Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurusApa itu GRC board atau fiberflat? GRC atau Fiberflat adalah satu material bangunan yang terbuat dari semin putih dan zat piber serta zat kimia lainya sehingga terbentuklah lapisan yang kokoh menyerupai  triplek, keunggulan dari GRC atau fiberflat dibandingkan triplek adalah lebih tahan  lama, keras, rata, mudah dipadukan dengan warna, sehingga terkesan seperti rumah beton jika menggunakan lapisan dinding rumah.

GRC board atau fiberflat berbeda dengan pendahulunya yang terbuat dari asbestos, GRC board atau fiberflat sudah 100% tidak mengandung zat kimia asebestos yang cukup berbahaya bagi kesehatan, terutama untuk saluran pernapasan.

Tekstur dan ciri-ciri dari GRC board atau fiberflat yang dijual dipasaran yaitu berwarna putih, memiliki kepingan satuan yang lebar, rata(permukaan yang halus) serta keras walupun hanya memiliki ketebalan yang tipis, selain itu GRC board atau fiberflat tahan terhadapat air. secara umum GRC board atau fiberflat dibagi menjadi 2 macam jenis yaitu jenis GRC board untuk di dalam ruangan dan GRC board untuk luar ruangan.

Untuk dapat membelah GRC board ataupun Fiberflat tidaklah sama dengan cara pemotongan kayu ataupun triplik, melainkan memiliki tehnik dan cara tersendiri hingga menghasilkan belahan yang lurus.

Permukaan GRC board atau fiberflat yang keras disusul dengan bentuknya yang lebar namun tipis, menyebabkan sukar sekali dipotong menggunakan gergaji, apalagi jika dipotong dengan cara dipaksakan pasti belahan yang dilakukan akan menglami berbagi rijing – rijing kasar yang tidak rata.

Potongan yang tidak rata ataupun lurus menyebabkan sulit sekali penyambungan antara GRC board dengan GRC board lainnya,. Di umpamakan seperti menyambung dua belah kayu tidak sama lurus, tentu terdapat begian yang berlubang ataupun sama sekali tidak bisa dirapatkan.

Nah, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagai tips sederhana cara membelah/memotong fiberflat atau GRC board dengan lurus dari rapi dengan cara yang mudah dan sangat simpel sekali. Bagi seorang yang bekerja di bidang rapair rumah mungkin sudah paham bahkan sudah mahir tentang hal ini.

Namun bagaimana dengan seseorang yang tidak pernah berhubungan dengan raparasi rumah namun pengen memperbaikinya sendiri dengan menggunakan material fiberflat atau GRC board, mungkin akan bingung bagaimana cara memotong GRC board atau fiberflat. Untuk lebih jelasnya bagaimana proses pemotongan Fiberflat, simak ulasan berikut ini.


#Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Banyak sekali cara – cara yang di terapkan seorang ahli bangunan dalam memotong suatu material bangunan, baik itu dari bahan kayu, bahan keramik, bahan kaca, dan juga bahan semen putih yaitu GRC board atau fiberflat.

Yang paling sangat diperhatikan dalam proses pembelahan atau pemotongan GRC board atau fiberflat adalah tingkat kelurusan yang kamu buat serta kedalaman garis yang kamu hasilkan, karna semakin lurus garis yang dibuat dan dalam bagian yang kamu potong maka proses pembelahan akan semakin baik dan mudah, agar tidak merasa bingung mari kita simak tutorial proses pemotongan GRC board ataupun fiberflat berikut ini.

#Alat pemotong yang dapat digunakan
Kamu bisa memilih alat-alat apa saja yang kamu inginkan, karna semuanya bisa dipakai untuk membelah GRC fiberflat :
  1. Paku
  2. Gergaji
  3. Pisau
  4. atau alat yang memiliki Permukaan yang keras serta t@jam


Sedangkan untuk penggaris dalam proses pemotongan kamu bisa menyesuaikan dengan panjang dan pendek pemotongan GRC board atau fiberflat, kamu bisa memilih salah satu dari penggaris berikut ini :
  1. Kayu yang lurus dan panjang
  2. Penggaris besi
  3. Sisa GRC board/fiberflat yang sudah dipotong


Kesimpulan – kamu bisa memilih dari kedua bahan diatas dalam proses pemotongan GRC board ataupun fiberflat, intinya semua alat-alat diatas dapat digunakan, dalam tutorial ini, admin menggunakan gergaji sebagai alat pemotong dan sisa GRC board sebagai penggarisnya.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

#Proses pemotongan GRC board/fiberflat dengan alat gergaji
Langkah awal – siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan serta area yang lapang dan rata sehingga dapat meletakkan GRC board atau fiberflat, fungsi dari permukaan yang rata agar fiberflat tidak lecet dengan gesekan dari benda – benda lain.

Langkah kedua – Setelah itu tentukan di bagian mana yang akan dipotong, langkah selanjutnya letakkan penggaris yang lurus hingga sampai pada ujung fiberflat yang akan dipotong, agar tidak mudah goyang pada saat pemotongan pijak penggaris tersebut dengan kaki.

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus
Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Langkah ketiga – siapkan alat gegaji, lulu letakkan satu rijing ujung gergaji yang tajam pada permuaan GRC board dan dan tekan selanjutnya tirik hingga menghasilkan serutan gais yang lurus pada permukaan fiberflat. Perlu saya tekankan proses pemotongan ini tidak sama dengan pemotongan kayu dengan menggunakan alat gergaji melainkan hampir sama proses pemotongan kaca yaitu hanya sebagai penanda atau membentuk garis lurus.

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus
Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Langkah keempat – lakukan proses ketiga secara berulang hingga menghasilkan tabukan garis lurus yang agak dalam, perlu diingat proses ini harus dilakukan dengan sangat lurus serta dengan tekanan agar terbentuk garis lurus yang agak dalam pada permukaan fiberflat.

Langkah kelima – setelah merasa yakin fiberflat atau GRC sudah sangat mudah dipatahkan, langkah selanjutnya pijak penggaris dengan baik, ambil ujung fiberflat dari arah tengah (tangan kiri dibagian tengah kiri dan tangan kanan dibagian tengah kanan), patahkan secara perlahan hingga terbelah dengan sendirinya.

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus
Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Langkah terakhir – proses pemotongan telah selesai dan lihat hasilnya, pasti akan lebih rapi serta lurus dari pada dilakukan dengan pemotongan seperti proses pemotongan kayu atau triplik, inilah hasil akhir dari proses pemotongan GRC board atau fiberflat yang telah saya lakukan tadi.

Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus
Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana proses membelah fiberflat atau GRC yang keras itu dengan cukup mudah dan simpel serta lurus.

Sekarang anda dapat memasang berbagai material bagunan rumah dari bahan GRC board atua fiberflat dari berbagai sudut ruangan anda, bagaimana lekukan dan letaknya, tinggal belah dan sambung saja antara GRC yang satu dengan yang lain. Semoga artikel yang singkat ini dapat membantu anda, wasalam.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membelah GRC board atau fiberflat dengan mudah dan lurus"

Berlangganan via Email