Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram

10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haramSalah satu dampak dari globalisasi dunia yaitu percepatan informasi dengan dukungan teknologi yang super canggih. Kemajuan penyebaran informasi yang sangat cepat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing –masing.

Salah satu dari kemajuan penyebaran informasi dunia yaitu mudahnya mengases berbagai beita dan info – info dengan sangat mudah melalui jaringan internet.

Dunia tak ibahnya seperti dalam genggaman tangan saja ketika menjelajahi bersama internet, begitu mudahnya berbagai informasi terupdate langsung tampil hanya dengan mengetik kata kunci dalam mesin pencari. Apa yang anda butuhkan dalam benak dan pikiran anda akan terpenuhi ketika itu jua dalam bidang infromasi dan pengetahuan.

10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram
10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram

Tapi tak dapat dielakan, internet itu di ibaratkan sebagai pisau bermata dua, yang satu dapat memotong hal yang bermanfaat, yang satunya lagi dapat melukai dirimu sendiri ketika tidak dapat menggunakannya secara bijak.

banyak orang yang mampu berkarya dalam dunia maya yang dibantuk dengan teknologi internet hingga sukses dalam karirnya, tapi lebih banyak lagi orang yang terprosok dan jatuh terhempas dalam dunia internet yang membuatnya menjadi rusak.

Menghasilkan kebaikan untuk dirinya namun pula memberikan kemudharatan untuk dirinya. Jika kamu tak mengendalikan pisau bermata dua ini, siap – siaplah tubuhmu terluka secara halus dan menghancurkanmu secara perlahan.
Pada abad keberapakah kita hidup sekarang? Saya tidak dapat memperhitungnya secara pasti jika hanya melihat dari kalender saja, tapi yang dapat saya katakan bahwa kita hidup pada masa modern yang telah menyongsong akhir zaman dengan berbagai isu dan fitnah merajalela dengan sangat cepat tampa ada ruang dan waktu lagi.

Salah satu penyebaran fitnah dan berbagai fitur dan akses yang haram paling berpengaruh di dunia yaitu melalui jaringan internet, tak ibahnya seperti  virus yang langsung menggerogoti jiwa seseorang secara halus namun mematikan.

Sebagai seseorang yang sadar dan tahu belul  bahwa kita hidup di era yang penuh dengan kezaliman dan kemaksiatan yang merajalela, tentu kita harus menyikapainya dengan baik dan seksama, serta dengan perencanaan yang serba matang dalam berbagai urusan, salah satunya melakukan browsing di dunia internet.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan mengulas lebih jauh dan mendetail mengenai. Bagaimana sih cara berinternet yang baik agar terhindari dari hal – hal yang dilarang menurut agama? Apakah hanya dengan niat dan tekad yang kuat? Oh… tidak. Tatapi dengan pencegahannya, sebab semua berawal dari coba – coba, sebab orang tidak ingin pernah jatuh kelubang buaya, tatapi banyak orang yang jatuh dan terperosok karna tidak berhati – hati, sama halnya dengan berinternet, tidak ada yang ingin membuat dirinya rusak, namun karna ada kesempatan dan keterlanjuran menyebabkan tidak bisa lepas dari terkaman buaya, tampa memperpanjang mukadimah lagi, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

#10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram

Suatu perkara pasti ada pemicunya, adanya asap bisa jadi akan timbulnya api, asap tidak begitu merta muncul jika tidak ada pemicunya.  Sama halnya dalam berintenet, kadang – kadang kita tidak merasa dan sadar bahwa ada beberapa hal yang membuat kita memandang suatu yang diharamkan, atau berkata jelek kepada orang lain, hal – hal ini seperti ini yang membuat berinternet menjadi haram, akan tatapi pada awalnya hanya sekedar terprosok atau salah masuk alamat, namun karna pandangan awal sudah menaikan syahwat atau sudah terprovokasi dengan berita yang tidak jelas, akhirnya semunya makin tambah dalam dan selamat anda sudah terperangkan di dalam dunia internet.

Artikel tekait lainnya : 5 kreteria teman sahabat sejati untuk kesuksesan dunia akhirat

Untuk itu perlunya pencegahan awal, karna pencegahan itu lebih baik menggobati, orang yang teguh dan kuat imannyapun akan luluh jika dimasukkan kedalam tempat disko. Bagaimana dirikita pribadi yang notabane –nya masih jauh dari allah.swt. beriku ini beberapa tips cara berinternet yang baik, semoga bermanfaat :

1. Membaca doa dan memantafkan niat
Hendaklah membaca doa dan basmallah setiap memulai aktivitas dan rutinitas harian termasuk ketika ingin menjelajah dunia internet, jika anda tahu bahanya internet maka kamu sudah siap dan memantafkan niat untuk sangat berhati – hati dalam mengases berbagai situs di internet. Dengan niat yang ikhlas dan mantap serta diawali dengan doa, insya’allah kita sudah menanamkan tekad untuk berinternet  yang positif dan tidak mikirin yang aneh –aneh.

2. Lakukan Browsing ditempat yang dilihat orang lain
Maksudnya yaitu jangan melakukan atau menjelajah dunia internet di tempat yang sepi, sembunyi – sembunyi apalagi di ruang pribadi seperti dikamar anda. Biasanya manusia itu sifanya malu ketika aibnya diketahui oleh orang lain, jadi dengan berinternet di tempat umum atau ditempat yang terlihat oleh orang lain, pasti gak bakalan mengakses alamat yang haram.

3. Gunakan tool block terhadap berbagai fitur yang berbau haram
Jika anda menggunakan media sosial facebook, pasang anti-ads yang berbau haram, ini juga dapat anda gunakan diberbagai alamat lainnya, beri akses disable pada alamat – alamat yang menurut anda tidak baik.

Alhamdulliah, dinegara kita sendiri (indonesia) sudah memblokir berbagai alamat – alamat yang haram, dengan melihat IP dari indonesia, jadi anda gak akan bakalan bisa mengakses situs yang aneh – aneh.

Jangan pernah aktifkan fitur yang dapat merubah IP addres leptop/komputermu/smarphone-mu seperti anymous, atua link yang dapat menembus berbagai alamat yang sudah cekal.

4. Alihkan pandangan terhadap yang haram
Sepandai – pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, sehebat – hebatnya anda mengelak pasti terprosok juga, haha, benar sekali bos, pasti kadang – kadang kita masih bisa melihat pemandangan yang tidak baik walaupun itu bukan dari kemauan kita sendiri, untuk itu jangan ditatapi dan plototi tapi berusaha untuk mengalihkannya dan segara keluar dari alamat yang ada.

Hal ini kenapa demikian dilakukan, sebab semua maksiat itu kebanyakan berawal dari melihat (mata) hingga turun kedalam benak sanubari dan di program oleh otak manusia, banyak orang yang mampu menghidari pandangan – pandangan yang tidak baik, namun tidak banyak orang yang mampu menahan diri ketika sudah terpandang sesutu, tetap seja mencegah itu lebih baik dari mengobati. Hawa nafsu yang sudah terbakar tak akan dapat lagi padam hingga ia menyantapnya dan merasa kenyang.

5. Lakukan Browsing jika ada keperluan saja
Karna tidak ada pekerjaan, ataupun tugas, berselancar di dunia maya dengan jalur internet menjadi tempat hiburan untuk mengisi waktu luang, berawal dari waktu lapang, timbullah pikiran-pikrian yang kotor. Rata – rata para pelaku maksiat lebih cendrung terjadi ketika ia tidak menyibukan dirinya dalam rutinitas pekerjaan atau ibadah.

Apalagi ini diperparah dengan berselancar didunia internet yang notabane-nya banyak terdapat ranjau – ranjau, sekali – kali kamu pasti akan kena juga.

Jadi gunakanlah pasilitas internet hanya untuk kepentingan yang mendesak saja seperti mencari tugas, melakukan kegiatan blogging, mencari informasi atau lain sebagainya, bukan hanya sekedar iseng – iseng belaka.

6. Jangan membuang waktumu di media sosial
Ternyata disosmet juga termasuk ladang – ladang maksiat, namun juga menjadi ladang – ladang pahala bagi yang tahu cara menggunakannya, intinya semua itu tergantung apa yang di niatkan sebelumnya.

Menghabiskan waktu hanya sekedar berkicau tampa ada maksud dan tujuan, menulis status galau tampa ada makna tersirat, bermain sosmed tentu akan membuang waktu kita dengan kegiatan yang mengandung unsur kemudharatan,. Sebaiknya gunakan waktumu untuk hal – hal  yang lebih baik dan positif.  Selain itu di sosmed juga sering memajang photo – photo pemandangan yang tidak baik sehingga bisa jadi tambahan untuk ladang maksiat anda, untuk itu jika tidak terlulu penting hindari selalu mojok dan nongkrong di sosmed.

7. Jangan pernah coba-coba
Berawal dari coba-cobalah maka menjadi terbiasa, jangan pernah merasakan yang namanya coba-coba, karna anda tidak akan tahu apakah anda mampu melepaskannya esok hari. Berapa sabar dan hebatnya hati anda melawan maksiat yang selalu berbisik di sanubari anda, jangan pernah goyah walupun hanya sekedar coba-coba.

Coba lihat dikit, besok lihat banyak, tak ada yang tahu kisah dan kelanjutannya, pada akhirnya anda yang tahu sendiri kenapa maksia itu selalu menyenangkan, namun hanya kesenangan yang sesat  dan terasa sesak pada akhirnya.

8. Analisis, perhatikan dan pertimbangkan – jangan mudah terpengaruh terhadap suatu informasi
Selain dari berbagai pandangan mata, berbagai ladang maksiat juga bisa terkumpul ketika anda tidak menganalsis dan mudahnya terpengaruh dengan provokator yang tidak bertangguh jawab.

Mereka memecah belah berbagai informasi yang menyesatkan dan kitanya diperparah dengan ikut-ikutan pula berkomentar pedas sehingga menimbulkan berbagai gosip dan ejekan satu sama lain.

Pertimbangkan dan perhatikanlah jangan sampai emosi dan hati anda kalah dengan pikiran yang membedakan mana yang  baik dan benar.

9. Lebih baik diam jika tidak mampu mengendalikan perkataan
Banyak berbagai gosip dan kontra yang terjadi, semuanya di tampilkan secara blak-blakan dalam dunia internet, jika anda tidak tahu menahu, jangan pernah memandai atau mengeluarkan sindiran pedas hingga menyakiti hati orang lain.

Atau melakukan makar, saling mengejek satu sama lain, melecehkan hingga perkataan yang bisa masuk pidana, jika anda tak mampu berbicara secara bijak dan tak mampu menyikapi tentang fitnah – fitnah, mending diam aza bos, dan banyakin shalwat dan zikir, insya’allah lebih berkah.

10. Pergi dan tinggalkan dan hentikan berinternet jika kamu mulai meniatkan sesuatu yang buruk
Hawa nafsu adalah musuk yang terberat dalam diri manusia, tak akan dapat menjaganya jika sudah terombar – ambir dengan level maksimu, bagaimana energi dari hawa nafsu ini bisa naik,yaitu melihat pandangan yang tidak baik.

Jika di dalam hati anda terbesit untuk melakukan dan mengakses berbagai situs yang memancing syahwat, maka segeralah matikan komputermu/leptop/smarphone-mu dan segera tinggalkan lokasi tersebut, bawa aktivitas yang lain yang lebih postif.

Kenapa saya katakan seperti ini, karna jikalau sudah terprosok dan nafsumu sudah diambang batas, sekalipun pikiranmu menolak, maka akan tertutup sudah karna kamu tidak akan bisa berpikir secara logis lagi (pikiran tidak akan sesuai lagi dengan tindakan)

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara – cara berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram.

Masih banyak tips dan cara berinternet yang positif lainnya, mungkin kamu sendiri yang menambahkan versi kebiasaanmu dalam melawan maksiat di dunia internet, sekali lagi saya tekankan bahwa internet itu tak ibahnya seperti pisau yang bermata dua, kadang ia bermanfaat, kadang ia tidak bermanfaat bagimu.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menumbuhkan kesadaran buat admin pribadi lebih khususnya kepada pembaca sekalin untuk bisa terhindari dari finah – fitnah di dunia internet. Wasalam.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram"

Berlangganan via Email