Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak

Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak - Kendaraan bermotor di indonesia memang sangat populer hampir seluruh masyarakat memilikinya karna kebutuhannya yang sangat penting mulai dari untuk bepergian, mengantar anak sekolah, hingga untuk menghindari macet apalagi di daerah ibukota jakarta, tapi syukurlah di daerah saya tidak sepadat jakarta.

Kendaran motor samahalnya dengan alat-alat lainnya kadang-kadang sering bermasalah apalagi ketiak motor anda jarang anda rawat atau service.



Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak
Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak

Pernahkah anda sedang asik-asiknya berkendara di jalan raya, tiba-tiba motor anda  mogok atau mati secara mendadak, apa yang harus anda lakukan ketika mengalami masalah ini.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati mendadak (mogok)

Ketika anda berada dijalan raya, tiba-tiba motor mati mendadak, yang malah bikin anda kesal disaat hal itu terjadi, tempat service di daerah terdekat tidak ada, apa yang harus dilakukan?

Ketika dalam kondisi seperti ini kamu tidak perlu panik, tetapi lebih fokuskan ke service motor secara otodidak. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

#1. Periksa bahan bakar
Langkah awal yang kamu perhatikan adalah bahan bakar minyak anda, penyebab utama motor mati mendadak pada umumnya disebabkan oleh bahan bakar yang kering melompong.
 
Tips berkendaraan yang bijak
Ketika anda merasa ingin berpergian dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Langkah yang perlu kamu cek lebih awal apakah bahan bakar memenuhi jarak tempuh tempat yang anda tuju, untuk itu sedia payung sebelum hujan, maksudnya sedia minyak bensin full terlebih dahulu pada tabung minyak kendaraan.

#2. Memerikasa lubang pernapasan pada tutup tangki
Ketika lubang pernafasan pada tutup tangki tertutup  maka efeknya bensin tidak bisa masuk atau turun ke karburator, akhirnya motor mati mendadak.
 
#3. Memperhatikan saluran bensin pada bagian kran bensin
Pada setiap motor kadang-kadang terdapat kran motor, nah kamu perlu memperhatikan kran motor anda,  pastikan dalam keadaan on agar bensin bisa turun ke karburator atau bisa juga saluran kran tersumbat, cara mengatasinya kamu bisa coba memersihkannya.
 

#4. Businya mati atau businya kotor
Masalah ini sering dialami bagi pengguna jalan rakyat indonesia, karna kadang-kadang jalan yang lalui sangat kotor atau terendam air seperti pada musim sekarang ini, jalanan penuh dengan genangan air sungai.

Ketika busi terkena air, maka mesin motor bisa mati mendadak karna pecikan atua sumber energi listrik pada kendaraan bermotor tidak ada.

Solusi dari permasalahan ini adalah anda harus membuka busi motor anda menggunakan perkakas service motor, setelah terbuka bersihkan busi motor beserta tempatnya, setelah itu pasang kembali, dan cek apakah motor anda kembali hidup.
 
#5. Busi Rusak
Ketika busi motor anda dalam keadaan hampir-hampir rusak, biasanya motor sering mengalami mogok yang berkepanjangan, cek keadaan busi anda, jika tidak memandai lagi penggunaanya lebih baik anda menggantinya dengan busi motor sesuai dengan tipe motor anda.
 
#6. Platina motor yang tidak bekerja karna ada baut yang longgar
Rangkai pada motor anda haruslah saling kuat dan kokoh agar setiap energi listrk yang dihasilkan tetap terjaga. Kamu bisa cek bererapa mur dan baut pada area platina pastikan tidak ada mur dan baru kebel yang longgar.
 

#8 Penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak

Dari penjelasan di atas bahwa dapat disimpulakan bahwa penyebab utama dari motor anda mati mendadak biasanya karna hal-hal sebagai berikut:
  1. Bensin tidak turun pada karburator
  2. Saluran bensin tersumbat
  3. Ada hubungan kebel pengapian yang lepas atau longgar
  4. Busi rusak
  5. Busi dalam keadaan basah atau kotor
  6. Platina motor tidak bekerja karna ada bagian kebel yang lepas disebebkan oleh mur atau baut yang longgar
  7. Overheating (penggunaan secara berlebihan) 
  8. Jut utama dan jet langsam pada karburator (saluran tersumbat)
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak.

Sepeda motor memang kadang-kadang bisa menjadi error apabila penggunaan-nya secara berlebihan dan tidak sesuai petunjuk pemakaian.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu, sampai jumpa lagi pada artikel otomotif lainnya, bya.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Cara mengatasi mesin motor yang sedang hidup tiba-tiba mati serta 8 penyebab kemungkinannya motor mogok secara mendadak"

  1. Dapat mengetahui kerusakan yg terjadi pada bagian dlm motor sehingga memudahkan utk dpt mengetahui part yg akan diganti tha
    nks.

    BalasHapus

Berlangganan via Email