Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot

Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot - Knalpot adalah adalah salah satu alat yang berhubungan dengan sepeda motor atau mobil yang lebih dikaitkan sebagia media pembuangan dari hasil proses pembakaran mesin kendaraan.

Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot
Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot

Knalpot memang sangat diperhitungkan pada suatu kendaraan karna hasil pembakarakan pada mesin kendaraan apabila asap atau hasil pembuangan tidak sesuai standar pabrik tentu akan mengalami masalah dan dampak lingkungan.

Salah satunya yaitu apabila asap pada knelpot sudah tebal sehingga dapat merusak lapisan ozon dilangit, mencemari lingkungan dan menimbulkan polusi terhadap manusia, tentu tidak akan baik untuk kesehatah.

Masalah lain yang sering kita alami adalah para ahli service kendaraan secara otodidak sering memodifikasi knalpotnya, akan tetapi cara memodifikasinya yang salah yaitu sering menghasilkan suara yang kencang yang membuat kebisingan di jalan-jalan dan dapat dikatagorikan sebagai polusi suara.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot , apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#Cara merawat knalpot sepeda motor

Knalpot memang bukanlah hal yang terlalu penting jika dibandingkan dengan mesin pada sepeda motor, namun apabila kenalpot dalam keadaan bermasalah, seperti batang besinya mengalami kebocoran, malah bikin anda pusing bukan.

Bagaimana tidak, suara yang dihasilkan dari knalpot yang bolong dapat membangunkan warga sekampung yang asik-asiknya tidur. hehe

Sebenarnya cara yang dapat ditempuh untuk memperbaiki knalpot motor dapat melalui 2 cara yaitu : 
  • Dengan cara di las atau di tambal pada bagian yang berlubang
  • Dengan cara mengganti secara utuh batang besi pada knalpot biasanya biaya service kisaran Rp. 50.000.00.
Nah, kita kembali ke topik pembicaraan, tentang perawatan knalpot motor, menurut saya pribadi perawatan kenalpot tidak lah terlalu sulit namun cukup anda perhatikan saja, karna kita tahu sendiri knalpot pada motor mudah sekali rusak karna bantang besi pada knalpot mudah berkarat. Untuk lebih jelas tentang masalah ini, mari kita simak ulasan berikut ini.
 
#1. Menghindari besi knalpot mengeni air yang mengandung kadar garam tinggi (asin)
Besi sangat lemah terhadap air yang banyak mengandung zat garam atau juga air asin, batang knalpot yang terkena percikan air asin ketika anda melewati suatu daerah sebaiknya langkah pencegahanya yaitu kamu segara membersihkan batang knalpot tersebut dengan air hujan agar kandungan air asin pada knalpot tidak masuk ke zat pada batang besi knalpot.

Artikel terkait lainnya : 6 cara merawat key shutter motor dan mobil agat tidak mudah lost

Kesalahan yang sering dialami oleh pengguna kendaraan adalah yaitu membiarkan batang knalpot kering dengan air asin, setelah kering baru disiram dengan air hujan, menurut saya hal ini kesalahan fatal apabila dilakukan secara terus-menurus.

#2. Segera membersihkan knalpot segera mungkin ketika kotor

Sama halnya dengan poin nomor -1 ketika knalpot dalam keadaan kotor cobalah segara mungkin untuk mebersihkannya, karna apabila batang knalpot sering kotor terlalu lama maka menyebabkan batang besi knalpot menajadi lebih mudah berkarat
 
#3. Tidak sering melakukan gas motor secara mendadak dengan tenaga yang kuat
Posisi batang besi knalpot yang miring menyababkan tekan udara pada sisi yang miring lebih kuat, coba anda perhatikan ketika knalpot anda bolong, pada bagian manakah yang lebih sering mengalami kerusakan besi pada knalpot, rata-rata kerusakan batang besi pada knalpot yaitu pada lekukan udara.

Ketika anda sering melakukan gas secara mendadak maka tekanan udara yang keluar akan besar sehingga gesekan antara tekanan udara dengan batang knalpot akan lebih besar.
 
#4. Gunakan produk knalpot yang original dan sesuai dengan standar pabrik
Jenis-jenis knalpot dan batang knalpot banyak sekali macamnya, yaitu dari bentuk KW hingga Ori.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pemakaian knalpot cobalah untuk memakai jenis knalpot sesuai dengan pabrik dan sesuia dengan jenis kendaraan anda, jika yamaha usahakan menggunakan produk yamaha, begitulah seterusnya.
 
#5. Tidak memodifikasi knalpot anda
Langkah terakhir  yaitu usahakan menggunakan produk knalpot sesuia dengan bentuk pabrik dan sesuia dengan apa yang telah dibuat sebelumnya.
 

#Penyebab munculnya asap putih pada knalpot

Biasanya indikasi kerusakan pada knalpot di tandai dengan munculnya asap putih pada kenalpot, penyebab utamanya karna :
  • Torak,cincin torak danlubang slinder telah aus/russak
  • Terlalu banyak mengisi oli pelumas, sehingga dapat naik pada ruang bakar
  • Tekanan pompa oli terlalu tinggi
  • Penggunaan mutu oli yang kurang baik

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan tentang Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot.

Kendaraan adalah teman yang selalu menemani anda kemana-mana jadi rawatlah kendaraan yang kamu punya sebaik-baiknya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam bidang otomotif, sampai jumpa lagi pada artikel terkait lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara merawat knalpot sepeda motor serta Penyebab munculnya asap putih pada knalpot"

Berlangganan via Email