarah
  • Melatih anak-anak untuk dapat menyeimbangkan gerak tubuh
  • Melatih anak-anak untuk dapat mengambil keputusan dengan bijaksana
  • Melatih anak-anak untuk dapat berkerja sama dengan tim
  • Melatih kebugaran jasmani anak-anak
  • Meningkatan rasa ceria  dan dunia baru yang lebih mengasikkan pada anak-anak
  • Sebagai media pembelajaran dengan cara permainan yang mendidik

#Kreasi permainan batako
Bagi anda yang ingin mengkreasikan dari permainan unik ini, dapat memberikan sedikit bumbu pada area jalur si anak dengan melalui beberapa tahapan.

Contohnya seperti anak harus melewati pos-pos yang setiap pos terdiri dar tugas – tugas yang telah dibuat, seperti anak harus menyusun pazzel atau anak-anak harus menjawab soal, jika anak tidak mampu maka harus menunggu waktu 30  detik, sebelum melanjutkan ke pos-pos berikutnya.
Nah, begitulah tata cara mengkreasikan permaian batako, kamu bisa berpikir lebih kreatip lagi, mungkin saja kamu bisa memvariasikan dengan cara yang lain.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara bermian permainan batako – permainan seru untuk peserta didik

Banyak sekali permainan-permaian yang mampu dimainakan oleh peserta didik atau anak-anak yang lebih bermanfaat dan yang lebih penting mengasyikan, hal ini tentu tidak kalah dengan permainan teknologi pada abad ini.

Salah satu permaian seru lainnya yang pernah saya update pada artikel sebelumnya, untuk mengetahuinya kamu bisa baca pada artikel berikut ini.
 
Artikel terkait lainnya : Cara bermain keret – pipet (permainan gembira untuk anak dan peserta didik)

Pada masa sekarang anak-anak sudah meninggalkan permainan yang bersifat outdoor karna lebih menyukai permainan yang berhubungan dengan teknologi, untuk itu bagi seorang pendidik, tidak ada salahnya untuk menyelipkan permainan gembira dalam aspek-aspek cara mangajar yang lebih efektif.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sampai jumpa lagi pada artikel seru lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara bermain permainan batako – permainan seru untuk peserta didik"

Berlangganan via Email