Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua

5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua - Jika kita amati masa sekarang dan masa dahulu, memang jauh perbedaanya, namun selama ini kita selalu membandingkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun jika amati dari pola dan tingkah laku dari pola dan pikir manusia juga berubah salah satunya rasa cinta dan kasih sayang kepada anak.

5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua
5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua

Apasih maksud dari kasih sayang dan cinta itu? Maksudnya rasa saling peduli dan saling memberikan kehangatan dalam tanda kutip disini yaitu dalam keharmonisan keluarga.

Kenapa dimasa sekarang banyak sekali berbagai jenis keluarga yang didalamnya terasa hambar dan kurang bergairah salah satunya hilangnya rasa kasih sayang dan cinta sesama anggota keluarga.

Jika rasa cinta dan kasih sayang ini sudah hilang, dan apa efeknya bagi anak? Ya betul sekali anak menjadi membangkang dan sering menolak beberapa perintah dari orang tua, hal ini bisa jadi karna hilangnya rasa kasih sayang dan cinta.

Hal inilah yang menjadi fakta bahwa anak-anak jaman dulu lebih nurut sama orang tua ketimbang pada masa sekarang, karna pada masa – masa dulu rasa cinta orang tua untuk menjalaninya benar, memang rasa cinta orang tua kepada anak tidak akan bisa tergantikan baik dimasa dulu dan sekarang.

Namun yang menjadi permasalahannya dalam beberapa praktek kebiasaan sehari-hari sudah mulai ditinggalkan, hal ini bisa disebabkan semakin tingginya kebutuhan dan perubahan zaman, seharusnya untuk menjadi manusia yang bijak, kita tidak boleh dikalahkan oleh perubahan zaman namun sebaliknya kita mampu mengalahkan itu semua dan dapat menyesuaikan diri tampa merubah hal yang lama menurut anda baik bagi anda dan keluarga anda.

Nah, dalam artikel kali ini  kita akan mengupas lebih jauh mengenai kebiasaan – kebiasaan kecil yang sering dilupakan oleh keluarga kepada anak yang jusru kebiasaan inilah yang bisa memberikan rasa kasih sayang dan cinta pada anak yang akhirnya anak akan tahu berapa cintanya orang tuanya kepada dia, sehingga kelak saat dia sudah menginjak remaja tidak akan menjadi anak yang membangkang malah sebaliknya menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya, untuk lebih jauh mengenai hal ini, uraiannya sebagai berikut.
 

#5 hal yang kecil kebiasaan yang telah dilupakan orang tua yang dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan cinta anak kepada orang tuanya

Sebenarnya untuk menjadikan anak itu menjadi anak yang berbakti kepada orang tua tidaklah begitu sulit, anda dapat memulainya dari hal – hal kecil yang justru hal – hal seperti ini yang sering dianggap remah oleh orang tua.
Padahal dibalik hal – hal sepele ini tersimpan cinta dan kasih sayang sesama anggota keluarga agar menjadikan masing – masing anggota keluarga menjadi orang yang saling cinta dan mencintai. Kebiasaan yang terluapakan itu adalah sebagai berikut :
 
#1. Menyuapi anak makanan dengan tangan anda
Kelihatannya sepele ya, padahal tersimpan rasa kasih sayang dan cinta yang amat besar dari hal ini, memang pada umumnya orang tua cendrung menyuapai anak menggunakan sendok, cobalah ganti menggunakan tangan anda untuk sekedar memberikan makan pada anak anda. Apalagi sampai anda menguyahkan makanan kepada anak anda terlebih dahulu baru diberikan pada anak.

Artikel terkait lainnya : 6 jenis bahan lantai rumah kelebihan dan kekurangannya (kayu, keramik, granit, marmer, tegal dan teraso)

Rasa kasih sayang dan cinta ini akan selalu dikenang oleh anak dan tentu saja ia akan menajadikan orang tuanya seorang yang harus ia hormati dan bahagiakan sebagaimana ia telah diberikan rasa kasih sayang dan cinta diwaktu dulu ketika anda menyuapai dengan tangan anda sendiri, bukan baby sister ya gan, hehe :D

Dalam beberapa kasus dimasa sekarang banyak anak – anak yang susah sekali diajak makan, selalu lari sana, selalu lari sini, tapi ketika anda sudah memberikan kasih sayang walaupun hanya sekeder makan, problem seperti pasti lewat, pasti deh anak-anak anda akan dekat dengan anda ketika hendak makan anda selalu menyuapi makanan dengan penuh kasih sayang dan cinta.
 
#2. Anda memandikan anak anda dan segala urusan kebersihannya diwaktu kecil
Kita sering sekali tuh cebokin anak anda ketika kecil, anda beruntung bisa melakukan hal itu, tidak semua orang tua bisa melakukan hal seperti ini, tetapi percayalah rasa kasih sayang dan cinta anda akan selalu memberikan efek positif pada anak anda, dan tentu saja ia akan menjadi anak yang penurut.

Anda selalu memakaikan baju ketika ia belum bisa memakai baju sendiri, memandikannya, dan segala urusan kebersihannya.

Kedekatan orang tua kepada anak tidak dapat hanya diukur dari segala kecukupan materinya terpenuhi, tetapi kedekataan-kedekataan seperti inilah yang sudah jarang dilakukan oleh orang tua, padahal tersimpan manfaat yang cukup besar kelak ketika mulai tumbuh menjadi anak – anak remaja yang siap berbakti kepada orang tuanya.
 
#3. Ceritakan dongeng atua kisah inspirasi pada anak ketika ingin tidur
Ketika hendak tidur juga anda perlu pendekatan interaktif kepada anak – anak anda, ketika hendak tidur anda bisa menceritakan kisah – kisah para nabi kepada anak agar anak sudah mendapatkan minset pendidikan dari kisah –kisah yang anda ceritakan.

Namun tidak hanya itu, anak – anak juga akan mendapatkan rasa kasih sayang dan cinta dari kedua orang tua.
 
#4. Sering bermain secara langsung kepada anak
Memang tidak semua orang tua memiliki waktu luang untuk bisa bemain dengan orang tuanya, tapi sebagai orang tua yang tahu akan bagaimana menjadi orang motivator dan pembimbing anaknya, tentu ia tidak pernah melewatkan perkembangan anaknya sendiri, dalam hal kecil selalu mengajarkan hal – hal penting yang baik, misalkan bermain permainan edukasi yang mendidik si anak, jika anda seorang yang super sibuk, tidak salah nya dalam satu pekan ada 1-2 kali menyiapkan waktu untuk bermain dengan anak.
 
#5. Mendengarkan isi hati dan cerita dan keluh kesah anak
Diwaktu kecil atau masa – masa remaja anak sering sekali galau, dan mengalami berbagai masalah baik disekolahnya maupun di dalam lingkungan sekitarnya, kadang – kadang anak-anak tidak ingin menceritakan problem hidupnya.

Sebagai orang tua kita harus tahu perubahan sikap anak, tingkah lakuknya dan sebagainya, untuk mengetahui tentang masalah – masalah sianak. Orang tua harus mengejak bercerita dan mendengarkan dengan baik apa yang menjadi keluh kesah anak, agar anak bisa menggap anda sebagai orang tua yang menyayangin dia lebih dari apapun.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti kepada orang tua.

Sebenarnya patuhnya anak anda kepada anda sudah ditentukan semenjak anda menjadi anak-anak dulu, ingatkah anda diwaktu kecil anda, bagaimana sikap anda kepada orang tua anda dimasa saat anda kecil.

Begitulah juga sikap anak anda kepada, jika anda ingin menjadikan anak anda seorang yang berbakti kepada orang tuanya, maka tidak bisa hanya sekedar bicara saja, namun juga ditunjukkan dari sikap anda kepada orang tua anda.

Untuk mendapatkan rasa kasih sayang dan cinta, cukuplah mudah salah satunya dari 5 tips diatas, yang cukup simpel dilakukan dan saya yakin hampir semua orang tua bisa melakukannya, termasuk saya ketika sudah bekeluarga, hehe :D

Sampai jumpa lagi pada artikel tentang cara mendidik anak dari tingkah laku dan rasa cinta dan kasih sayang, semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai anak-anak dan perkembangannya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 hal yang kecil yang dapat menjadikan anak anda menjadi seorang yang penurut dan berbakti dengan orang tua"

Berlangganan via Email