Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami

Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami - Jika sudah mendengar urusan hapal menghapal  biasanya para murid akan mulai buyar, temasuk saya sendiri, jika harus memilih antata ulangan lisan dengan tertulis saya lebih menyukai ulangan tertulis walaupun soal yang akan di berikan lebih banyak.

Beberapa murid memang memiliki kamampuan menghapal terbatas karna pengaruh memory daya simpan otak manusia berbeda – beda, ditambah lagi dengan sifat malas, jika dicampur pasti blang tu, dan akhirnya hanya bisa pasarah jika di panggil pak guru dan cek guru kedepan, hehe seperti mau dihukum mati aja. Hehe.

Sebenarnya manusia memiliki berbagai sinyal memory yang dapat menangkap berbagai pelajaran dengan baik apabila di ulang secara terus menerus, hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap guru selalu meminta untuk mengerkan PR setiap hari supaya ada kegiatan yang dilakukan siswa untuk mengulangi pelajaran setiap harinya dengan kadar yang sedikit namun pasti.

Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami
Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami

Namun apalah daya, saya tetap masih memiliki kemampuan daya menghapal yang lemah, jikalaupun hapal itu hanya berlangsung beberapa hari saja, selanjutnya hilang entah kemana, itupun harus bekerja dengan keras untuk terus mengulang dan mengulang hapalan yang telah disimpan.

Saya coba mencari berbagai infromasi tentang cara atau metode menghapal pelajaran dengan benar, akhirnya dengan menggabungkan formula – formula yang khusus, akhirnya ada beberapa motede yang sangat pas sekali untuk kemampun otak saya, maklum level bawah, hehe.

Sampai sekarang metode ini tetap saya terapkan dan saya praktikan ketika mendapat tugas dari guru bahwa akan diadakan ulangan lisan, saya tidak perlu takut lagi seperti dulu, yang menjadi musuh berat saya adalah rasa malas dan waktu yang sulit untuk dikontrol.

Nah, anda benar – benar kesulitan menghapal pelajaran? Mungkin beberapa tips berikut dapat kamu terapkan untuk memperkuat hapalan kamu. Dalam artikel kali ini saya membaginya menjadi caranya dan langkahnya sesuai materi yang diajarkan, dan saya katagorikan untuk 2 jenis yaitu, meteri yang bersifat umum dan materi yang bersifat islami. Untuk lebih jelasnya, yuk! Kita simak ulasan berikut ini.

#Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami

Banyak alasan guru kenapa lebih menyukai mengadakan ujian lisan ketimbang tertulis, jika saya analisis karna anak – anak jaman sekarang kebanyak melakukan modus menyontek serta juga melakukan trik – trik yang saya sendirpun tidak paham, karna beda siswa beda pula caranya.

Tapi coba anda bayangkan apa jadinya ketika ulangan diadakan lisan, pasti beda pula yang terjadi, ingin melakukan aktivitas mencurigakan itu mustahil, karna langsung berada di depan guru penguji, jadi jalan satu-satunya yaitu dengan menghapa, dan untuk bisa mengusai hapalan tentu dengan belajar, tentu ini sangat berguna bagi siswa yang malas untuk bisa belajar semaksimal mungkin.

Artikel terkait lainnya : Tips menemukan bakat dan hobi anda untuk memulai merintis usaha yang baik

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin menghapal pelajaran agar mudah di ingat dan tidak mudah lupa, ulasannya sebagai berikut :

#Cara menghapal materi pelajaran umum agar mudah di ingat

Saya membagi metode ini sesuai dengan materi yang akan diujikan, karna untuk materi umum dan islami memiliki perbedaan yang sangat signifikan, materi umum bisa saja menggunakan metode islami namun materi islami tidak bisa digunakan pada metode umum walaupun tidak secara mutlak, namun tetap agak sedikit rancu jika digabungkan.

Untuk menguasai hapalan yang akan kamu ingat, langkah – langkahnya sebagai berikut :

Langkah awal – siapkan catatan atau bacaan yang sudah siap untuk dihapal tidak ada ditambah lagi atau dirombak lagi,  karna hal – hal seperti ini bisa membantu proses hapalan

Langkah kedua – sesuaikan lokasi dan keadaan lingkungan yang memang cocok untuk diri anda, contoh saya lebih suka menghapal di tempat yang tidak banyak aktivitas suara, seperti perpustaakaan, kamar pribadi anda, atau di tempat sunyi lainnya seperti kebun belakang rumah, dll. Lokasi dan situasi yang anda senangi dapat merespon rangasangan memori otak untuk menyimpan lebih cepat.

Langkah ketiga – waktu yang paling baik untuk menghapal adalah setelah sholat subuh dan magrib, namun jika anda tidak bisa pada waktu – waktu tersebut bisa di sesuaikan dengan waktu masing – masing.

Langkah keempat – baca secara berulang – ulang terlebih dahulu materi yang akan dihapal dengan baik, serta pahami dengan cara menalar isi materi yang sedang di hapal,. Bagi saya tehnik ini cukup ampuh ketika dipinta untuk menghapal sesuai dengan penalaran masing – masing.

Langkah kelima – namun dalam beberapa kasus, ada beberapa guru yang meminta muridnya untuk menghapal sesuai materi yang di bagikan, seperti rumus permula, atau suatu yang memang sama persis dengan materi yang diuji.

Jika hal ini terjadi tentu metode penalaran tidak bisa dipakai, namun sekarang kamu bisa menggunakan metode penggunaan memori otak kanan, bagi anda yang belum tahu apa kelebihan otak kanan, kamu bisa shere terlebih dahulu di internet, namun secara sekilas kemampuan otak kanan dalam menyimpan memory lebih kuat serta mudah ketimbang penggunaan otak kiri. 

Nah, dari sinilah saya sering menggunakan metode otak kanan dalam proses menghapal pelajaran yang bersifat umum, langkah – langkahnya sebagai berikut :

1.  kamu bisa melibatkan  berbagai aspek imajinasi dan khayalan yang kamu senangi 

2. kaitkan materi belajar kamu dengan imajinasi kamu tatapi masih tetap singkron

3. imajinasi itu bisa dalam betuk gerak, gambar, warna, hal yang disukai dan lain sebagainya

4. contoh prakter singkat , ketika menghafal “pancasila tediri dari 5 pokok dasar” maka praktek yang saya terapkan adalah dengan mengingat burung garuda sehingga akan mengkaitkan dengan pancasila, selanjutnya saya mengangkat 5 jari saya yang menandakan 5 dasar. Sehingga ketika suatu hari saya lupa berapa dasar pancasila saya sudah mengingat bahwa saya telah mengangkat lima jumlah jari tengan.

Coba anda buktikan sendiri ketika berada sendiri dari rumah, lalu anda menghidupkan kompor, dan langsung mematikannya, selanjutnya anda pergi ke tempat lain, ketika sampai di jalan anda merasa bahwa belum mematikan kompor, momori anda hanya sekedar mengingat apakah sudah mematikan kompor apa belum.

Namun bagaimana jadinya, jika di tambah dengan suatu gerakkan, ucapan yang membantu memori anda. Contoh : saya matikan kompur ini “ujar anda” selanjutnya anda melukan praktik meniup kompor di iringi dengan mematikan kompor itu sendiri, salanjutnya, anda berbicara kembali “kompor sudah dimatikan”, singkat cerita setelah beberapa menit bepergian anda merasa lupa mematikan kompor apa belum, namun yang anda ingat banyak sekali, yaitu dari mengatakan saya ingin mematikan kompor, selanjutnya di iringi dengan meniup api, dan mengakhiri kompor sudah dimatikan. Nah sekarang anda sudah yakin bahwa kompor sudah dimatikan.

6. intinya dari langkah penggunaan metode menghafal dengan otak kanan adalah dengan menggabungkan stimulasi gerak, ucapan, dan imajinasi yang anda sukai.
 
#Cara menghapal materi pelajaran islami agar mudah di ingat
Jika materi umum pada dasarnya bisa menggunakan metode ini dan itu, namun untuk materi pelajaran islami akan lebih terfokus dan terpusat dalam satu metode saja, terutama dalam menghapal ayat Al-Qur’an dan hadits.

Kenapa demikian? Karna kita tidak boleh melakukan kesalahn dalam pelafalan dan pengejaan ayat – ayat suci al-Qur’an sehingga harus benar – benar terangkai dengan baik dan utuh tampa ada tersisa satu hurup-pun karna bisa merubah makna ayat tersebut. Berikut ini tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin menghapal pelajaran yang berhubungan dengan islami, ulasannya sebagai berikut :

Langkah pertama – kamu harus banyak membaca ayat atau hadits tersebut secara beulang – ulang, untuk lebih mudah memperhatikan tajdiw dan cara pelafalan yang benar kamu bisa menggunakan metode mendengarkan. Lakukan hal ini setelah sholat magrib hingga menjelang isyar

Langkah kedua – sebelum sholat subuh, kamu bisa melakukan ibadah sholat tahajud dulu sob, jadi usahakan bangun malam, nah, menjelang waktu subuh kamu bisa manfaatkan untuk menghapal ayat atau hadits yang ingin kamu hapal, metodenya, denga mengapal rangkai kata – kata hingga tersusun dalam satu ayat secara utuh, lakukan hal ini dengan cara pelan – pelan hingga fasih melafalkannya.

Langkah ketiga – kembali lagi kestep awal yaitu pada waktu setelah magrib kamu hanya perlu  membacanya berulang, dan pada waktu sebelum subuh atau sesudahnya kamu bisa manfaatkan dengan menghapal dan mengingat ayat demi ayat

Langkah keempat – agar hapalan tidak mudah hilang dan tetap nempel, usahakan jangan terlalu  banyak menghapal jumlah ayat dalam satu hari, dan juga agar hapalan yang sebelumnya tidak mudah hilang, bisa anda baca tiap hari baik dalam sholat, atau dalam kegiatan membaca al-Qur’an
 
#Hal – Hal yang dapat memperkuat hafalan dan yang melemahkannya
Jika kamu pernah membaca buku ta’alim muta’alim tentu kamu akan paham beberapa hal – hal yang memang bisa memperkuat hafalan-mu serta melemahkan hafalanmu, guru saya sendiri juga sering menyindir kalau lemah hafalan seseorang berarti banyak berbuat maksiat, nah berikut beberapa yang perlu kamu lakukan dan hindari agar hafalanmu semakin kuat dan tidak kendur, diantaranya sebagai berikut :
 
A. hal yang dapat memperkuat hafalan
1. Tekun dan rajin belahar
2. kurangi jumlah makanan yang anda makan tiap hari
3. sering membaca Al-Qur’an dengan  melihat mushaf
4. jikalau ingin mengangkat kitab sebaiknya berdoa terlebih dahulu
5.  selesai sholat fardhu hendaklah di isi dengan wirid, dan doa
6. banyak membaca shalawat kepada nabi muhammad.saw
7. makan kundar yang dicapur dengan madu
8. makan 21 anggur merah setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan yang lain

B. hal yang dapat melemahkan hafalan
1. Banyak melakukan maksiat
2. Banyak dosa
3. Banyak susah
4. Banyak memikirkan dunia dan urusan – urusan lainnya yang tidak berfaidah
5. banyak memikirkan harta
6. mengkonsumsi ketumbar yang basah
7. Konsumsi apel yang kecut
8. melihat orang yang dipancung
9. membaca tulisan dikuburan
10. dan melewati barisan unta

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami. Bagi saya menghafal adalah kegiatan yang melelahkan namun wajib dilakukan ketika sudah memasuki waktu – waktu tengah semester, tapi dengan metode dan langkah – langkah diatas saya tidak menjadi takut lagi.

Semoga artikel yang singkat ini dapat membantu dan menyelesaikan masalah anda mengenai cara menghafal pelajaran agar tetap kuat, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Tips menghapal pelajaran dengan cepat namun mudah untuk di ingat sesuai materi umum dan islami"

Berlangganan via Email