Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi

7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi - Kegiatan berwirausaha sudah mulai berkembang di negara kita ini, karna lebih menjanjikan. Pada era sekarang para pelaku kerja kantoran, hingga pegawai pemerintahan sudah mulai turun dalam dunia bisnis dan wirausaha, alasan yang sering di pakai karna tidak selamanya dapat bertahan di panggur hiburan atau pekerjaan lainnya, tentu lebih baik jika ada sebuah usaha yang dirintis sendiri, baik itu hanya sekedar sampingan atau usaha besar-besaran.

Berwirausaha itu gampang – gampang susah, dan ngeri-ngeri sedah. Yah, begitulah yang sering diutarakan.

7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi
7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi

Pengalaman dan kemampuan berwirausaha bukanlah pelajaran yang baku seperti mate-materika, atau sains, namun lebih kepada kemampuan anda dalam mengolah bisnis, semua itu bisa di dapat dari teman, hobi, pengalaman, ikut pelatihan dan lain sebagainya.

Pemilihan umumnya kebanyakan orang memilih jenis usaha berdasarkan minat konsumen dan trend pasar, hal ini tidak salah namun jika anda tidak menguasai jenis usaha karna tidak ada keahlian atau kemampuan dasarnya,  biasa jadi dimasa depan anda akan mengalami banyak hambatan dan rintangan yang sulit anda selesaikan.

Kenapa memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hoby itu lebih baik? Hobi adalah suatu yang digemari, diminati, atau suatu yang apa bila dikerjakan tidak menimbulkan rasa lelah, tertekan pada diri anda.

Misal anda sangat hobi memelihara ikan hias, biasa saja anda merintis usaha budi daya ikan hias. Contoh usaha ini akan lebih baik bagi anda jika anda menggulutinya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih juah mengenai keunggulan dan manfaat yang dapat anda rasakan ketika memilih usaha berdasarkan passion atau hobi. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya. YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi

Setiap orang memiliki hobi-nya masing-masing, ada yang suka olahraga, ada yang suka menari, hingga hobi bermain geme, bagi yang memiliki hobi berwirausaha tentu akan memiliki kelebihan ketika ia memulai merintis usahanya. Bagaimana dengan anda yang tidak memiliki hobi berwirausaha namun ingin memulai membuka usaha sendiri.

Saran terbaik yaitu memulia usaha sesuai dengan passion anda? Contohnya seperti anda suka dengan bermain bola, kenapa tidak anda manfaatkan hobi anda menjadi sebuah usaha sepeti membuka lapangan futsal rental, atau menjadi istruktur pelatih sepak bola, atau menjual peralatan atau aksesoris yang berhubungan degan sepak bola. Pada umumnya usaha yang dirintis seperti ini akan bertahan lama, serta tentu anda akan mendapatkan fasilitas – fasilitas keunggulan yang lain, diantaranya sebagai berikut :
 
#1. Dapat Bekerja lebih keras
Anda akan semangat setiap kali ingin memulai bekerja dan membuka usaha anda, hal ini karna dorongan dari otak anda yang sudah memang menyukai apa yang anda rintis.

Anda akan memiliki semangat yang lebih sehingga mampu bekerja keras tampa ada rasa beban dihati karna itu adalah passion anda sendiri.
 
#2. Dapat memecahkan banyak kendala yang rumit dengan mudah
Setiap usaha tidak akan lepas dari masalah, seperti halnya hidup yang tak akan pernah lepas dari masalah, jika anda berkata hidup saya terlalu rumit dan masalah selalu datang. Coba anda tanyakan kepada teman anda, apakah ia punya masalah juga? Tentu saja “YA”.

Dalam memulai merintis usaha, hingga mengembangkan usaha anda, tidak akan pernah lepas yang namanya masalah, tapi pengaturan dan pengendalian masalah itulah yang harus anda kuasai serta dapat mengurangi dari masalah yang datang.

Ketika anda bekerja sesuai dengan passion anda sendiri, masalah yang rumit bahkan besar terasa mudah sekali untuk diselesaikan, orang yang ahli IT akan mudah menyelesaikan problem yang berhubungan dengan IT tampa harus meminta bantuan dari temannya. Begitulah perumpaan ketika masalah datang dalam usaha anda, kamu tidak akan panik atau loncat – loncat karna penyelesaiannya sudah menjadi darah daging buat anda.
 
#3. Mahir melakukannya
Ketika ibu – ibu rumah tangga memulai usaha kue kering, biasanya tidak perlu khursus kesana kemari, karna sudah mahir melakukannya.

Berbeda ketiak ibu – ibu rumah tangga yang ahli  membuat kue membuka usaha jasa repair leptop dan komputer. Tentu ia akan khursus terlebih dahulu serta belajar lebih mendalam cara memperbaiki komputer dan leptop. 

Artikel terkait lainnya : Pengertian kata dasar, kata ulang dan berklitika serta contoh penggunaanya dalam kalimat

Usaha yang dirilis berdasarkan hobi dan passion pada umumnya anda sudah mahir melakukannya sehingga setiap langkah dan step-step yang dilukan terasa mudah untuk dilakukan.
 
#4. Dapat menikmati keseimbangan hidup antara pekerjaan dan pribadi
Pekerjaan adalah prioritas hidup, tapi jangan salah kesejukan hati dan ketengan anda lebih dari itu. Banyak orang yang rela menghabisakan hidupnya bekerja dibawah tekanan karna tidak menyukai atau karna memang tidak ada pilihan lain.

Bekerja sambil menggeluti hobi akan terasa lebih menyenangkan serta dapat menikmati keseimbangan hidup antara pekerajaan anda serta prioritas kedamaian hidup anda. Enak bukan.
 
#5. Bergairah melakukan pekerjaan secara konsisten
Pernahkah anda merasa bosan ketika melukakan pekerjaan yang anda rilis selama ini, apalagi ditambah dengan usaha yang tidak kunjung menghasilkan? Apa reaksi yang pada umumnya di lakukan oleh orang lain?

Tentu saja jawaban yang lebih signifikan yaitu merasa bosan, kurang bergariah, hingga muncul kata – kata ingin berhenti saja dengan usaha ini. Padahal jika ia tetap bersabar dan berusaha meningkatkan mutu usahanya, bisa saja 1 atau 2 tahun lagi menjadi pengusaha yang lebih sukses. 

“Sebagaimana rumus dalam berwirausaha, menanam padi tentu memiliki waktu untuk berbuah, tidak dalam satu hari atau dua hari, namun memerlukan waktu yang telah ditetapkan untuk berbuah, apabila dirawat dengan kesungguhan hati dan mau bekerja keras”.

Kejenuhan dan kebosanan tidak akan bisa dilawat kecuali dengan 1 cara yaitu mencintai dan menyukai apa yang telah anda lakukan, bagi yang memulai usaha berdasarkan hobinya tentu tidak akan merasa bosan, bahkan akan merasa lebih bersemangat dan bergairah untuk melakukannya secara konsisten, tentu di iringi dengan kreativitas anda.
 
#6. Tak kenal dengan Putus asa dan terus maju
Pantang menyerah, memiliki tekat yang kuat, serta memiliki banyak motivasi untuk terus berusaha akan selalu dimiliki oleh jiwa-jiwa pengusaha, apalagi jika ditambah dengan usaha yang dirilis berdasarkan passion anda sendiri.
Sikap yang disebutkan diatas adalah krakter yang wajib dimiliki calon-calon wirausaha, karna pada saat tertentu kita semua juga akan mengalami masa sulit, yang menguji kita apakah mau bertahan atau berhenti saja, dengan dorongan dan motivasi dari hobi, biasanya sikap –sikap putus asa bisa dibuang juah kelaut.

#7. Tidak ada tekanan serta dapat bekerja dengan kesenangan pribadi

Rasa ikhlas dalam bekerja, tidak dibawah tekanan akan lebih besar mengalami kesuksesan karna dapat berpikir kreatif berdasarkan passion-nya tampa memutar otak kesana kemari untuk menyesuaikan dengan pekerjaan yang tampa didasarkan dengan kesukaan dan kesenangan anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai 7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi.  Memang tidak secara mutlak usaha harus dirilis dengan berdasarkan hobi atau passion anda, namun ketika anda memulai usaha sesuai dengan bakat, hobi serta kemampuan anda, otomatis akan mendapatkan plus+, Plus+ lebih seperti yang telah di uraikan diatas. 

Semoga artikel yang singkat ini tentang memulai usaha dengan mengkaitkaan hobi dapat membuka pikiran baru buat anda yang ingin mulai terjun dalam bidang bisnis dan wirausaha, sampai jumpa lagi pada artikel bisnis lainnya, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 keuntungan memilih jenis usaha berdasarkan passion atau hobi"

Berlangganan via Email