Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghargai setiap proses dalam pekerjaanmu menjadikanmu sukses yang sesungguhnya

Menghargai setiap proses dalam pekerjaanmu menjadikanmu sukses yang sesungguhnya - Makna kesuksesan dari setiap orang berbeda – beda, karna kesuksesan dan kebahagian yang hakiki terletak dari ketenangan jiwa. Tentu saja untuk memperolehnya dilalui dengan cara berbeda – beda sesuai dengan cara pandangan anda berpikir untuk dapat membedakan mana yang baik dan benar.

Namun bukan berarti semua itu datang dengan sendirinya, tentu di awali dengan mukadimah dan proses yang panjang, hal inilah yang membuktikan bahwa setiap proses yang anda jalani tentu memiliki manfaat yang tersembunyi baik secara langsung ataupun dimasa yang akan datang.

Hidup seperti roda yang berputar, kadang kita diatas dan kadang kita dibawah, semua itu tidak dapat dipungkiri lagi, setiap hari selalu penuh dengan perputaran yang dapat digambarkan dengan problem dan masalah hidup. Setiap orang pasti memiliki masalah dan probelm dalam hidupnya, yang terpenting bagaimana kita menyikapi dan menemukan solusi dari masalah itu dengan cara berpikir sesuai dengan tuntunan yang ada (Al-Qur’an dan Hadits)

Jika kamu menganggap hanya dirimu yang memiliki masalah hidup, maka kamu salah, sebab setiap orang pasti memiliki masalah dimanapun ia berada, walaupun dia sudah meninggal, karna sesungguhnya perjalanan hidup didunia ini hanyalah segumpalan kecil perjalanan hidup untuk menuju alam akherat yang hakiki.

Menghargai setiap proses dalam pekerjaanmu menjadikanmu sukses yang sesungguhnya
Menghargai setiap proses dalam pekerjaanmu menjadikanmu sukses yang sesungguhnya

Untuk itu, kita dituntut untuk berusaha dengan ber sungguh – sungguh dalam mengerjakan sesuatu, baik itu perbuatan amal soleh, ibadah, hingga urusan pekerjaan.

Mengenai pekerjaan atau aktivitas, selalu diawali dengan yang terendah terlebih dahulu, atau istilah kerennya untuk menuju jalan ber-kilo-kilo meter tetap di awali dengan satu langkah kaki.

Contoh yang dapat kita amati, dari seorang penjual sayuran keliling yang awalnya hanya berdagang menggunakan sepeda, lambat laut menjadi menggunakan motor, hingga bisa membuka usaha sayur kiriman dengan menggunakan mobil dan memiliki beberap hektar kebun sayur-mayur.
Seorang  pelajar yang ingin menjadi dokter, tentu diawali dengan bersokalah di Paud, TK, SD, SMP, SMA serta jenjang tertinggi selanjutnya, tentu saja semua itu diawali dengan proses yang panjang.

Begitu penting sebuah proses dalam setiap aktivitas dan pekerjaan, karna orang yang bisa menghargai proses tentu menemukan berbagai ilmu dan pengalaman yang luar biasa dari berbagai masalah, problem yang dihadapi dalam setiap langkah dan usahanya.

Orang yang menghargai proses juga termasuk orang yang sabar, kisah ini pernah saya dengar dari guru saya yang menjelasakan bahwa kesabaran itu memberikan kemudahan dalam segala urusan kita.

Pada suatu hari hidup seorang santri yang memiliki semangat belajar yang luar biasa namun ia memiliki kekurangan sulit sekali menerima pelejaran yang disampaikan oleh sang guru.

Artikel terkait lainnya: Bertambah usia, berkurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun)

Setiap hari anak ini terus belajar dimanapun dan kapanmu, walaupun ia tidak dapat menangkap pelajaran yang ia baca dengan baik, setiap proses kenaikan kelas anak santri ini selalu tinggal kelas, hingga mencapai 3 tahun baru bisa naik kelas kejenjang yang selanjutnya.

Hari – hari anak santri ini terus  belajar dan giat mengulangi pelajaran walaupun ia tahu bahwa sulit sekali baginya untuk menyerap berbagai pelajaran yang telah di berikan oleh sang guru.

Tapi anak santri memiliki sikap istiqomah, qanaah, dan sabar dalam menuntut ilmu karna ia tahu semua orang tentu mejadi bisa karna belajar dan mau menghargai proses yang telah di jalani dengan dedikasi yang bersungguh – sungguh.

Bertahun – tahun telah dilalui oleh santri ini, hingga suatu masapun terjadi, ada sebuah even besar tentang referensi para pelajar, ternyata santri ini ditunjuk sebagai perwakilan dari sekolah tersebut, seorang santri ini guguk bukan main, bagaimana tidak, ia tidak tahu harus memulai darimana, ia tidak terlalu bisa membaca kitab apalagi untuk menjelaskan kepada hal layak.

Akhirnya kegiatan itupun tiba, para peserta dari masing – masing sekolah menjelaskan dengan sangat baik, tiba saatnya giliran si anak santri tersebut, dengan mengucap bismillah anak santri itu memulai membuka kitab yang ada didepan-nya, walaupun ia tahu bahwa ia tidak mungkin dapat menjelaskan dengan baik atupun membacanya dengan lancar, tapi apa yang terjadi? 

Dengan kuasa allah.swt anak santri itu berubah menjadi pandai dan tahu apa saja yang ada dalam kitab tersebut, akhirnya anak santri itu dapat menjelaskan dengan baik dan mendapatkan penghargaan dari kegiatan tersebut.

Dari kisah diatas menunjukkan bahwa allah.swt sangat menyukai orang yang bersungguh – sungguh dalam menuntut ilmu karnanya, setiap kesusahan hidup yang dijalani akan dimudahkan jalannya, karna sesungguhnya kesulitan itu ada kumudahan. Semakin kuat usaha semakin tinggi kemungkinan untuk menjadi bisa. Sebaliknya usaha tampa semangat dan bersungguh – sunggu tentu hanya akan mendapkan hasil yang sedang dan tidak memuasakan.

Proses yang panjang menunjukkan dedikasi dan kesebaran kita dalam setiap aktivitas hidup, baik itu sabar dalam beribadah, beramal soleh, sabar dalam bekerja, semua itu tentu merupakan proses yang panjang untuk mendapatkan cintanya allah.swt kepada hambanya.

Jika anda amati dalam pembukaan UUD 1945, disitu tertuang sangat jelas bahwa : “Berkat rahmat allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas”

Jelas sekali tertuang kalimat ini menunjukkan negara indonesia merdeka karna rahmat allah.swt kepada negara tercinta kita ini (indonesia). Allah.swt melihat betapa menderitanya negara kita dulu yang dijajah untuk itu pahlawan – pahlwan terus berusaha mengusir penjajah baik itu dari rakyat biasa, santri, ulama, kaum pemerintah, TNI dan lain sebagainya.

Semua itu tidak dilalui hanya dengan sekejap mata namun melalui proses yang panjang pula, yaitu mencapi sekitar 2, 5 abat lamanya. Sungguh perjalanan yang tidak main – main untuk mendapatkan kebebasan hidup bernegara.

Nah,lantas berapa lamakah anda menjalani proses yang sedang anda geluti? Sering sekali kita mengeluh dengan usaha dan pekerjaan yang belum membuahkan hasil yang maksimal sedangkan kebutuhan terus meningkat, akhirnya putus ditengah jalan, dan harus mengulang dengan jalan yang lain yang belum tentu itu lebih baik dari sebelumnya.

Bersabar dan mau menghargai proses yang ada adalah merupakan kesuksesaan yang sesungguhnya, baik itu secara langsung atuapun tidak.  Semakin banyak proses yang anda alami semakin tinggi dan besar pula ilmu dan kemampuan yang anda punya, tentu saja ini akan memberikan dampak yang besar dalam usaha anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan makna sebuah proses dalam setiap pekerjaan itu, semoga kita semua menjadi orang yang sabar dan bersyukur dalam setiap ujian hidup dan bersungguh – sungguh untuk bisa menghadapinya, bisa atua tidak harus tetap dijalani, karna allah,swt akan menunjukkan jalan yang mudah bagi orang yang bersungguh – sungguh dan mau berusaha sesuai kemampuan yang ia punya. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah motivasi dan inspirasi hidup anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Menghargai setiap proses dalam pekerjaanmu menjadikanmu sukses yang sesungguhnya"

Berlangganan via Email