Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar

Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar Salah satu pendukung keberhasilan dalam suatu hasil karya yang telah dibuat adalah kritik dan saran serta berbagai komentar positif dengan dukungan dan alasan yang logis dari para pembaca. Selain dari memberikan komentar, apresiasi dan penghargaanpun bisa menjadi penyumbang dari karya yang telah dibuat.

Dalam dunia Blogging, saran dan komentar dari para pembaca tentu sangatlah dibutuhkan, mengingat komentar yang anda samapikan merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi si penulis karna hasil tulisan yang telah ia posting mendapatkan tanggapan atau masukan positif dari anda.

Selain itu kotak komentar yang telah disediakan admin juga berfungsi untuk tempat anda memberikan suatu pertanyaan tentang ulasan yang telah dibahas, apabila masih terdapat ketikpahaman penjelasan yang telah disuguhkan.

Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar
Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar

Setelah membaca artikel, tentu  kalian mempunyai pendapat, tanggapan serta penilaian tersendiri bukan? Jika anda memiliki unek – unek, kritik ataupun saran, janganlah dipendam di dalam hati, tetapi ungkapkanlah dalam bentuk komentar yang telah di sediakan dalam suatu blog atau website.

Apa itu kritik? kritik adalah merupakan tanggapan, yang disertai dengan uraian dan pertimbangan baik-buruk terhadap suatu karya atau pendapat orang lain.

Mungkin sebahagian kita hanya tahu untuk mencari informasi yang kita butuhkan dalam suatu website, padahal jika anda memberikan sumbangsih baik itu kritik atau saran serta komentar, tentu anda menjadi penyongsong terwujudnya perbaikan – perbaikan blog dikemudiah hari.

Anda tidak perlu sungkan ataupun takut untuk berkomentar dalam suatu blog yang telah anda baca, karna pada hakikatnya itu merupakan bentuk penduli anda kepada orang lain, dan tentu merupakan rasa penghargaan tersendiri bagi sipembuat artikel (blog).

Tapi sebelum memberikan komentar pada blog dalam suatu artikel, tentu kita perlu mengetahui beberapa etika atau adab berkomentar yang baik , memberi saran dan kritik yang baik, agar apa yang kita tulis dapat memberikan manfaat bukan suatu permusuhan atau menjelekkan karya orang lain.

Nah, dalam kesempatan kali kita akan mengulas tentang Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar, apa saja itu. Untuk lebih jelasnya, yuk! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara memberikan komentar, kritik dan saran yang baik pada Artikel yang dibaca

Sebelum menulis komentar pada blog kamu harus paham terlebih dahulu apa yang telah kamu baca, sehingga komentar yang akan kamu tulis ada singkoron atau keterkaitan dengan topik yang dibahas.

Untuk dapat memhami suatu artikel yang telah dibaca, tentu dilakukan dengan sangat teliti dan analisis, mungkin kebiasaan kita ketika membaca artikel dalam suatu blog atau website hanya sekedar membaca inti sari atau poin – poin padahal penjabaran dan urainnya sudah dijelaskan secara rinci dalam artikel tersebut.

Contoh kasus : artikel yang mengupas tentang kerja sama dalam bidang bisnis, dalam artikel telah menjelaskan persyaratan dan ketentuaan yang berlaku, lalu karna anda terlalu tergesa – gesa dalam membacanya sehingga sehingga pesan yang disampaikan tidak anda cerna, setelah selesai di ujung artikel, tiba – tiba anda menulis tentang persyaratan dan pendaptaran kepada admin, kalau sudah begini anda sendiri yang nantinya malu.

Untuk itu baca dan pahamilah artikel terlebih dahulu sebelum memberikan kometar, kritik dan saran. Selain itu juga dalam memberikan kritik atau saran, seseorang bukan hanya sekedar memberikan berbagai informasi yang kurang, akan tetapi harus menyertakan alasan yang logis dan objektif serta dapat dipertanggung jawabkan, sehingga dapat diterima oleh admin yang bersangkutan untuk memperbaiki kesalahan dikemudian hari.

Mungkin bagi yang sudah mengetahui manfaat komentar dan bahayanya komentar bagi website, tentu tidak semua komentar akan diterbitkan, karna mereka memasang penyanggahan terlebih dahulu sebelum mengepost komentar anda, jadi otomatis jika kamu berkomentar atau memberikan kritik atau saran yang baik pasti akan ditanggapi oleh admin yang bersangkutan, dan begitu juga sebaliknya jika kamu berkomentar negatif, komentar yang kamu tulis akan dianggap spam atau akan segera di delete oleh admin yang bersangkutan.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui beberapa etika dan adab ketika menulis komentar dalam suatu blog. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan pula ketika ingin memberikan komentar, kritik serta saran dalam suatu artikel, diantaranya sebagai berikut :

1. Baca dan pahami Artikel dengan baik
Agar dapat memberikan komentar yang baik dalam suatu artikel, tentu kita harus mengetahui terlebih dehulu isi pokok artikel, setelah menganalisis artikel yang teleah dibaca maka kita dapat menyimpulkan berbagai argument dan pendapat kita mengenai artikel yang telah dibaca, sehingga itu kita dapat meneruskannya dengan memberikan komentar pada blog yang bersangkutan, intinya membaca artikel secara baik adalah point utama sebelum memberikan komentar pada artikel.

2. Baca Aturan dan syarat berkomentar pada Website yang bersangkutan
Setelah memehami isi pokok artikel, selanjutnya meneruskan dengan memberikan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan, biasanya pada tiap – tiap website memberian keterangan dengan jelas syarat dan ketentuan yang berlaku, patuhi dan penuhi syarat dan ketentuan itu agar komentar anda dapat di publish oleh admin, berikut ini contoh syarat dan ketentuaan dan peraturan berkomentar pada blog.

Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar
Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar

3. Berkomentarlah dengan Bahasa yang santun dan mudah dimengerti
Kita sudah mengetahui bahwa setiap negara di belehan bumi memiliki bahasa-nya masing, sedangkan 1 negara terdapat pula berbagai Bahasa daerahnya masing – masing, Indonesia dikenal memiliki jumlah Bahasa daerah terbanyak di dunia, tentu untuk mempersatukan seluruh warga Indonesia kita memiliki Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Agar komentar anda sukar dibaca atau dipahami oleh admin, gunakanlah Bahasa yang resmi pada umumnya, seperti Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris, hal ini lebih umum kebanyakan orang dari pada menggunakan Bahasa lokal masing – masing.

Selain menggunakan Bahasa resmi, patuhi juga adat kesopanan bertutur kata dalam berkomentar, jangan memberikan kesan komentar yang mengandung unsur spam, kekerasan, dan berbagai kritik pedas namun tidak membangun sama sekali, hanya menyudutkan pihak sipembuat artikel blog.

4. Hindari kata-kata yang mengandung unsur Spam atau pelanggaran lainnya
Hindari kosa kata yang mengandung efek negative dan berbagai unsur pelanggaran lainnya, bagi setiap blog yang akan kamu beri komentar pasti memeiliki kata – kata yang sangat sensitip untuk di tulis, sehingga mereka akan mengsensor kata – kata yang berhubungan dengan efen negatip dan pelanggaran, seperti cotoh kata – kata berikut: Pen@s – Alk@h@l - dll

5. Hindari kalimat yang dapat menyinggung perasaan orang lain
Menyebarkan unsur kebencian pada saat berkomentar merupakan salah satupelanggaran hokum, jika sipembuat artikel merasa tersinggung, mereka dapat menuntu anda keranah hokum dengan berbagai kasus.

Berkomentarlah dengan bijak, hindari kata – kata yang secara langsung menantang, menjatuhkan, menghina, membuli, dan sejenisnya ketika memberi kometar pada suatu artikel.

6. Hindari menyebarkan informasi atau iklan produk yang dapat menguntungan anda pribadi
Untuk mendongkrak hasil penjualan produk anda, berbagai carapun dilakukan untuk menyebarkan iklan pruduk anda sendiri, salah satunya melalui kotak komentar blog.

Hal ini diperparah lagi dengan menyebarkan link aktif serta produk yang ditawarkan mengandung unsur ketidjelasan dengan berbagai iming – iming, tentu ini hanya menguntungkan pihak pemasang iklan namun merugikan pihak pembuat artikel karna artikel yang telah dibuat dapat mengurangi kepercayaan pembaca karna pengaruh komentar yang tidak saling terkait dengan artikel yang telah ditulis.

7. Hindari meletakkan link aktip pada komentar karna tidak semua blog atau website memperbolehkannya
Memang meletakkan link aktip pada komentar blog atau website seseorang adalah cara terbaik meyebarkan backlink berkualitas, terutama blog yang memiliki rangking yang baik di mata google.

Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua blog atau website memperbolehkan ini, mengingat banyak kasus link yang aktif tidak relavan dengan artikel yang telah dibuat, contoh artikel pertama mebahas mengenai cara berkomentar yang baik, sedangkan link aktif pada kotak komentar mengarah pada cara menghilangkan jerawat pada wajah, hal seperti ini tentu tidak relavan bagi pembuat artikel pertama, tentu saja link aktip seperti ini dapat mengurangi kualitas SEO baik di mata roboot pencari serta dimata pembaca sekalian.

Iink aktif juga dapat menimbulkan efek negatip pada blog apabila link yang ditanam pada kotak komentar mengarah pada situs yang melanggar TOS sehingga rawan baned, jika situs itu saling singkron dengan blog kita, tentu akan berpengaruh pada blog atau website kita baik itu besar atau kecil.
Namun tidak semua blog atau website melarang meletakkan link aktip pada kotak komentar, untuk itulah kenapa saya menyarakankan membaca syarat dan ketentuan berkomentar sebelum meneruskan memberikan komentar.

8. Hindari kalimat atau kata yang pendek yang tidak memberikan manfaat pada artikel yang tekait
Selain berbagai unsur kata yang banyak mengandung efek negatip serta unsur fitnah dan kebenci@n, kata – kata yang sopan-pun namun tidak memberikan manfaat-pun harus kamu hindari, terutama kata – kata yang sangat sinkat dan padat, seperti : bagus gan. Oke mantap bos. Terima kasih, artikelnya sangat membantu. Dll.

Memang tidak ada yang salah dalam contoh kalimat diatas, tetapi jika terdapat komentar yang lebih bermanfaat, lebih baik anda utarakan saja, ketimbang hanya menulis, YES. Oke. Mantap. Terima kasih. Dll.

9. Jika memberikan kritik sampaikan kelebihan dan kekurangan artikel disertai dengan alasan yang logis
Memberikan kritik merupakan suatu penghargaan tertinggi bagi seorang ketika menciptakan hasil karya, namun kebanyakan dari kita bahwa kritik merupakan suatu comohan atau ejekan dari seseorang, mungkin ini pengaruh dari pelafalan dan etika penulisan yang salah. 

Selain dari pada itu, sebelum memberikan suatu kritikan, tentu anda harus tehu terlebih dahulu apa yang anda kritik, serta anda harus memiliki alasan logis ketika memberikan kritik karna kritikan anda harus dapat dipertanggung jawabkan bukan hanya sekedar memberikan keluhan dan kekurangan pada artikel namun harus memberikan keterangan apa yang menjadi kesalahan dalam artikel tersebut.

Berikut ini contoh kritik dalam suatu artikel yang baik dan benar: “Saya kurang sependat dengan mengizinkan melakukan cloning pada manusia walaupun dengan tujuan  menghindari penyakit turunan seperti diabetes, Alzheimer leukemia, obesitas dan lain – lain, hal ini dikarenakan hal yang tidak etis dilakukan, selain itu melakukan cloning pada hewan telah memberikan penjelasan berbagai percobaan yang gagal serta efek dan resiko yang ditimbulkan seperti lahirnya  anak binatang yang primatur, kegagalan fungsi organ tubuh hingga menimbulkan kematian, dengan berbagai percobaan membuktikan bahwa resiko yang ditimbulkan ketika melakukan cloning manusia lebih besar ketimbang dampak positifnya”

10. Jika anda ingin memberi saran, sampaikan dengan solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang ada
Selain memberikan kritikan, kita juga harus mendampingi dengan memberikan sumbangsih saran dan solusi menurut pendapat kita dengan disertai alasan yang logis, saran dan masukan berguna sekali untuk pertukaran ilmu pengetahuan untuk menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan tindakan selanjunya.

Contoh dari saran yang baik “saya sangat setuju dengan program pemerintah mengenai bantuan dana usaha, akan tetapi terkadang masyarakat bingung menggunakan bantuan tersebut untuk dikelola dengan baik, untuk itu saran dari saya menganjurkan agar pemerintah juga mengeluarkan program bimbingan usaha serta palatihan dan seminar bagaimana mebangun usaha agar menjadi pengusaha yang sukses”

11. Jika anda ingin menanyakan sesuatu, maka ungkapkan dengan santun serta harus saling tekait dengan artikel yang dibaca agar tidak menimbulkan kesalah pahaman
Selain memberikan komentar, kritik maupun saran, beberapa pertanyaan yang anda keluarkan juga merupakan jenis komentar yang baik dalam artikel blog, pertanyaan – pertanyaan singkat, jelas dan padat  serta harus saling terkait dengan artikel yang sedang dibahas. 

Contoh : anda sedang membaca artikel tentang jenis adsense hosted dan non hosted. Lalu timbul pertanyaan anda, apakah ada perbedaan pembagian hasil dalam kedua jenis adsense ini?, jika admin atau pengola bersangkutan sedang aktif, mereka akan langsung merespon pertanyaan anda dengan cepat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan beberapa etika dan adab ketika ingin memberikan komentar, kritik dan sarana dalam suatu hasil karya tulis orang lain, salah satunya yang kita kupas hari ini yang berhubungan dengan artikel dalam suatu blog atau website.

Jadi intinya sebelum memberikan komentar yaitu harus mengetahui apa yang telah dibaca, harus membaca syarat dan peraturan berkomentar serta lakukan dan ikuti aturan yang telah ditetapkan, insya’allah komentar anda akan mendapat respon yang cepat dan akan segara ditampilkan atau di publish oleh admin yang bersangkutan.

Semoga artikel yang terkait berikut ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam memberikan komentar yang baik, jika anda ada masukan mengenai blog atau website ini mari kita bahas pada kotak kometar blog ini biar bisa saling sharing dan berbagai ilmu sesame blogger indonesia, sampai jumpa lagi pada artikel blog lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Cara memberikan komentar dan kritik serta dukungan pada artikel blog yang benar"

  1. Gojek parah uang wd saya dari tanggal 9 February 950 g masukk

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas ulasan nya

    BalasHapus

Berlangganan via Email