Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak

7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak Keyboard atau papan ketik adalah bagian yang sangat penting  pada leptop ataupun computer, keyboard termasuk bagian dari hardware ataupun perangkat keras yang berfungsi sebagai alat masukan perintah oleh user.

Jenis – jenis keyboard memiliki banyak varian serta bentuk, yang terkenal di era modern sekarang lebih kepada keyboard QWERTY, alasannya karna letak huruf abjad  yang berantakan untuk mehindari kerusakan pada bagain – bagian hurus keyboard lebih cepat.

Keyboard termasuk dari bagian – bagian yang cukup murah dibandingkan dengan komponen – komponen lainnya, namun memiliki daya tahan yang lemah dan  cepat rusak. Walaupun kerusakannya tidak menyeluruh, misal rusak pada bagian huruf a dan j atau hurup y dan h. satu hurup saja tidak berfungsi, keyboard sudah dapat dipastikan cacat secara menyeluruh, sebab tidak mungkin dapat merangkai kata tampa ada ke seluruhan hurup abjad yang ada.

Untuk itu perawatan dan pencegahan kerusakanpun harus anda lakukan mengingat komponen keyboard memang lebih cepat rusak terutama bagi anda yang menghabiskan waktu kerja anda dengan mengetik.

Banyak sekali cara ataupun tips yang dapat anda terapkan agar keyboard anda tetap awet, dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai tips mencegah kerusakan keyboard pada leptop.

7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak
7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak

Kenapa keyboard leptop lebih cepat rusak ketimbang dengan keyboard computer? Banyak factor yang mempengaruhi ini salah satunya karna ukuran keyboard leptop yang sangat kecil dan tipis sehingga sangat sensitive dengan benturan dan tekanan – tekanan keras, selain itu keyboard leptop juga mudah sekali terpapar hawa panas dari mesin leptop serta penggunaanya yang cukup tinggi, hampir rata – rata anak sekolah lebih menyukai pengerjaan tugas melalui leptop ketimbang computer karna lebih praktis dan mudah dibawa kemana – mana.

Jika anda megentahui kisaran harga antara keyboard leptop dan computer mungkin anda akan berpikir dua kali mengenai hal ini karna untuk 1 buah harga keyboard leptop bisa mencapai 150 – 300 ribu rupiah, sedangkan harga 1 buah keyboard computer hanya kisaran 50 -100 ribu rupiah saja. Harga yang sangat jauh berbeda dengan fungsi yang hampir sama.

Untuk itu saya akan menyajikan sedikit pengetahuan saya mengenai tips merawat keyboard leptop agar tidak mudah rusak, apa saja yang harus dilakukan, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#7 Tips merawat keyboard leptop agar tidak mudah rusak

Mungkin perawatan keyboard setiap leptop akan berbeda – beda, karna hal ini dipengaruhi oleh bentuk keyboard itu sendiri,  ada bentuk keyboard dengan masing – masing hurup sangat rapat atau sebaliknya, ada bentuk keyboard yang menonjol keatas ada juga yang sangat tipis, semua jenis ini memiliki kelebihan dan kekuranganny masing. Berikut ini beberapa tips umum yang dapat anda terapkan agar keyboard leptop kesayangan anda tidak mudah diganti, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengetik dengan tehnik 10 jari
Kenapa para ahli IT dan purusahan – perusahaan menuntut para pekerjanya untuk menggunakan teori pengetikan 10- jari, selain dari factor kecepatan dan ketelitian yang lebih tinggi, factor lainnya seperti untuk menjaga supaya keyboard leptop tidak mudah rusak. 

Dengan menerapkan teori mengetik 10 jari, otomatis daya tekan antara masing – masing huruf akan berbeda hal ini bertujuan untuk mengurungi kerusakan secara perlahan pada tiap – tiap hurup, coba anda perhatikan letak hurup A, ia berada pada pojok kiri, jika menggunakan teori mengetik 10 jari, maka letak hurup A berada pada jari kelingking.

Huruf A adalah termasuk jenis huruf vocal yang paling banyak digunakan untuk setiap kosa kata, jika berada pada jari kelingking, otomatis daya tekannya sangat lemah, berbeda dengan jari tulunjuk ataupun jari tengah, fungsi dari hal ini jelas untuk menghindari penekanan yang kuat pada hurup yang ada.

Jadi pengetikan 10 jari bertujuan selain metode agar hasil ketikan lebih cepat dan rapi, mengetik 10 jari berfungsi untuk menjaga umur keyboard leptop agar tetap awet dan tahan lama.

2. Menggunakan pelindung keyboard
Ketika jenis keyboard leptop anda memiliki ciri – ciri antara masing – masing huruf yang saling berjauhan pada umumnya akan mudah sekali kemasukan berbagai debu.

Artikel terkait lainnya : 9 Tips menghindari virus dan perangkat lunak berbahaya pada smartphone

Debu dan partikel – partikel halus dapat menymbat bantalan pada keyboard sehingga kadang – kadang ada beberapa huruf yang tidak berfungsi, cara efektik untuk mengatasi hal ini dengan memasang pelindung keyboard.

3. bersihkan selalu keyboard secara rutin 1 bulan sekali
Walaupun anda sudah memasang pelindung keyboard, tetap saja masih ada partikel – partikel debu yang masih dapat masuk, partikel ini tidak akan hilang dan akan selalu menumpuk yang dapat merambat pada komponen – komponen leptop. Solusi terbaik yaitu selalu cek kebersihan leptop terutama pada bagian kipas angin (ventilasi leptop) dan keyboard.

4. Gunakan papan keyboard computer ketika berada di rumah
Penggunaan secara terum menerus dapat mengurangi umur keyboard leptop, sulusi cerdas untuk masalah ini anda dapat menggunakan keybord computer atau papan ketik ketika dirumah, hal ini dikarenakan harga untuk satu papan ketik computer dan leptop sangat berselisih jauh. Dengan melakukan metode selang seling dapat memperpanjang umur keyboard leptop anda.

5. Hindari percikan air dan zat cair lainnya
Zat cair dan ruangan yang cukup lembab dapat menyebabkan butiran – butiran air pada leptop hal ini akan sangat berpegaruh pada komponen – komponen leptop salah satunya keyboard. Untuk pastika anda tidak menggunakan leptop atau mengetik tugas ketika keadaan tangan anda basah atau sejenisnya.

6. Hindari pengetikan jika tidak merasa berguna
Suatu produk  yang digunakan secara terus menerus tampa jeda  menjadi pemicu bersingkatnya umur ketahanan produk tersebut, keyboard leptop sangat rentan rusak ketika digunakan secata terus menerus. Apabila tidak begitu penting atau hanya sekedar iseng – iseng doang lebih baik tidak mengetik pada papan keyboard leptop, melainkan pada keyboard computer yang anda beli.

7. Hindari benturan dan tekanan keras pada bagian keyboard
Benturan keras dan penekanan tuts hurup yang terlalu kuat bisa menjadi penyebab rusaknya jaringan kabel halus pada keyboard, sebaiknya anda mempelajari kekuatan daya tekan jari anda agar tidak terlalu menekan hingga berbunyi setiap penekanan hurup yang ada.

Benturan keras dapat menyebabkan bengkoknya besi penahanan jaringan kebel halus keybord yang berakhir pada putusnya jaringan – jaringan arus listrik pada keyboard walaupun hal ini minim sekali terjadi, tetapi tatap harus berhati – hati seperti jatuhnya leptop, atau benturan – benturan benda keras lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tahan lama. Keyboard adalah alat untuk memasukan data kedalam program computer, untuk itulah keyboard termasuk bagian perangkat keras yang paling banyak digunakan tiap harinya sama seperti mouse, agar tetap awet dan tahan lama, setidaknya kita tahu cara – cara merawatnya agar bisa berumur panjang.

Semoga artikel  yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda dibidang IT, sampai jumpa lagi pada artikel teknologi lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak"

Berlangganan via Email